Tips kalo bayi batuk-pilek

Dapet dari sebuah blog, tapi lupa alamat blognya. Maaf yaa…

Catatan : Tidak ada obat pilek yang efektif buat bayi !!!

Tipsnya :

  1. Jemur bayi dengan matahari pagi
  2. Terapi uap pada saat bayi tidur, dengan menutup pintu kamar/jendela dan buat ruangan jadi lebih humid dengan penguapan selama 10-15 menit. Caranya, ember/teko listrik, diisi air panas ditetesi minyak kayu putih. Ini dilakukan 2 sampai 3 kali sehari.
  3. ASI…ASI…ASI

Air minum hangat untuk pengencer dahak yang paling aman.

  1. Jika tidur terganggu karena hidung tersumbat/mampet, teteskan minyak kayu putih di sapu tangan, letakkan di samping kepalanya, untuk melegakan pernafasan.
  2. Olesi dadanya dengan transpulmin Baby balsem tipis-tipis.

Photobucket

Kebiasaan Baru

Sekarang-sekarang ini pipi cabi lagi seneng-senengnya ngejatuh-jatuhin dan ngelempar-lempar barang nich. Sebenernya sie, udah sebulanan hobi ngelempar barang ini. Entah itu maenannya sendiri, maupun barang-barang lainnya. Gak peduli itu barang pecah atau bukan. Makin rame suaranya, makin asyik kayaknya. Jadinya, di dalam rumah sehari-harinya selalu kayak kapal pecah.

Emang sie, di usia 1 tahunan kata orang memang masa-masanya lagi hobi ngejatuh-jatuhin barang. Tiap balita akan mengalami fase ini. Tapi, kata Vera Habiliana, S.Psi, (dari Yayasan Pembina Pendidikan Ade Irma, Jakarta) dalam sebuah website, durasi masa-masa balita melewati fase menjatuh-jatuhkan barang itu berbeda-beda. Ada yang sebentar, ada yang agak lama. Dengan menjatuh-jatuhkan barang, anak akan merasakan suatu sensasi. Yang paling menarik adalah suara yang ditimbulkan dari benda yang dijatuhkannya. Bisa suara gemerincing, ataupun suara barang pecah.

Di usia ini anak sedang dalam masa eksplorasi besar-besaran. Indra pendengaran akan menangkap bunyi benda jatuh, indra penglihatan akan merekam benda bergerak dari atas ke bawah, indra peraba akan merasakan bagaimana benda yang tadinya ada dalam genggaman kemudian terlepas. Itu yang membuat menyenangkan bagi anak. Selain itu juga, anak bisa belajar hubungan sebab akibat. Dengan melempar, maka benda bisa terjatuh dan menimbulkan bunyi.

Maka dibutuhkan kesabaran pengasuh, mengambil dan memberikan lagi barang-barang yang dilempar yang kemudian untuk dilemparkan kembali. Tapi, diharapkan bukan cuma itu, harus disertai dengan memberikan stimulus pada anak, misalnya sambil mengajari anak nama-nama benda yang dijatuhkannya. Juga bisa sambil mengajari anak tentang konsep ruang, bahwa benda-benda yang dilempar jatuh ke lantai.

Photobucket

Ngobrol ajah . . .

Pagi-pagi dapet sms dari my closed friend yang lagi nuntut ilmu di Jogjakarta :

“Wanita hebat adalah yang tak pernah bosan melakukan hal-hal yang sama, dengan terus dan tekun melakukan perbaikan hingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa.”

Thanx bgt buat mba Izzatul Maghfiroh, bener-bener jadi spirit buatku mba.

