aGAIn..

L agi-lagi Zaheer terkena batpil... Ini udah masuk hari kedua. Kalo kali ini pileknya yang agak parah. Batuknya sih gak begitu, hanya kalo pagi-pagi aja. Kalo udah kena batpil gini, biasanya matanya berair, mungkin karena pengaruh panas dalemnya juga. Dan kalo udah panas gini, biasanya Zaheer agak rewel. Apalagi malemnya, idungnya tersumbat = mampet, bikin tidurnya kurang nyenyak. Dan kalo udah kurang tidur, harinya Zaheer jadi kurang semangat.



Kayak siang kemaren, hampir seharian idungnya meler-meler terus, sampe-sampe itu tong sampah di dominasi oleh tissu bekas ngelap-ngelap ingusnya. Wuihh ada virus beterbangan di mana-mana...*didramatisir sih*. Belum lagi Zaheer yang sampe saat ini kadang-kadang masih suka keluar air liur (ngiler) atau dalam bahasa Sundanya biasa disebut ngelai. hehe... Alhasil, seharian itu mesti rajin-rajin gantiin bajunya karena kebasahan kena iler plus ingusnya itu.

Selain itu, Zaheer juga kadang-kadang nafasnya terdengar “grok..grok”, mungkin karena lendir yang berlebih itulah. Ditambah dengan saluran nafasnya yang masih sempit karena emang masih bayi, jadi nafasnya pun berbunyi. Saluran nafasnya termasuk yang sensitif dan memang kalo udah batpil, bisa agak lama sembuhnya, bisa nyampe semingguan lebih.

Makanya kemarin ayahnya, begitu tahu Zaheer sakit batpil, langsung aja beli obat yang kualitasnya lumayan oke katanya, ga pa pa jarak apotiknya agak jauhan juga, tetep diusahakan. Walopun aku pernah denger, sebenernya bayi yang batpil itu, dikasi obat bukanlah solusi utama.

Alergikah?


Gak tau apa penyebabnya, Zaheer termasuk anak yang agak sering kena batpil. Mungkin ketularan, mungkin juga alergi. Entah itu alergi sama debu, makanan ataukah alergi sama hawa dingin. Karena memang tempat tinggal kami termasuk daerah yang berhawa dingin. Makanya untuk yang satu ini, kalo emaknya telepon, tiap kali dikabarin bahwa Zaheer lagi sakit batpil, selalu bilang agar Zaheer tinggalnya sama emaknya aja di Cirebon yang memang hawanya lebih panas. Ya aku jelas nolak dunkz. Piye tho, ntar anaknya dimana.. induknya dimana...

Tapi sering juga denger dari orang-orang kalo anak usia segini (sebelum 2 tahunan) memang biasanya lagi sering-seringnya batpil. Biriwit kalo dalam bahasa Sundanya *hehe...Sunda lagi..Sunda lagi. Emang kite orang Sunda sich*

Trus kalo betul Zaheer memang alergi, apa harus dikasi imunisasi influenza aja kali ya? Yang aku baru tau bahwa ada imunisasi jenis ini dari bundanya ke2nai. Hare gene baru tau?! Yah, maklum lah, orang kampuang ‘n masih sedikit pengetahuan, ahk..ahk..ahk..

Over all, mudah-mudahan sakitnya kali ini gak lama. Cepet sembuh ya nak.. biar kita bisa maen-maen lagii..

4 comments:

Mamanya Zaheer, biasanya sih klo anak2 bapil, saya banyakin minum air putih anget sama vitamin c ( bisa makan jeruk ato dibikin minuman ) n satu yang nggak pernah ketinggalan : madu

Emang sih, hasilnya terlihat lebih lama dari obat kimia, cuman saya lebih milih cara diatas untuk mengurangi efek jangka panjangnya. Setau saya, klo anak2 sakit trus dikit2 langsung dikasih obat nggak bagus untuk kedepannya.

Perlu kesabaran extra saat anak2 sakit karena biasanya mereka rewel dan lebih manja dari biasanya. Dan seringkali kita lebih milih untuk ngasih obat dengan harapan anak segera sembuh.

Semua sih tergantung orang tua masing2, silahkan aja mau pilih yang mana...

Apapun pilihannya, moga2 pipicabi cepet sembuh ya...:)

Makasih bgt masukannya mba, sbnrnya aku jg dah ngusahain lbh bnyk ngasih air putih. Jeruk jg aku ksh tiap hr, untungnya Zaheer suka. Yg blm pernah aku ksh madu. Oke dech, aku coba yaa....

he..he..maap ya mbak, comentnya malah kesannya jadi kayak ngejudge gitu, padahal sih enggak :(

Saya percaya dan yakin 100% kok klo mama Zaheer pasti beriin yang terbaik buat Zaheer.

Delapan jempol deh buat mama Zaheer * yang empat pinjem ya :) *

It's okay, aku serasa diingetin koq, trutama yg soal madu,hslny lumayan..Thanx a lot.