Nyetel musik

Sehari-hari di rumah


Kalo lagi nganggur biasanya pipi cabi urak orek maenin radio-tape. Dia udah bisa nyalain radio, yang kalo disetel, chanelnya udah diset yang musik non stop. Jadi tiap nyalain ntu radio, pipi cabi biasanya langsung goyang-goyang. Yang kadang bikin Ayah sewot adalah kalo pipi cabi udah mainin tombol powernya. Nyalain, matiin, nyalain lagi, matiin lagi, gitu seterusnya sesuka hati sampe bosen. Wah, bisa-bisa jebol dech tuh tombol powernya. Pipi cabi juga udah bisa nyalain receiver parabola. Perlakuannya sama kayak mainin radio-tape. Yukkk ah, goyang duluuu..

Photobucket

Bersih-bersiiih..


Pipi cabi udah bisa bantuin mama nyapu!

Photobucket

Kedipan Dahsyattt

Photobucket

Zaheer & Frogie

Photobucket

Zaheer & bottle





Photobucket

Kacamata ajaib

Photobucket

Serba-serbi, Pernak-pernik

Hari ini posting apa ya? Hmmm….

Apa aja dech. Yang penting tentang pipi cabi. Ada banyak perubahan dari pipi cabi.


Pertama, dia udah nggak terlalu cabi lagi. Dari hari ke hari, waktu ke waktu, nafsu makan yang kurang begitu bagus akhir-akhir ini. Juga tentang batuk pileknya, yang kalo sekalinya kena flu, lumayan bisa agak lama sembuhnya. Minum susunya juga ga begitu suka. Yang kalo dulu-dulu siy, dikasih sebotol, abis, minta lagi. Tapi sekarang sebotol aja abisnya rada lama. (sebagai info: selama ditinggal kerja, pipicabi dikasi susu formula).


Dua, udah bisa maen kedip-kedipan mata. Sekalinya ditantang buat maen kedip-kedipan, bisa sampe lima kali kedipan. Kalo ngedip, bibirnya suka ikut-ikutan gerak-gerak.


Tiga, berani lari-larian di luar. Awal bisa jalan 2 minggu yang lalu, hanya berani jalan sendiri kalo berada di dalam ruangan atau di luar, yang penting tempat berpijaknya harus di ubin. Kalo diajak jalan di tanah kurang berani. Tapi sekarang ga lagi. Dia sudah mau berjalan sendiri bahkan lari-larian di sekitar komplek rumah.


Empat, kebiasaan mengumpulkan maenan di box kasurnya. Jadi kalo lagi acara ngobrak-abrik maenan nya, itu hampir setengahnya dipindah-pindahin dimasukin ke box tempat tidurnya. Awalnya siy, pipi cabi paling suka kalo mindah-mindahin barangnya ke belakang monitor komputer. Caranya mau dilemparin lah, mau digelindingin lah, yang penting dia bisa seneng. Dan akhir-akhir ini, tempatnya diubah haluan, jadi ke box kasurnya itu. Lha, jadi semacem tempat pembuangan gitu.


Lima, udah bisa minta ganti celana kalo abis pipis (lebih tepatnya siy, ngompol, karena masih di sembarang tempat). Udah bisa mengekspresikan rasa tidak nyamannya. Tiap abis ngompol, kalo gak langsung diganti pasti ditunjukin celana basahnya dan sambil ditarik-tarik minta segera diganti.

Kalo celananya kepanjangan juga, dia udah bisa menerin agar ujungnya gak keinjak-injak.


Enam, bisa nunjukin apa yang diminta. Walopun cara nunjuknya belum bener banget. Bukan jari telunjuk yang dikedepanin (diacungin), tapi jari jempolnya. Hehe.. kalo di adat Sunda siy itu cara nunjuk yang sopan. Waaah, anakku udah bisa sopan santun yaa! Glekkk!


Tujuh, mulai suka sama frogie. Bulan lalu iseng-iseng aku beliin boneka kodok dan kita langsung kasih nama frogie. Awal dikasi itu, pipi cabi langsung menghindar, entah ketakutan ato kenapa. Tapi udah dua hari yang lalu udah mulai suka kayaknya. Mau meluk-meluk segala dengan gaya gemas n manjanya. (lagi-lagi fotonya gak sempet keambil)


Delapan, mulai suka maen di lapangan. Kalo di cerita beberapa waktu yang lalu, pipicabi sangat tidak suka jalan-jalan di lapangan bola, karena geli kakinya kena rumput. Tapi kemaren-kenaren dia udah mau berwalkin-walkin ria di lapangan bola, sambil lempar-lempar bola sama temennya (Galang)


Sembilan, Hafal yang mana sandal & kaus kakinya. Tiap diajak ke pintu depan rumah, pasti dia langsung nunjukin sandalnya dan diacung-acungin minta dipakein. Geer banget nich, dikiranya mau diajak jalan-jalan kali yaaa?

