eVALUASi MeI

Ada keinginan untuk sedikit merunut ke belakang tentang beberapa kekuarangan dalam hal pengasuhan baby Zaheer alias pipi cabi *tapi udah gak begitu cabi lagee sech*.
Ini dia point-pointnya :

•> Zaheer kan kalo lagi jalan sukanya lari-larian. Gak peduli itu jalan rata atau nggak. Jadi kalo misalnya pas kebetulan jalan *lari* di tempat yang banyak batu kerikilnya, hampir bisa dipastikan jatoh *gedebuk*. Udah gitu, biasanya jatohnya itu meninggalkan kenang-kenangan ato tanda mata, kadang di jidat *benjol or nong-nong* atopun di lutut kalo pas lagi ga make celana panjang. Malahan boro-boro di jalan berkerikil, di rumah pun Zaheer masih sering jatoh, jadi nich pengasuhnya mesti bener-bener ekstra proteks.

PRnya : Bagaimana menanamkan/mengajarkan konsep kehati-hatian. Gak apa-apa masi kecil, mesti dicoba.

•> Kuantitas makannya yang masih agak susah. Seringnya cuma bisa nyampe7 suapan aja. Lanjutannya, dia mengunci rapat-rapat mulutnya, ato kalo gak, dilepehin. Perlu kerja keras. Tapi herannya kalo dikasi bubur, dia mau sampe abis bahkan bisa sampe mangkoknya bersih, ga ada sisa. Apa itu artinya Zaheer emang masih suka yang lembek-lembek, atau emang males ngunyah nih ya...Wah, kalo kayak gitu sich mesti diwaspadain nich. Atau bisa jadi menu makannya yang kurang enak kali yaa..

Hmmm, jadi PRnya : mamanya mesti banyak belajar masak lagi niy. Makanya buat para pembaca yang punya banyak resep menu for baby, bagi-bagi dunkz. Asli nich, butuuuuh bangetttt.

•> Kosa katanya Zaheer belum banyak. Sebenernya sich dia termasuk anak yang bawel. Ngomooooong mulu. Tapi yang udah bisa dimengerti belom banyak. Baru beberapa kata aja. Seringnya masih suka berbicara nunjukin sesuatu dengan kata yang seenaknya dia aja. Contohnya : untuk ayam, dia manggilnya ”oo”. Untuk pipis, dia nyebutnya ”ee”. Untuk sapi, dia bilangnya ”ati”. Untuk toke, dia manggilnya ”tote”. Dan banyak lagi yg lainnya yg seringnya sich asbun *asal bunyi*, sambil nunjukin bendanya. Tapi sebenernya siy lumayan juga, at least dia udah bisa mengekspresikan yang dia mau.

PRnya : mesti nyari-nyari cara-cara ampuh ngajari Zaheer kosa kata, selain memang mesti banyak-banyak ngajakin ngobrol.

Over all, Zaheer termasuk anak yang cepat banget tanggapnya. Sekali diajarin langsung nempel. Misalnya, gerakan adzan dengan kedua telapak tangan ditempelin ke telinga. Dia juga pernah liat mamanya ngurut-ngurut kaki, eeh dia langsung ikutan, berlagak ngurut-ngurut kaki juga *hihih..kayak kakek-kakek aja*. Zaheer juga udah bisa nunjukin bahwa ada yang bau dengan nutupin idungnya. Pernah juga pake bedak sendiri, gara-garanya pernah ngeliat mamanya bedakan *Oh no..kalo yang ini siy bahaya, harusnya kan kamu maskulin nak!*

Dan masi banyak lagi hal-hal lain yang sekali dia liat, bisa langsung dipraktekin.

4 comments:

Salam kenal juga mbak. Zaheer pinter ya kalo denger Adzan langung niruin. Kalo Pascal denger Adzan ribut nyuruh ke aku suruh bilang Allhamdulillah :)
mbak Blog nya boleh aku Link ya

Sbnrny bkn niruin sich mba,cm gerakan tangannya aja,.Hehe..

* soal sering jatuh, emang dah gitu..mau diapain, apalagi anak laki, biasanya lebih banyak gerak. kalo angie juga bandel, biarpun anak perempuan. suka ambil bangkut, manjat. kadang nginjak kain, terus kainnya dia tarik, jatuh sendiri, sempat kegigit lidah sendiri sampai luka. paling maknya cuman bisa terus2an ngingatin, dan ngikutin kemana aja dia jalan kalo lagi di luar. dan gak berenti2 ngingatin, awas, ada turunan..pelan2..dstnya.
* sama kok, angie juga masih lebih doyan bubur. kadang bisa makan sendiri. tapi belakang juga lagi susah, maunya main sambil makan. tapi mungkin lidahnya sakit (dari jatuh). jadi malas makan. ntar aku tulis lagi resep bubur+sayur+jamur..gampang. gara2 crystal kena HFMD, kudu makan bubur sayur.
* idem. angie belum bisa mengucapkan "k" ..semua bayi kayaknya melewati fasa ini. rata2 bunyi 'k' akan menjadi 't'. mom, kalo saya setiap ada kesempatan, sambil gendong2 angie atau nemani main, selalu ajarin ngomong: coba kamu bilang wo..yao..chi..fan.." (aku mau makan nasi). biasanya dia mau ngikutin ngomong. lucunya, cicinya ajarin ngomong sambil buka buku, dia juga mau niruin.
* anak dari usia 0-6 bulan punya memori paling hebat. anak2 cepat belajar, cepat niru. makan ortu kudu rajin mengeksplorasi dan mengekspos mereka. ajak baca buku/bercerita sejak dini.
*sori mom, dah banyak bacot nih..hehehehe

banyak juga pe er nya ya bu.... :D

waktu anakku umur 2 tahun juga sempet susaaahhhh. banget makannya. waktu aku konsultasi sama dokter, katanya anak umur segitu emang prioritas hidupnya adalah bermain. buat mereka, makan sama sekali ga penting. yang penting adalah main. jadi, kita mesti pinter2 bikin anak ngerasa kalau makan itu juga adalah "main"

hehehehe :D