BahasA

Kali ini soal penggunaan bahasa untuk percakapan sehari-harinya Zaheer, kami pilihkan bahasa daerah aja. Setelah menimbang dst, mengingat dst, memperhatikan dst, akhirnya memutuskan, kami gunakan bahasa daerah (Sunda) aja dulu untuk diajarkan ke Zaheer. Why?

Mungkin banyak ibu-ibu yang lebih memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama yang dikenalkan kepada anak-anaknya, dengan pertimbangan lebih mendunia, eh.. lebih meng-Indonesia deng, juga biar lebih mudah dalam bergaul dengan sesamanya dan biar nanti masuk sekolah kelak lebih mudah mencerna pelajaran, karena memang buku-buku pelajaran dicetak dalam bahasa Indonesia. Kurang lebih begitu. Okay.. aku akui itu alasan yang masuk akal.

Tapi nich, kami lebih memilih untuk mengenalkan lebih dulu bahasa Sunda, sebagai bahasa sehari-hari dengan alasan :

o) pertama, lingkungan kami menggunakan bahasa Sunda. Jadi kalo misalkan kami memaksakan mengajarkan bahasa Indonesia, maka mungkin hasilnya akan campur aduk. Parah-parahnya anak akan keder dengan bahasanya. Di rumah diajarin bahasa Indonesia, sementara lingkungan luar berbahasa Sunda. Padahal di usianya kan masih baru mengenal bahasa, belajar ngomong. Maka bukan tidak mungkin, anak hanya akan jadi jadi makhluk asing di lingkungannya sendiri dan tentunya akan terbatas dalam bergaul.

Lain halnya dengan anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan masyarakat yang memang menggunakan bahasa Indonesia. Di lingkungan seperti ini, membiasakan anak berbahasa Indonesia, gak masalah.

o) kedua, setelah melakukan penelitian (ceileeee…) terhadap beberapa anak tetangga (bukannya kurang kerjaan loh), yang di rumahnya dibiasakan bahasa Indonesia, itu ketika dia bermain dengan anak-anak lain seusianya, gak bisa supel, malah cenderung jadi anak pendiem bahkan pasif. Kemungkinannya adalah dia tidak mengerti pembicaraan atau memang mengerti tapi gak bisa menimpali. Hal ini juga yang menyebabkan temannya jadi kaku bergaul dengannya. Dan ujung-ujungnya gak jarang aku temuin anak tersebut bermain sendirian aja. Dan ini nyata sodara-sodara!

Soal mengajarkan bahasa Indonesia, kami pikir akan diajarkan pula nanti setelah kemampuan bahasanya lancar (mudah-mudahan di usia 3 tahun sudah lancar banget) dan kemampuan berkomunikasinya sudah oke. Soalnya, ya itu tadi sebagai persiapan bersekolah kelak, PG lah, TK lah atau SD dst. Di usia segitu insya Allah anak udah gak keder lagi dengan berbagai bahasa, dan bisa juga dibantu dengan tayangan TV anak. Mudah-mudahan.

Bagi yang mo sharing, silakan …

6 comments:

aku cenderugn setuju. ajarin sunda dulu, bhs ibu, biar bhs ibunya gak ilang.
aku kebingunan mau ngajarin bhs indo ke anak2. habis lingkungan gak ada 1 pun orang berbhs indo. susah. susah....
juga bingung, bhs ibuku tuh tiociu. mandarin itu "bahasa bapak"-nya anak2... bhs lingkungannya anak2. bingung deh mesti ngajarin bhs yg mana. krn sehari2 diasuh nenek dan kakek selama maknya kerja, mau tak mau..mandarin yg paling terekspos.

Gak apa2 Des ajarin bahasa sunda aja dulu. aku juga dulu gak bisa bahasa indonesia, tapi lama-lama bisa sejak masuk TK. Kumaha Zaheer tiasa ngobrol atuh sareng mama na pascal :)

Bener mom jangan kayak umminya Zalfa yg ortunya dr Solo tp gak bisa bahasa Jawa sama sekali cuma ngerti doank. Ummi sampe kuliah di Solo aja tetep gak bisa bahasa Jawa (kacian ya...)
Trus Zalfa gimana yaa...

Yah flexibel aja ...
Duh jadi inget nabilaku, ga bisa ngomong bahasa jawa, hidup pindah2.
Hais semua org ngomong ke dia pake b.indo gmn doonk

Menurutku gak masalah atuh mbak. Nanti kalau kak Zaheer mulai sekolah dan pengantarnya pakai bahasa Indonesia, Kak Zaheer lama2 juga bisa Bhs Indonesia. Kalau saya di rumah sih keseringan ngomongnya bahasa Indonesia. Lha ayahnya org mandailing, tetehnya orang sunda, jadi yaa.. terpaksa pakai bhs indonesia deh. Lingkungan kompleks juga bhinneka tunggal ika. Cuma di kantor saja dan nelpon sama Bapak Ibu Jogja, saya bisa menyalurkan bhs jawa saya :D . Ntar Dita juga pelan-pelan saya ajarin Bhs Jawa juga, biar kalau ngrasani Ayahnya, Ayahnya gak tahu hahaha

Dulu malah ada anaknya temen, krn ayah ibunya orang Jawa, anaknya diajarin bhs Jawa. Sampai2 kita2 ini kalo ngajak anaknya ngomong bhs Indonesia eh gak dibolehin ortunya, kudu bhs Jawa hehehe.

kayaknya emang harus bahasa pengantar sehari2 yg diajarin dulu...biar gak kuper heheheh.....emang zaherr teh tinggalnya dimana? ibuku juga orang sunda tapi aku gak bisa bahasa sunda huhuhuhu.....