Memang pekerjaan rutin seorang ibu rumah tangga yang seakan ga ada habis-habisnya, seringkali membuat saya ngerasa jenuh n bosan plus capek tentunya, belum lagi pekerjaan kantor yang juga menuntut untuk segera diselesaikan. Pekerjaan-pekerjaan sehari-hari yang mau ga mau harus tetap dilaksanakan, tanpa asisten dan tanpa bisa didelegasikan ke ibu rumah tangga yang lain. (ga mungkin kaleee…)

Tapi, berbeda kalo kita ikhlas mengerjakannya, semua itu akan terasa enteng-enteng saja. Kita jadikan itu sebagai ladang amal dan ibadah kita, maka ga akan kerasa beratnya. Itu prinsipnya. Cuma, seringnya saya lupa dengan prinsip itu, jadinya . . . ga jarang saya ngedumel sambil kerja. hehe… kerjaan tetap dikerjakan, tapi bibir monyong. Untungnya ada suami yang mau membantu kerjaan-kerjaan rumah tangga, seperti nyuciin bekas mpup n ompolnya pipi cabi, nyapu-nyapu, kadang juga ngepel dsb.

Jadi, intinya, ibu-ibu, kita mesti pinter-pinter mengkomunikasikannya dengan suami. Do’i tentunya ga akan ngebiarin ketika kita yang sedang kucek-kucek nyuci, sementara anak balita kita nangis, juga ga akan ngebiarin ketika kita yang sedang sibuk-sibuk di dapur sementara si baby ngerengek minta digantiin celana karena ngompol.

Yup! Intinya komunikasi. Pekerjaan-pekerjaan rumah tangga akhirnya jadi tanggung jawab bersama, Disamping tugas mencari nafkah buat suami yang memang bukan pekerjaan gampang. Jadi, lewat tulisan ini saya ingin menyampaikan, thanx ubangetz buat ayahnya pipi cabi yang mau dengan ikhlas membantu saya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah, setelah lelah bekerja di luaran. Pokonya, u r my best. Makacih ayah… tetap ikhlas yaa…

Photobucket

Happy Birthday @(^_^)@


Udah beberapa hari nich ga posting, coz pipi cabi sakit (peralihan cuaca kali ya…) panas, batuk plus pilek. Tapi alhamdulillah, sekarang udah sehat lagi. Tapi pipinya jadi ngga secabi dulu. Agak kurusan sekarang. Nie fotonya, diambil waktu pipi cabi maen sore-sore di lapangan bola. O,ya tanggal 8 Maret kemaren, pipi cabi ultah alias ulang tahun, pas 1 tahun. Ga kerasa ya, anakku udah setahun. Perasaan baru kemaren-kemaren pipi cabi dilahirkan, untuk pertama kalinya menghirup udara kehidupan.

Bersyukur sepenuhnya sama Allah, atas semua anugerah dan karunia-Nya. Mamah doakan, kamu kelak jadi anak yang sholeh, berbakti sama ortu, tambah cakep, tambah pinter & jadi manusia yang berguna buat kemaslahatan ummat. Dan yang terpenting, kamu selalu ada dalam lindungan dan ridha Allah SWT. Aamiin.

Walopun di usia satu tahun ini, pipi cabi belum bisa berjalan sendiri (baru dua tiga langkah), ga papa, tapi mamah tau dan yakin, kamu anak yang pinter dan cerdas (bukannya narsis lho, hehe...). kalo misalnya pipi cabi udah bisa ngomong, mungkin akan bilang, pengen hadiah ini itu. Insya Allah nak, apapun, selama itu bermanfaat buatmu, mamah akan penuhi sebisanya, demi kebahagiaan dan kebaikanmu.

Tapi karena kamu belum bisa ngomong, jadi hadiahnya sementara ini aja ya dari mamah “mmmmuach…” I really love you, son.

Photobucket

Ngagaya eung!!!

Suatu sore yang cerah (kebetulan ga hujan), pipi cabi mo jalan-jalan di sekitar lapangan bola. Tentunya bersih-bersih dulu donk … & dandan dulu biar tambah cakep n’ wangi. Gak lupa rambut disisir rapi… hmmm let’s go!

Besoknya di waktu yang sama, hari hujan. Yaaaa ga ada jalan-jalan donk. Tiba-tiba pipi cabi masuk kamar sendiri, dan kayaknya… ngambil sesuatu dech. Apa ya? Ngintip ahhh. Eh… ternyata yang diambil sisir, yang biasa dipake buat nyisir rambutnya. Dengan lagak seriuuuus banget, pipi cabi nyisir rambutnya. Hehehe… waduuuh gak nyangka, ternyanya apapun yang baru, bisa jadi pembelajaran buat pipi cabi. Termasuk nyisir ntu tuh… walopun sebenernya nyisir rambutnya sih formalitas doank. Loh kenapa? Karena pipi cabi niatnya sih nyisir, tapi belom bisa, cuma gesek-gesekin sisir di kepalanya. Yaaah, lumayan. Pinter khan?

