Kekuatan ASI

Ceritanya gini, siang kemaren pas aku lagi ngasih Zaheer ASI, sambil ngelonin bobo siang, gak tau kenapa tiba-tiba memoriku melayang, inget sesuatu yang bikin aku sedih, sampe membuat mataku berkaca-kaca. Tentang sesuatu itu gak akan aku certain disini yaa.

Dan secara tiba-tiba juga, Zaheer yang udah hampir nyenyak tidurnya, nangis tanpa sebab alias gak diapa-apain. Waduh! Maka segera aku usap genangan air mata yang tadi sempet siap-siap meluncur. Mengembalikan perasaan dan emosi jadi datar lagi. Dan… Zaheer pun berhenti menangis, menghisap ASI lagi dan tidur lagi.

Hmmm… satu lagi, manfaat dari pemberian ASI oleh seroang ibu kepada anaknya. Yaitu bisa membina hubungan batin yang kuat antara ibu dan anak/bayi. Anak akan mampu merasakan perasaan seperti yang dirasakan ibunya. Perasaan-perasaan saat menyusui inilah yang merupakan salah satu pembantu perkembangan emosional anak. Jadi aku harus berusaha agar selama masa menyusui, harus selalu terhindar dari pikiran-pikiran negatif dan perasaan-perasaan sedih, karena akan berpengaruh juga pada kuantitas ASI.

Kabarnya, anak yang memiliki hubungan batin yang kuat bahkan bisa merasakan perasaan ibunya hanya lewat tatapan mata. Jadi, walopun seorang ibu bermuka manis pada anaknya, padahal hati sedang marah, maka anak akan merasakannya. Begitu juga sebaliknya, seorang ibu akan mampu merasakan bahwa anaknya sedang sakit, senang, berbohong, ataupun sedih dan sebagainya.

Betul-betul hebat yah! Kereeeeen pokonya mah lah… Jadi buat para ibu-ibu yang masih menyusui, Ayo semangattt! Untuk tetap terus memberikan ASI, sampe saat menyapih pada masanya nanti. Dan buat para calon ibu, jangan ragu-ragu untuk mempersiapkan sedini mungkin, agar nanti bisa memberikan supply terbaik buat anak-anak, yaitu ASI, salah satunya dengan menjaga pola makan yang baik.

heheh.. kok jadi ke pola makan sich? Padahal aku sendiri pun masih acak adul pola makanku. Yah, saling mengingatkan aja. Mariii…

11 comments:

jadi makin semangat kasi ASIX

ayooo bersemangaaat...hehehe...

Hiks sedih ... Farras gak minum ASI dari umurnya 5 bulan .. selama minum ASI pun di perah bukan dari PD ku .. Bahagianya mama Zaheer bisa nyusuin Zaheer mpe sekarang .. selamat ya Mom ..

Setuju Mbak. Saya juga sangat percaya kekuatan ASI dari segala aspek. Untuk daya tahan tubuh sampai mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Makanya sampai jungkir balik gak papa lah, yang penting anak tetap mendapat hak ASI nya setidaknya sampai 2 th (Dita baru mau 13 bulan, kurang 11 bulan lagi....masih lama euy!!). Ya...kita saling menyemangati deh.. :-)

semangat terus ya mom kasih ASinya
salam kenal :D

Duuuh ahagia banget ya MOm bisa kasih Full ASI tuk Zaheer, salut banget deh utk semua good mother who has did it.

keep semangat ya mom kasih ASInya...

setuju bgt.. ASI is the best ya..

btw, kl mau tau byk ttg HS salah satunya bisa dipelajari di blog ini mbak http://www.sumardiono.com/index.php?option=com_content&task=section&id=4&Itemid=107

hidup ASI. anugrah terindah adalah bisa memberi ASI buat anak kita. Alhamdulillah kita dianugerahi itu..

aku juga mau kasih ASI lagi nanti (hihihi padahal belum ada anak lagi)

wah, ternyata bisa menguatkan ikatan batin yah!

Zalfa aja yg cuma dpt ASI 3bln, ikatan batinnya lumayan kuat ( ngerti, terutama kalo umminya lagi kesel Zalfa jd rewel he..he..he..)
Apalagi Zaheer yg masih dpt ASI sampe sekarang.