He Knows That I am Angry

Ada satu lagi perkembangan Zaheer akhir-akhir ini. Udah bisa menilai emosi orang lain. Salah satunya rasa marah.

Pernah suatu kali Zaheer mecahin gelas beling, yang sebelumnya udah aku wanti-wanti agar tuh gelas disimpen (info : tingginya Zaheer udah bisa ngeraih gelas-gelas di rak, karena raknya emang agak pendekan), dan ini udah terjadi beberapa kali. Kali ini aku sengaja pasang muka kesel/marah di depannya.

Dan... Zaheer pun selama beberapa menit cuma merengut, diem. Keliatannya dia ngerti kalo mamanya lagi kesel. Aku sich sengaja, buat pelajaran juga kalo ngelempar gelas itu tidak baik. Mudah-mudahan Zaheer bisa ngerti, yah pelan-pelan.

Lain waktu pernah juga ketika Zaheer lagi mimi ASI, dia gigit PD. Pake tenaga lagi gigitnya. Duuh rasanya sakit bukan main. Senut-senutnya sampe kerasa agak lamaan. Soalnya giginya udah banyak, gigi depannya juga udah lengkap. Jadi bisa dibayangin dech gimana rasanya.

Saat itu secara refleks aku teriak kenceng ’aawww’. Dari situ aku pasang muka marah. Maksudku sich biar Zaheer ngerti kalo itu tidak baik juga, dan biar gak diulangin lagi. Waktu itu Zaheer terus diem dengan muka yang hampir-hampir mo nangis. Sengaja aku biarkan selama beberapa menit lah, buat pelajaran aja, sekali-kali.

Tapi lama-lama aku malah gak tega juga ngebiarin Zaheer yang cuma diem aja karena merasa disuekin sama mamanya. Mungkin gak tau apa yang mesti diperbuat., pengen deketin mamanya, tapi dia tau kalo mamanya lagi kesel.

Setelah ku anggap cukup, baru dech aku samperin Zaheer. And ... peluk dan cium.

Maapin mama yaa nak. Mama cuma ingin kamu belajar, bahwa gak semua hal boleh dengan bebas dilakukan. Belajar dari kecil ga da salahnya.

Yang masih aku pertanyakan, boleh gak ya pembelajaran seperti itu, dengan menunjukan rasa kesal, untuk memberitahukan kalo sesuatu itu gak baik dilakukan, selain dengan membicarakannya secara komunikatif. Silakan sharingnya.

8 comments:

kalo saya, misal ada yang perlu diberitahukan ke Aliyyah kok mendhing ngomong langsung ya ... misal saat aliyyah nenen terus gigit PD saya, saya bilang .... aduh ALiyyah jangan digigit dong sayang, bunda sakit nih. Nanti kalo digigit nenen bunda luka ... kalo luka, ntar Aliyyah ngga bisa nenen lagi. Aliyyah mau ngga bisa nenen bunda lagi ? Biasanya sih Aliyyah ketawa (seneng kali bikin bundanya teriak aduuuuuh, hihihi), tapi terus ngga gigit-gigit lagi. Saya lebih suka ngomong langsung karena kebetulan Aliyyah sendiri tipe anak yang sangat perasa, jadi kalo saya cemberut ato diam (yang menunjukkan saya marah) dia sangat sedih dan mendadak nangis :(

Aku biasanya diomongin dulu baik2 ke kyara. Ada yang langsung diturutin, ada juga yang dia ulang terus perbuatannya berkali2. Kalo udah ngeyel nggak bisa dibilangin, baru deh intonasi suaraku mulai ditinggiin dan biasanya mempan dia nurut. Tapi kalo gak mempan dan tetep dilakuin juga, baru deh intonasi suara tinggi+sambil berhadapan supaya dia liat muka ku dan tau kalo kali itu mamanya memang marah.
Pernah dia nangis, aku diemin dulu beberapa saat baru ku peluk. Sebetulnya tegas itu kan diperluin ya mbak, supaya anak belajar disiplin asal kita tegas pd tempatnya. Tapi memang tiap anak beda2 kok penanganannya, ada yg dibilangin sekali nurut dan ada yg hrs berulang2.

sah sah saja membuat anak jerah agar tidak mecahin barang dengan cara cemberut kayak gitu tapi jangan sampai berlebihan,,zaheer kaan jadi takut buat deketin mamanya lagi hehe..yaa moga saja zaheer cepet ngerti biar mamanya enggak cemberut mulu,,kaan nanti malah cepet tua hiiiii

Sebelumnya emang aku udah coba dibicarakan baik-baik kayak gitu, tapi Zaheer malah ngeyel, kayak yang gak mau tau. Hal tersebut udah beberapa kali berulang. Tapi yah namanya juga anak-anak, barangkali emang perlu pembelajaran secara terus-menerus untuk memahami bahwa ada hal-hal tertentu yang gak boleh dilakukan. Walopun secara garis besar, Zaheer udah mengerti tentang larangan, tapi ngeyelnya itu yang kadang mendominasinya.

Kalau saya suka gak tega. Walau secara gak sadar pernah kesel dengan intonasi tinggi, biasanya kalau saya lagi capek hehehe. Tapi memang namanya juga anak2, kadang kalau dilarang malah makin sengaja melakukannya. Jadi kalau saya juga saya kasih tahu pelan-pelan. Kalau Dita saya cemberutin dengan pura2 marah, tahu aja kalau saya pura2. Malah ketawa ngikik. Jadinya gak jadi marah malah ketawa deh :-)

namanya anak2 suka nya jatuhin sesuatu :) Pascalaja yang udah besar kadang begitu, nanti dia ambil lap untuk dibersihin

sama mbak, sy juga biasaya sy ksh tau dulu.. kl gak bs juga br sy pasang muka gak suka.. bahkan kl berkali2 msh di lakukan suka sy ksh time out duduk di kursi slm bbrp menit (sesuai umur mereka aja). Tp abis itu sy selalu peluk mereka lagi trus sbl jelasin lagi ke merak knp mereka hrs kena tegur bahkan hukuman.. Jd biar mereka ngerti juga apa salahnya mereka & mereka gak berpikiran kl bundanya marah itu krn udah gak sayang.. :)

mungkin umur segitu mang masanya ngeyel kali mom .. farras juga gitu jarang banget dengerin kalo aku kasih tau , malah kadang kadang galakan dia .. he he