Curhat Rumah Baru


Dah lama gak bisa posting.. Ada cerita menggembirakan, ada juga yang menjengkelkan. Ceritanya tanggal 26 kemaren, kami sekeluarga pindahan rumah. Yang awalnya kami hanya numpang-numpang di rumah ortu, rumah mertua dan rumah orang laen (heheh.. ngontrak maksudnya) , alhamdulillah sekarang dah punya yang permanen. Dengan kata lain kami udah punya rumah sendiri.

Maklum lah kita baru berumah tangga selama 2 tahun lebih dikit. Baru punya rumah sekarang. Karena emang sejak awal, prinsip kami ga mo nyusahin ortu kami. Pengen merintis sendiri dari awal. Walopun sebenernya, mertua juga udah beberapa kali nawarin tinggalnya di rumahnya aja, yang kelak rumah tersebut untuk kami. Tapi kami juga berpikir, pengen ada sesuatu yang bisa kami hasilkan, dengan jerih payah kami. Pengen ada sesuatu yang bisa diwariskan buat anak-anak kami kelak. Jadi ada semacem kebanggaan tersendiri.


Nah, kalo kami hanya menerima pemberian ortu, kan ceritanya laen, namanya juga rumah ortu, pasti selamanya disebut numpang, walopun kelak rumah tersebut akan jadi milik sendiri, misalkan. Dan aku juga termasuk orang yang gak enakan. Pasti gak bebas untuk melakukan suatu apapun, misalnya pengen jadiin rumah begini, atau pengen jadi gitu. Beda lagi kalo yang punya sendiri. Mo diapain juga terserah sendiri.

Kembali cerita soal rumah baru, rumahnya sich amat sederhana dan gak begitu luas. Terdiri dari 3 kamar, ruang tamu, ruang tengah, dapur dan kamar mandi. Untuk ruang makan, ditempatkannya di dapur aja sementara. Ada halaman depannya, ga luas-luas amat sih tapi cukup buat nanam bunga-bungaan, hobiku dan hobi suami. Rumah ini udah agak lama dibangun, so masih perlu rehab sana sini. Jadi belom bisa dipampang potonya. Ntar aja kalo dah rapi ya.

Soal lokasi, lumayan strategis, hanya terhalang oleh tiga rumah dari jalan raya provinsi, bukan di gang, tapi tepat di pinggir jalan desa. Rumahnya menghadap ke timur dan utara. Jadi rumah sehat, insya Allah. Hmmmh pokonya legaaa dech rasanya, akhirnya bisa punya rumah sendiri.

Itu cerita menggembirakannya. Kalo cerita menjengkelkannya, masih tentang rumah itu.

Begini, sebelumnya, rumah tersebut listriknya dipake buat di dua rumah, rumah yang sekarang dibeli dengan yang sebelahnya, punya adiknya. Nah, di awal akad, yang punya rumah menjanjikan, kalo setelah menerima uang secara tunai/lunas, akan langsung dipasangkan listrik satu paket lagi, terpisah dari yang lama. Oke, kita bayarlah secara langsung semua.


Setelah lunas, si pemilik rumah pulang ke rumah anaknya di Tasik, dengan catatan sebelumnya sudah menitipkan pesan sama adiknya untuk memasangkan listrik baru. Beberapa hari kemudian, adiknya dateng ke rumah, menyampaikan pesan si pemilik rumah bahwa pemasangan listrik ditanggung oleh kami. Tentu dong kita terkejut, ya kita gak terima lah.. Itu sama halnya dengan mengingkari perjanjian jual-beli rumah.


Karena udah keburu emosi kita pun langsung berniat membatalkan pembelian rumah, dan meminta uang kembali utuh! Si adik pemilik rumah tadi mengatakan (dari kakaknya) kalo uang penjualan rumah udah dipake beli tanah, ini dan itu, jadi intinya gak bisa dikembalikan. Huh..! dari situ kita bener-bener deh kecewa berattt.. merasa ketipu. Udah mah kita teh udah capek-capek pindahan, mana baru tau kalo airnya di musim kemarau gini suka agak seret, yang sebelumnya dikasi taunya lancar-lancar aja. Lengkaplah sudah kekecewaan kita terhadap pemilik rumah.
Langsung dech si ayah telepon-telepon temen-temennya, nawar-nawarin nih rumah. Karena emang udah bulet berniat dijual aja. Pokoknya kecewaaaa!

Di tengah-tengah kegeliasahan ini, baru teringat, ada sesuatu yaang hampir terlupakan, yaitu telepon langsung pemilik rumah, dan alhamdulillah ada nomor anaknya yang di Tasik. Maka tersambunglah ke si pemilik rumah. Dan ternyata ...! sesuatu agak mengejutkan, kata si pemilik rumah, bahwa dia gak membatalkan soal pemasangan listrik, bahkan akan mengurus sendiri katanya, sesuai kesepakatan, ditanggung olehnya. Dan dia janji tanggal empat Juli ini mo ke kuningan, dan mengurus-urus semuanya.


Hmmm.. plooong.. rupanya ini permainan si adik pemilik rumah, yang mungkin pengen mengambil keuntungan dari sini. Masya Allah... ternyata ada orang seperti itu, jadi pengen jitak tuh orang.


Dan moga-moga, si pemilik rumah (mantan maksudku) akan melaksanakan janjinya. Insya Allah, mudah-mudahan.


Oya, buat temen-temen blogger, aku n keluarga minta doa restunya, menempati rumah baru ini. Semoga rumah ini menjadi rumah yang pernuh berkah, rumah yang manaungi kami di dalam keluarga yang sakinah, mawadah warohmah. Amin.