Dia juga udah hafal kaus kakinya. Hampir tiap sebelum tidur malem, pipi cabi biasanya nunjukin kaus kakinya dan ditempel-tempelin ke kakinya. Maksudnya adalah lagi make kaus kaki. Padahal siy belum bisa cara makenya.


Sepuluh, minta minum & makan. Kalo minta makan, dia nunjuknya ke meja makan, itu artinya minta makan. Pipi cabi juga udah bisa nyuapin makanan ke mulut sendiri pake sendok, walopun kadang-kadang sendoknya sih bisa masuk ke mulut tapi nasinya tumpah. xe..xe..xe..

Hobi banget kalo dikasi kerupuk. Ini niy yang sebenernya aku coba buat hindari, sebisa mungkin untuk meminimalisir ngasih makanan gorengan, apa pun. Walopun mamanya penyuka berat gorengan. Diusahakan anakku ga ngikutin. Tapi yang namanya suka ya tetep suka.

Lain halnya kalo haus, pipi cabi suka nunjuk-nunjuk ke galon air minum sambil bersuara ga jelas. Maksudnya minta minum. Kalo udah minum, pipi cabi punya gaya sendiri, yang menandakan kalo dia udah gak haus lagi. Ahhhhh...segaaar...

Photobucket

Tips Mengatasi Anak Rewel

Buat bunda Eli, ada tips nih buat mengatasi Anak rewel. Diambil dari http://www.tipskeluarga.com

Mengasuh bayi bisa dianggap gampang, namun ada kalanya anak Anda datang rewel tiba-tiba. Hal ini tentu bisa merepotkan. Apalagi kadang orang tua atau pengasuh tidak mudah mengetahui apa penyebab bayi menjadi rewel.
Anak atau bayi yang rewel bisa disebabkan karena beberapa hal seperti : sakit, lapar, ngantuk dan sebagainya.

  • Jika karena anak sedang sakit, berikan banyak perhatian karena anak yang sakit memang membutuhkan perhatian lebih. Cari juga penyebab sakitnya, kalau malam tiba-tiba rewel mungkin kaki atau tangan sakit karena digigit nyamuk, segera berikan obat begitu juga dengan gejala sakit yang lain. Jika anak masih saja rewel, orang tua dapat bercerita, memberikan pijitan lembut, agar anak merasa nyaman.
  • Jika datang rewel pada jam-jam tidur anak, hal ini kemungkinan besar si anak atau bayi ngantuk. Untuk mengatasi, orang tua perlu menenangkan anak dan mengajak tidur.
  • Rewel dapat juga disebabkan karena anak terlalu dimanja. Saat orang tua meninggalkan anak, maka anak tidak terima dan rewel. Berikan penjelasan kalau orang tua akan kembali. Jika masih rewel mungkin orang tua harus tegas, karena memang tidak semua keinginan anak harus dituruti. Tegas disini bukan dengan kekerasan tentunya. Disamping itu orang tua juga mengajarkan anak mandiri sejak dini.
  • Jika anak Anda rewel pada jam tidur, tetapi anak tidak juga mau tidur, serba salah meskipun sudah digendong dan ditenangkan, mungkin anak merasakan capek setelah main seharian. Untuk menghadapi kondisi seperti ini orang tua harus lebih sabar.
  • Kalau rewel saat berada ditempat yang baru, mungkin anak merasa tidak nyaman atau cemas dengan suasana baru, atasi kecemasan itu, berikan kenyamanan dengan mengajak ngobrol atau alihkan ke hal lain misalnya melihat hal yang menarik buat anak.
  • Ketika anak rewel, orang tua jangan bereaksi dengan cara memarahi atau bersikap tidak sabar. Biarkan si anak menyampaikan perasaan tidak enaknya untuk beberapa saat sampai akhirnya ia merasa puas. Memarahinya justru tidak akan menyelesaikan masalah karena emosi anak menyebabkan rewel anak bisa semakin menjadi-jadi.
  • Dalam menghadapi anak yang rewel, orang tua mesti pandai mengenali karakter masing-masing anak. Jika pada dasarnya anak mudah rewel di pagi hari, maka mesti diciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Yah, semoga bermanfaat.

