Dulu dan sekarang

Kali ini mamanya yang mo diceritain, sedikit memflash back. Gak papa kan? ... sah sah aja. Hmmm kalo diingat-ingat lagi, tentang masa lalu. Tentang masa-masa remaja dulu. Dibandingkan dengan sekarang, tentunya buanyaaaak banget perubahan. Ya iya lah! Namanya juga orang hidup. Mesti berubah.

Dulu ... aku termasuk orang yang gak terlalu suka anak kecil, dan gak terlalu peduli. Kadang kalo ada anak kecil lewat, seringnya aku cuek aja, kadang nyapa juga sekenanya. Pernah di suatu angkutan umum yang aku naikin, ada anak kecil yang barangkali kurang suka dengan aroma bensin mobil, dia muntah/olab, tepat di dekatku. Saat itu aku merasa jijik bukan main. Aku pun sampe pindah tempat duduk, tanpa mempedulikan perasaan ibu anak tersebut.

Bahkan, saat adikku masih bayi, boro-boro ngajak maen kemana gitu, ngasuh pun bisa dibilang jaraaaaang banget. Hingga saat aku kerja dan gak tinggal di rumah lagi untuk beberapa saat, aku sama sekali gak tau perkembangan adikku itu. Tau-tau udah gede. hehe... Duh.. kakak kurang asem ya!

Dan ... sekarang, setelah aku menikah dan ada Zaheer, berbalik 180 derajat. Naluri keibuanku serasa muncul gitu aja. Gak jijian lagi sama yang namanya muntahan bayi, malah sering kena muntahnya, rela. Begitupun sekarang aku juga ikhlas dipipisin sama bayi. Aku juga jadi care banget sama anak-anak, terutama anak kecil.

Sanggup menghibur anak kecil yang lagi nangis, bisa merasa iba saat menonton tayangan ada anak-anak golongan gizi buruk, tidak tega ketika liat tayangan ada bayi yang sampe membiru bahkan meninggal karena ditinggal ibunya di tempat sepi. Rasanya sediiiih banget saat melihat tayangan tentang banyaknya ditemukan mayat bayi di tempat sampah atau pun di sungai. Mataku bisa sampe berkaca-kaca kalo mendengar berita-berita semacem itu. Aku bahkan bisa sampe menangis membaca cerpen tentang seorang bayi yang dibuang ibunya dalam keadaan masih berlumuran darah dan dengan sebagian ari-ari masih menempel karena baru lahir.

Mungkin perasaan-perasaan ini sudah pasti dirasakan semua ibu/wanita. Sungguh hebat yah, menjadi seorang ibu. Dulu aku mana pernah seperti itu. Beda banget sama ayahnya Zaheer yang emang penyayang anak kecil dari dulunya. Makanya aku bersyukur banget, bisa merasakan perasaan kodrat seorang wanita/Ibu. Gak kebayang kalo misalnya sampe sekarang aku masih sama kayak dulu. Huaaahh bisa kacau dech mengurus Zaheer.

Hmmm... ngomong-ngomong soal Zaheer, alhamdulillah sekarang udah betah sama pengasuhnya yang ini. Oya, nama pengasuh yang sekarang Ibu Enjun. Yah mudah-mudahan Zaheer baik-baik aja bersamanya.

8 comments:

Allhamdulillah ya kalau sudah berubah. Memang begitu kok sejalan dengan waktu kita bisa berubah total. Berarti sekarang sudah di sukai anak-anak dong :)

hebat mom! sudah berubah total!
aku masih gak tahan bau muntahan lho. aku bisa ikutan muntah. jadi diakalinnya, pas bersihin, tahan napas atau nutup hidung dg kain. bersihin sih gak jijik. ponakan muntah aku juga sering bantu bersihin. tapi memang gak suka baunya. makanya juga gak suka yoghurt, yg menurutku baunya rada mirip.

iya mom, kalo udah punya anak jadi sensitif yaaa....naluri ke-ibu-an nya tiba2 muncul...mdh2an kita bisa mendidik anak2 kita dgn sebaik2nya...tdk menyia2kan amanah yg sdh ALLAH berikan.

Jadinya perubahan yang lebih baik kan mam. Tapi memang kalau sudah menjadi seorang ibu, empati ke anak kecil jadi kian besar. Soal nanny, ikut senang Kak Zaheer sudah cocok dengan pengasuh barunya. Jadi tenang ya mam, kalau ninggalin kerja :-)

Emang udh hukum alam ya mam, kalo kita dah punya anak sendiri empatinya jd besar banget. Orang yg paling begajulan pun pas punya anak naluri keibuannya akan muncul dan bs jd ibu yg baik buat anaknya. Sama dengan ke ibu kita, dulu mungkin kita suka nggak nurut omongan ibu ato ortu, pas dah ngrasain perjuangan melahirkan jd rasanya tambah sayang sm sosok ibu hehe.. :)

Btw ini berlaku jg buat laki2 lho, naluri kebapakan. Sepupuku, cowo, ada yg dulunya nakal banget, nglawan ortu, liar pokoknya. Pas pny anak, subhanallah dia jadi bapak yg hebat buat anaknya, family man bngt, pembela kluarga. Moga2 kita smua bs menjaga amanah ini ya :)

iya ya klo udah ada anak, naluri keibuannya muncul, aku jg dulu jijikan, skrg siy, cebokin ponakan aja mau

Ternyata menjadi ibu bisa merubah watak seseorang ya....
Tapi emang bener begitu seorang wanita melahirkan otomatis naluri keibuannya muncul, tapi ada sebagian yg tertutup dengan hawa nafsu makanya ada ibu yang tega membuang bahkan membunuh bayinya. Na'udzubilah min Zalik....
Semoga kita menjadi ibu yg bisa mengantarkan anak kita menjadi orang yang sholeh dan sholeha, Amin....

Setuju say. Emang bener begitu seorang ibu yg sudah melahirkan otomatis naluri keibuannya muncul ya... mungkin jg sebagai wujud rasa syukur dan bahagia ya karena sudah diberi karunia yang sangat indah ini. jadi rasa jjknya ilang deh..:) :)