Cat : Karena listriknya masih belom kuat berkompie ria (masih dipake di dua rumah), jadi mungkin gak bisa blogwalking tiap hari. Banyak absennya. Thanks all...

14 comments:

Selamat menempati rumah baru yah. Moga si mantan pemilik rumah bisa beresin semuanya dengan segera.

apapun permasalahannya selamat y.. udah punya rumah sendiri.. do'ain saya juga y spy cepet bs kebeli rumah sendiri.. hehehe...

sy sekalian jawab pertanyaan mama zaheer di sini aja y.. Kl sy sih gak ada batasan mbak harus umur berapa.. Semua berawal dr kebiasaan aja.. Misalnya kayak ngajarin anak2 gosok gigi. Awalnya cukup susah.. tapi saya biasain aja mulai dr melihat dulu. Tiap kali saya gosok gigi saya selalu ajak mereka..

Untuk membiasakan mereka suka makan juga gitu. Saya selalu makan di depan mereka..

Pokoknya saya sering liatin kebiasaan sehari2 aja. Termasuk sholat. Saya sih selalu ajak, tp kalo mereka blm mau y gak di paksa. Paling sesekali sy kasih tau.. Kalo pun sy lebih seringnya ngumpet2 kl sholat (abis banyakan di ganggunya). Tapi kan anak2 ngeliat org2 rumah lainnya yg pada sholat (kl sama org lain mereka gak terlalu ganggu). Lama2 mereka tertarik, lalu mulai sholat. Malah kadang kalo kita nunda2 sholat atau saya lg 'datang hulan' misalnya mereka dengan polosnya ering tanya "kenapa gak sholat?". Malah mereka suka bilang "kalo bunda gak sholat, aku juga deh.." Pdhl sy gak sholat kan karena lg dtg bulan. Jd hrs terangin ke mereka.. Tp intinya anak2 itu peniru sebenernya mbak.. Jd ya saya sih sering2 aja kasih contoh ke mereka.. :)

Alhamdulillah, aku ikut seneng mbak. Apalagi rumah mbak sudah jadi hak milik sendiri kan. Kalau status rumahku masih milik bank hehehe. Pemikiran mbak sama suami bagus banget, meski ada ortu dan mertua yang bisa ditumpangi, tapi tetep keukeuh punya rumah sendiri. Salut!

Setelah menikah, saya dan suami sempat ngontrak 10 bulan, dan bertekad tidak akan memperpanjang kontrakan alias harus punya rumah sendiri. Dengan modal sedikit nekad tapi rasional, Alhamdulillah kebeli juga rumah. Padahal waktu itu hitung2 an di atas kertas, kayaknya cash flow mepeeet banget. Yaa..1-2 th pertama, ngirit habis lah hehehe. Sekarang rumah masih ori, yaaa renov seperlunya. Pengiiin banget renov yang beneran hehehe. Tapi dana belum ngumpul nih.

Wah maaf, komennya puanjang banget, malah curhat deh. Bisa jadi 1 tulisan sendiri deh kalau membicarakan rumah hehehe.

Pokoknya selamat telah menempati rumah baru. Semoga rumah mbak sekeluarga menjadi berkah. Amin :-)

Allahmdulillah sudah menempati rumah sendiri ya, semoga betah ya.

Selamat yach udh menempati rmh sndiri... Bun kpn yach? Moga2 cpt ketularan... Amin.

mama zaheer ..selamat ya atas rumah baru nya .. semoga betah ya .. & masalah listriknya cepet terselesaikan ..

Alhamdulillah baru 2 thn berumah tangga udah punya rumah sendiri...mdh2an betah dirumah yg baru....tumpengannya jgn lupa ya dilempar ke jkt hehehe....

Selamat menempati rumah baru ya mom...Smoga apa yg mama harapkan dari rumah itu segera terlaksana & Zaheer betah dilingkungan barunya. Kapan ya Zalfa punya rumah sendiri??? (he..he..he..)

Apapun yang terjadi Selamat Menempati Rumah Baru dan semoga semua menjadi Indah pada Waktunya amin....

Selamat ya mbak..
Mau kecil atau besar, asal rumah sendiri rasanya memang beda ya :)
Smoga rumahnya membawa berkah dan sekeluarga betah didalamnya.
Smoga juga yg nulis komen ini juga ketularan punya rumah sendiri, amin.. Hehehe...

Dengan hormat dan rasa bangga saya hadiahkan award bagi adinda.Mohon dilihat di blog saya.Semoga award ini bisa memacu semangat untuk berkarya lebih giat dan menghasilkan artikel-artikel yang bermanfaat dan berkualitas lainnya.
Selamat dan salam dari Surabaya.

Alhamdulillah selamat ya, Mbak udah nempatin rumah barunya, moga urusan listriknya jg selese secepatnya. Emang paling enak tinggal di rumah milik sendiri, bebas mo ngapa2in walopun kecil...tp kyknya rumah zaheer mayan ga kecil2 amat tuh kamar tidurnya ajah 3 hehehe...selametannya kapan nih, mau nasi tumpengnya ya

yup, senengnya dah menempati rumah sendiri. selamat ya...
semoga krasan,wong dah di rumah sendiri. Mau ngapa-ngapain bebas hehe..
aku juga nyaman di rumahku sendiri, walo kecil tapi bebas mau ngapa-ngapain...

selamat menikmati rumah baru. semoga tenteram, sejahtera dan rejeki selalu berlimpah. juga Zaheer dapat tumbuh gembira, sehat dan cerdas. amin!
moga juga mantan pemilik bisa cepat2 beresin semua masalah yang ketunda.