Photobucket

Pengen Nulis ajah (3)

Kayaknya perasaan setiap ibu sama ya, perasaan ketika anak tercintanya bisa berjalan saat pertama kalinya. Wah pokoknya suenengggg bgt. Sulit dilukiskan dengan kata-kata. Walopun betul seperti yang pernah Bunda Ke2nai bilang, kalo anak udah bisa jalan, akan lebih repot ngasuhnya. Harus selalu dipantau dan diikuti. Soalnya kan kalo anak baru bisa jalan, pastinya belum bisa lancar banget. Masih kadang tersandung-sandung. Jadi, emang bikin tambah repot. Tapi itu semua gak masalah. Yang penting anakku udah bisa jalan.

Kalo menurutku siy, pipi cabi termasuk yang langsung bisa lancar jalannya. Awal bisa jalan udah gak oleng-olengan lagi, seperti kebanyakan anak-anak lainnya (tetangga. red) seperti yang biasa aku liat. Ketika anak baru bisa jalan, itu biasanya mandeg-mandeg dan oleng-olengan. Kalo pipi cabi, pertama bisa jalan udah langsung norolong (kata orang Sunda). xi..xi..xi..lutju jadinya.

Pengen banget bisa dapetin gambarnya waktu pipi cabi lagi berdiri n jalan. Tapi susahnya minta ampyun. Hasilnya selalu jelek. Soalnya dia gak mo diem sejak bisa jalan sendiri. Selaluuuu aja, jalan kesana sini, gak mo diem. Malah box maenannya aja dicuekin, teronggok begitu aja. Padahal selama ini, itu box selalu gak pernah luput dari diacak-acakin. Nampaknya dia juga, rasa senengnya gak kalah dari mamanya. Jadi, pengennya jalan terus. Duh jadi gereget, pengen ambil fotonya. Coba lagi ahh.

Photobucket

Susah Makan

Akhir-akhir ini pipi cabi lagi susah makan niy.. lagi-lagi batuk pilek (mungkin yang jadi penyebabnya). Kalo lagi susah makan kayak gini, emang bener-bener susah buat nyuapinnya. Satu-dua suap bisa masuk, kesananya susah lagi. Padahal udah coba sambil dibawa maen makannya. Tapi tetep aja serettt. Suka agak keder kalo udah kayak gini. Pengen siy nyoba-nyoba dikasi suplemen, buat nambahin nafsu makan. Tapi pernah baca di suatu artikel, anak kalo baru umur 1 tahun sudah dikasi suplemen bisa-bisa malah bikin keterusan. Maksudnya nantinya kalo sekalinya gak dikasi suplemen, anak cenderung kondisi badannya lemah, nafsu makannya berkurang. Bisa jadi semacem ketergantungan. So aku belum pernah nyoba kasih pipi cabi suplemen/multivitamin.

Soal variasi makanan... ini juga yang mungkin buat pipi cabi gak nafsu makan (variasinya dikit, bahkan hampir dikategorikan itu-itu aja). Maklum lah...hehe.. aku khan masih dalam taraf belajar masak.

Sejak pipi cabi udah bisa geleng-geleng kepala (udah berlangsung ± 2 bulanan) sebagai ekspresi dari kata “TIDAK MAU”, apa pun yang dia tidak suka pasti geleng-geleng kepala. Ya termasuk dalam acara makan ini, udahnya satu suap – dua suap, lanjutannya geleng-geleng kepala... Atau mungkin penyebab susah makannya ini karena emang dia lagi batuk pilek, bikin nafsu makan kurang. Jadi intinya, batuk pileknya dulu yang diobatin biar bisa ngembaliin nafsu makannya. Tapi kalo urusan ngemil-mengemil, dia paling suka. Apa pun itu, asal gak pedes, panas ataupun asem.

Kenapa ya, perasaan akhir-akhir ini, pipi cabi sering banget sakit batuk pilek. Dikit-dikit batuk, dikit-dikit pilek. Kali ini juga, padahal baru beberapa hari kemaren dia sembuh dari batuk plus pilek. Mana kalo udah sekalinya batuk, itu mukanya sampe memerah. Kayak kepiting rebus.. Hihi.. Saking ‘ngukluk’nya kalo kata orang Sunda. Yah, mudah-mudahan cepet cembuh aja n bisa makan kayak biasanya lagi.

Photobucket

Langkah Pertama ....

