dIAGNOSa

Lanjut cerita sebelumnya, sampe kemaren siang panasnya Zaheer belom turun juga. Maka sore harinya dibawa periksa ke dokter terdekat. Ketika memeriksa Zaheer, dokter tersebut menampakkan raut muka yang khawatir, karena katanya panasnya tinggi banget. Plus panas dalem.

Ngeliat dokter begitu keliatan khawatir, aku jadinya tambah panik. Apalagi ditambah diagnosa sementara, hasinya Zaheer mengalami gejala tipus (thypus). Betulkah? Dalam hati, ya Allah anakku yang masih baru berumur 15 bulan kurang sudah mengalami penyakit berat ini. Mudah-mudahan ini tidaklah seberat yang aku bayangkan ya Allah.

Tapi kata dokter, ga usah kuatir, ini hanya gejala ringan. Dikompres saja dengan air hangat kuku, dan sering dikasi minum, sekali-kali dikasi teh manis hangat. Obat yang diberikan berupa puyer yang terdiri dari campuran antibiotik.

Membaca di sebuah artikel tentang penyakit thypus ini, penyakit ditimbulkan dari kuman tipus yang tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Kuman ini bersarangnya di usus halus, dan bisa menggerogoti dinding usus. Usus luka, dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol, dan usus jadi bolong. Nau’dzubillah min dzalik.

Jadi kepikiran, Zaheer abis makan apa yah? PR : evaluasi makanan.

Ya Allah sembuhkanlah my Zaheer..
Allahumma rabban-naasi adzhibil ba'sa asyfi antasy-syaafii laa syifaa'a illaa syifaa'uka syifaa'an laa yughaadiru saqaman. Imsahil ba'sa rabban naasi biyadikasy syifaa'u, laa aasyifa lahu illaa anta, as'alullaahal 'azhiima, rabbal ' arsyil 'azhiimi an-yasfiyaka. Aamiin.

10 comments:

semoga cepat sembuh yah, zaheer. coba dibawa ke dokter kedua bu. supaya lebih yakin aja diagnosanya. maklum..sekarang suka gak yakin sama dokter2 indonesia. banyak dokter "gak baik"-nya. banyak dokter yang "UUD".

Semoga Zaheer cepat sembuh, ya Mama.
Paling khawatir jika anak sakit demam.
Aku setuju, nih. Untuk thypus, evaluasi pertama adalah pola makan. Biasanya anak yang susah makan endingnya di gejala thypus.

Zaheer cepet sembuh sayaank...
Kalo pengalaman temen2, katanya sering makan mie instan termasuk yg bikin tipes. Eh tapi zaheer kan baru 15 bulan ya bund ...

Moga cepat sembuh yah Zaheer.

Untuk makanan diberi makanan lunak aja, jangan yang susah dicerna, soalnya ususnya kan sedang luka.

Zaheer Sayang, cepet sembuh ya Nak, biar bisa main2 lagi...

aduhh masa sech zaheer kena typus...mdh2an ngga ya mom, smoga zaheer cpt sembuhh....

Ya Allah angkat smua penyakit yang ada pada Zaheer. Amin. Zaheer cepet sembuh ya

Hikkkkssss... Ka Zaheer sakit yach....

Cepat sembuh yach... biar bisa main bareng D' Baby

Aduuh...br kemarin gak nengok Zaheer eh gak taunya kamu sakit ya cayank....
Zalfa & ummi hanya bs mendoakan utk kesembuhan mu, cepet sembuh ya....

Zaheer gimana kabarnya hari ini?
Mudah2an sudah baikan yaa...
Memang panas naik turun itu mirip gejala typhus. Dulu waktu demam Vaya ga turun-2, kita juga sempat curiga typhus, tp ternyata bukan. Mudah2an cepat sembuh yaa...