Photobucket

Shopping…

Masih di musim hujan… tapi sore ini kebetulan gak hujan. Saya bermaksud untuk belanja keperluan sehari-hari. Hmmm.. pipi cabi diajak lah. Jadilah berangkat boncengan sama ayah ke toserba terdekat. Umumnya, balita-balita lain kalo mau bepergian, biasanya dipakein pampers/diapers. Lain halnya pipi cabi, dia gak betahan pake pampers/diapers karena emang gak dibiasain sejak kecilnya, dan karena badannya yang gendut juga, jadi kasihan kalo dipakein, soalnya pahanya bisa sampe merah-merah kalo pake.

Di tengah perjalanan hunting belanjaan, bisa ditebak, pipi cabi ngompol. Untung aja, ayah bawa celana serp. Dan untungnya lagi, OB nya ntu toserba sigap n tanggap. Langsung dech, tempat pipi cabi ngompol dipel. Karena kalo ga langsung dilap, bisa-bisa ntar ada pembeli yang kepeleset. Waduhh, kalo udah begitu kan urusannya bisa gaswat!

Belanja apa ya buat pipi cabi? Yup, beli mobil-mobilan. Nambah lagi dech, koleksi maenan pipi cabi…

Photobucket

Kayla Az-Zahra

Temennya pipi cabi neeh. Namanya Kayla Az-Zahra. Panggilannya Zahra. Empat bulan lebih dulu lahirnya. Tetangga, pinggir rumah. Zahra tinggal sama neneknya. Ibu n ayahnya pada ngerantau, pada kerja gicuuu. Sebenernya banyak lagi temen pipi cabi yang lain, ada Haikal, ada Galang ada Ntus, Ujang dan ada Uti juga. Tapi ga punya fotonya. Oke, kalian temenan yang akur n ga boleh berantem yaaa…!

Photobucket

Bisa Naek Tangga !

Prolog : Suatu siang, kira-kira setelah waktu dzuhur, biasanya baju-baju jemuran di luar udah pada kering. So, waktunya diangkatin dech. Karena di rumah lagi ga da siapa-siapa selain pipi cabi dan mamahnya (kebetulan mami Uti lagi libur), sebelum ngangkatin baju, buat amannya pipi cabi saya bawa ke ruang depan (di bawah), biar bisa keliatan dari luar.

Nah, ketika kembali ke dalam rumah, setengah kaget, ternyata pipi cubi udah ada di atas, yang kalo pengen bisa nyampe ke sana mesti lewat beberapa anak tangga. Waduh…waduh… anakku hebat juga yach, udah bisa naek tangga sendiri. Penasaran, akhirnya diulang deh tuh, sengaja dibiarin naek tangga sendiri. Eh, ternyata emang udah bisa! Diambil gambarnya, tapi hasilnya kurang bagus, gelap. Jadi ga ikut diposting.

Hehe…anakku…anakku…

Photobucket

Love buat ayah 'n pipi cabi


Free Glitter Images

Photobucket

Ngajarin Nich Yee…

Hari ini .. ceritanya di pagi-pagi sekali, sebelum shubuh. Pipi cuby udah bangun. Ngajak ngobrol ayahnya. Seriuuus banget. Tapi masih belum beranjak dari tempat tidur. Udah mpup n udah ganti baju (soalnya kebasahan). Tiba-tiba pipi cuby negedeketin ayah, megang tangan ayah dua-duanya. Tangan kirinya megang tangan kanan ayah, n tangan kanannya megang tangan kiri.

Waaaah ni anak mo ngapain ya? Eh…tau nya kedua tangan ayah ditepuk-tepukin. Haha…lucuuu dech. Selidik punya selidik, ternyata pipi cuby pengen ngajarin ayah “Tepok ame ame”. Sambil nepuk-nepukin tangannya ayah, dia nyanyi lagu “pok ame ame”.