Alhamdulillah .. akhirnya pipi cabi bisa berjalan juga. Awalnya siy, waktu hari Jum’at siang, kebetulan aku libur, jadi pas lagi ada di rumah. Bertekad dalam hati pokoknya exercise and exercise! Go! Seharian ngajak pipi cabi latihan jalan tanpa pegangan. Awalnya ngelatih berdiri tanpa pegangan. Pipi cabi aku suruh jongkok. Syukurnya dia mau n nggak rewel. Langkah selanjutnya aku bimbing dia supaya mau mencoba berdiri sendiri, pertamanya sih malah nungging-nungging gitu... eh satu dua tiga kali baru bisa berdiri, tiga detik, lima detik, sepuluh detik dia bisa. Berdiri, jongkok lagi, berdiri lagi, jongkok lagi. Begitu seterusnya. Lucunya tiap kali berdiri, tangannya sambil igel-igelan n terus senyum, aku yang liatnya jadi ngerasa geli. Kasih applause juga penting biar dia semangat. Nah, besoknya, setelah latihan berdiri lagi, dengan susah payah pipi cabi coba-coba langkahin kakinya. Satu langkah, jongkok, berdiri lagi, dua langkah, jongkok lagi, sampai akhirnya, mungkin keberaniannya udah full tank, dia bisa berjalan, tapi masih ga kekontrol arahnya. Jalannya siy cepet, tapi belum bisa ngontrol keseimbangan. Lumayan sebagai pengawalan, dengan jarak dua meter.. tiga meter.. lima meter. Yaaah akhirnya anakku udah bisa jalan sendiri.. rasanya seneeeeeng banget. Ploooooong dech.. Rasanya lebih dari ketika jerawat sudah meletus... hehe...

Mungkin ini hikmah dari berkurangnya berat badan. Pipi cabi jadi enteng bawa badannya sendiri. Emang siy waktu sakitnya pipi cabi kemaren-kemaren, banyak orang yang bilang, katanya “eta mah jamak neng, keur ngahampangaan ek tiasa mapah meureun” (itu mah biasa neng, lagi ngurangin berat badan, mau bisa jalan barangkali). Waktu itu siy percaya gak percaya, pipi cabi sakit ya emang karena sedang peralihan cuaca aja. But now! Yah emang udah waktunya juga kali yaaa? Syukur alhamdulillah...

Photobucket

Ditimbang

Hari minggu niy. Ga kerasa udah seminggu (atau kata lain, seminggu yang lalu) pipi cabi dibawa ke Posyandu buat ditimbang berat badan pake kiloan bawang, hehe.. ngga ding! Pake itu tuch, timbangan manual, yang pake gayunan, di atas nya ada pengukur yang terbuat dari besi yang berat banget (entah berapa kilo), yaah...pokoknya yang kayak gitu deeech. Hasilnya... berat badan pipi cabi berkurang 1 ons dari bulan sebelumnya. Kalo bulan lalu beratnya 9,7 kg, sekarang jadi 9,6 kg. Mungkin karena abis sakit kali yaa.. Beberapa hari yang lalu pipi cabi pilek batuk, lumayan lama (kata orang siy pengaruh peralihan cuaca). Makanya cabinya sekarang agak berkurang. Biasanya siy ke tempat penimbangan tuh dianternya sama mama Utie, tapi kali ini pas kebetulan aku lagi ada di rumah, jadi ya udah ta bawa aja, sekalian jalan. Ada yang lucu waktu penimbangan, tiba giliran pipicabi, pas ditimbang, dia kan dimasukin ke gayunan ntu, coba dengan posisi duduk, tuh anak gak mo diem, gegerepekan kalo bahasa Sunda. Trus kata petugasnya mesti ditidurin aja, soalnya kalo anaknya ga mo diem, timbangannya jadi ga seimbang. Pas ditidurin, pipi cabi ngejangin badannya, petugasnya sampe ketawa,tegang kali ya.. kali fikirnya nich aku lagi diapain siy.. Baru beberapa detik karena tegang, akhirnya pecah juga tangis pipicabi. Huaaaaa..... mana suaranya kenceng banget. Duuuh..kayak yang belum pernah ditimbang aja. Cup...cup...cup.. Baru bisa diem setelah dikasi wafer sama petugasnya.

