iih..Geli…

Denger dari temen n tetangga, “kalo pengen anak cepet bisa jalan sendiri, gini nich caranya, lututnya diolesin air embun aja rutin tiap pagi. Dulu kaki anakku juga aku olesin air embun tiap pagi, sebulan kemudian anakku bisa jalan.” Ada lagi yang bilang, kalo pengen anak cepet bisa jalan, diolesi air beras yang sudah mendidih saat memasak beras. Lain waktu ada lagi yang bilang bisa dengan kakinya diolesi parem anak. Ada juga yang bilang kalo pengen cepet bisa jalan, bawa jalan-jalan aja di lapangan rumput pagi-pagi banget, kira-kira rumput di lapangannya masih ada air embunnya. Anak dituntun di lapangan rumput ga pake sandal. Nah yang terakhir ini nih, yang kayaknya boleh juga buat dicoba. Walopun sempet kepikiran, apa ga bikin gatel tuch?! Tapi yaa, namanya juga usaha, dijalanin juga. Suatu pagi aku ajak pipi cabi ke lapangan rumput yang kebetulan jaraknya deket dari rumah. Sengaja ga dipakein sandal, pipi cabi aku tuntun berjalan di lapangan. Tapi ni anak malah mugen ga mo jalan sama sekali. Dia berdiri, dieeem aja. Cuma berdiri, selangkah dua langkah mau jalan, diem lagi. Waduh ni anak kenapa ya? Dicoba dipakein sandal aja. Eh sama aja, tetep ga mo jalan. Kayaknya masalahnya cuma satu, geli kena rumput. Jadinya ga mo jalan. Ya sudahlah… Akhirnya ada ibu ibu yang bilang, sebenernya anak yang belum bisa jalan, itu karena belum waktunya. Nanti kalo udah waktunya juga, anak dengan sendirinya bisa jalan. Cuma kekuatan otot kaki pada anak itu berbeda-beda. Jadi ada yang cepet bisa jalan, ada yang lama. Banyak-banyak dilatih aja. Pipi cabi sering sih dilatih jalan. Malah sebenernya pipi cabi udah bisa lari segala, tapi mesti sambil dituntun. Giliran dicoba dilepas, ehh dia malah milih jongkok.

Emang sih ya banyak orang-orang yang percaya mitos, dengan kata lain mitos-mitos banyak bertebaran di masyarakat, terutama di perkampungan yang adatnya masih kental. Lalu cara-cara seperti yang disampaikan orang-orang kayak yang tadi di sebutin, termasuk mitos bukan yak?

1 comments:

mungkin termasuk mitos kali ya... kl sy dulu dikasih tau anaknya mau cpt jalan hrs sering dikasih air rebusa ceker aya (di bikin sop juga boleh). wkt anak pertama sih bener tuh. tapi pas anak ke-2 gak ngaruh. hehehe...