Bunyinya gini : “ euheuheu… euheuheu…*&%^$#@)^$)~%( ?????

Photobucket

Hanya ingin menulis (1)

Aku seorang ibu muda yang masih belajar sana sini untuk bisa jadi ibu yang baik bagi seorang anak sekaligus jadi istri bagi suami. Kurangnya pengetahuan dan kemampuan, membuatku belum layak mendapat panggilan sebagai “ibu”. Yah, jalan satu-satunya, berusaha terus untuk dapat belajar, dari orang-orang yang sudah banyak makan garam, pun belajar dari pengalaman diri sendiri dengan mengkajinya, setiap pelajaran di dalamnya. Dengan tidak membiarkan pengalaman berlalu tanpa arti dan hikmah.

Photobucket

Hobinya Pipi Cuby

a) Memakan makanan temuan. Kadang-kadang dia suka nemuin bubukan kue sisa kemarin yang gak kena sapu. Gak peduli masih layak makan atau udah lembek, langsung aja..lepppp. Kadang kalo nemu barang kecil yang bukan makanan juga, yaa diembat juga. Wuiiih, jadi mesti ekstra protect tuch..
b) Bobo malem mesti netek dulu (pipi cuby gak bisa bobo kalo gak dikelonin sambil netek), kalo diayun-ayun malah nangis..Huaaaaa.
c) Ngepup di pagi hari sambil nyandar ke meja ato dinding.
d) Ngobrak-abrik tumpukan apa aja, terutama tumpukan baju yang baru beres dilipet rapi sama mama Uti.
e) Ngacak-ngacakin isi kotak peralatan servis punya ayah (kebetulan ayah punya hobi ngoprek-ngoprek elektronik dan otomotif, jadi boleh lah terima servis. Hehe… jadi promosi neh)
f) Seneng ngucek-ngucek dan ngewes-ngewes buku punya mamah.

Photobucket

11 hal yang bisa dilakukan Zaheer (pipi cuby) saat ini :

· Berdiri. Tapi masih pegangan.

· Kissby. Cuman sekalinya kissby, terus-terusan, ga mo berhenti-berhenti. Cuape dech!

· Cium pipi mamah dan ayah. Bunyinya ‘mmmmuach..’ tapi kalo nyium kadang mulutnya ga mo rapet, jadinya pipi mamah/ayah basahhh.

· Dadah (melambaikan tangan). Yang satu ni moody. Kadang kalo pas ga mo disuruh dadah, yaa.. No Way!

· Gigit bahu ayah, ampe merah. Dan juga mukul ayah kalo disuruh. Hehe..

· Bangunin mamah & ayah. Kalo malem-malem kebetulan pipi cuby terbangun sendirian, dia cari temen melek. Langsung usil, ngegebukin mamah yang lagi terlelap make jurus cambuk putih full energy, ga berhenti ampe brener-bener bangun. Nah, lain masalahnya kalo yang digebukin ga bangun juga (alias pura-pura masih tidur padahal cuma merem sambil nahan sakit digebukin), dia cari korban berikutnya, ayah. Dan kalo ayah udah bangun digebukin, biasanya si pipi cuby cuma nyengir.

· Udah bisa goyang, baik ada musik ataupun nggak. Goyang-goyang badan, angguk-angguk kepala… tapi, bukan goyang duyu apalagi goyang patah-patah.

· Tepok ame ame. Mana tepukannya ngebut banget, sampe yang nyanyi mesti sprint.

· Udah bisa niru suara tokek (pengennya sich gitchu… tapi suara yang keluar malah “eehhhh..” sambil ngeden) hihi…

· Udah punya gigi 6 biji. Kalo ketawa, yucuuu banggets.

· Bisa niru gaya orang lagi nelpon pake Hp. Walopun nyimpen Hpnya bukan di telinga, tapi di belakang kepala. Kadang terlalu keras nimpuk kepala. ‘Beletakkk’. Awwwhh.

Photobucket