Photobucket

iih..Geli…

Denger dari temen n tetangga, “kalo pengen anak cepet bisa jalan sendiri, gini nich caranya, lututnya diolesin air embun aja rutin tiap pagi. Dulu kaki anakku juga aku olesin air embun tiap pagi, sebulan kemudian anakku bisa jalan.” Ada lagi yang bilang, kalo pengen anak cepet bisa jalan, diolesi air beras yang sudah mendidih saat memasak beras. Lain waktu ada lagi yang bilang bisa dengan kakinya diolesi parem anak. Ada juga yang bilang kalo pengen cepet bisa jalan, bawa jalan-jalan aja di lapangan rumput pagi-pagi banget, kira-kira rumput di lapangannya masih ada air embunnya. Anak dituntun di lapangan rumput ga pake sandal. Nah yang terakhir ini nih, yang kayaknya boleh juga buat dicoba. Walopun sempet kepikiran, apa ga bikin gatel tuch?! Tapi yaa, namanya juga usaha, dijalanin juga. Suatu pagi aku ajak pipi cabi ke lapangan rumput yang kebetulan jaraknya deket dari rumah. Sengaja ga dipakein sandal, pipi cabi aku tuntun berjalan di lapangan. Tapi ni anak malah mugen ga mo jalan sama sekali. Dia berdiri, dieeem aja. Cuma berdiri, selangkah dua langkah mau jalan, diem lagi. Waduh ni anak kenapa ya? Dicoba dipakein sandal aja. Eh sama aja, tetep ga mo jalan. Kayaknya masalahnya cuma satu, geli kena rumput. Jadinya ga mo jalan. Ya sudahlah… Akhirnya ada ibu ibu yang bilang, sebenernya anak yang belum bisa jalan, itu karena belum waktunya. Nanti kalo udah waktunya juga, anak dengan sendirinya bisa jalan. Cuma kekuatan otot kaki pada anak itu berbeda-beda. Jadi ada yang cepet bisa jalan, ada yang lama. Banyak-banyak dilatih aja. Pipi cabi sering sih dilatih jalan. Malah sebenernya pipi cabi udah bisa lari segala, tapi mesti sambil dituntun. Giliran dicoba dilepas, ehh dia malah milih jongkok.

Emang sih ya banyak orang-orang yang percaya mitos, dengan kata lain mitos-mitos banyak bertebaran di masyarakat, terutama di perkampungan yang adatnya masih kental. Lalu cara-cara seperti yang disampaikan orang-orang kayak yang tadi di sebutin, termasuk mitos bukan yak?

Photobucket

Mudik


Hari ini 9 April 2009, hari pesta demokrasi buat semua warga Indonesia. Yup! Nyobloss... eh nyontreng...buat pemilihan anggota legislatif. Karena alamat KTP n KK nya di Garawangi, kita bertiga mudik dech ke Garawangi (tempat tinggal emak nya pipi cabi), plus nginep semalem di sana. Pipi cabi punya banyak temen juga di sini. Ada Saira (Ira), ada Amelia (Camel), ada Putri (Iput), ada neng Shindy, ada juga dede Lia (bibi Deli). Diajak ke TPS, kayaknya pipi cabi suenenggg bgt. Ketawa-ketiwi n maen kejar-kejaran ma temen2nya. Lari-larian (masih dituntun siiih…). Pipi cabi juga difoto bareng abah Dudung pake kacamata item. “Hehe...aku ganteng kan..?”

Photobucket

Horeee…bisa!!

Pipi cabi dibeliin maenan donat bersusun sama ayah. Bagus buat latihan menata/menyusun barang. Melatih koordinasi otak ke tangan untuk menyusun sesuatu dengan hati-hati. Pipi cabi udah pinter lho menyusunnya, tiap kali dia bisa menyusunnya, selalu tepuk tangan sambil nyengir, kalo diterjemahin barangkali pipi cabi bilang ”horeee...bisa!”. Saat ini kayaknya ntu tuh maenan pavoritnya. Dia juga udah bisa ngeberdiriin maenan hewan-hewanan yang kakinya kecil-kecil. Buat ukuran seusia pipi cabi, itu bukan hal yang mudah lho. (4 April 09)

Photobucket

Pojokan


Kayak yang udah diajarin, pipi cabi udah punya tempat tetap buat pipis. Bukan di kamar mandi, bukan juga di toilet training, karena emang belum punya. Yup, sebuah pojokan di deket dapur. Tiap pipi cabi nangkring di tempat itu, hampir selalu bisa dipastikan, itu artinya dia ngompol. Pojokan itu seolah jadi tempat fave bagi pipi cabi buat pipis. Kebiasaan ini udah sejak sekitar 5 mingguan.

Ada sech rencana buat beliin pipi cabi toilet training. Tapi ngeliat yang kebanyakan dijual di pasaran sii bentuknya banyak mirip kuda-kudaan atau sejenisnya gitu. Yaah, bisa ditebak, paling-paling cuma jadi maenan tunggangan fungsinya.

Jadinya, mungkin mendingan langsung aja diajarin pipis n pup di toilet asli kali yaa? Tapi pernah suatu waktu ketika mau mpup, pipi cabi langsung diboyong ke toilet. Ehh..malah nangis gagauran. Hualaah…

Photobucket