Soal BB

Cerita waktu kemaren Zaheer ke posyandu, rutin penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Awalnya aku pikir karena udah sakit-sakitan, BBnya kali ini akan turun. Tapi ternyata enggak. Malahan naik. Walopun cuma 1 ons, dari 10 jadi 10,1 kg. Ga pa pa lah yang penting ada peningkatan, bukan penurunan.

Masalah BB ini kalo dulu waktu usia masih di bawah 1 tahun, gampang banget naiknya. Bahkan pernah naiknya itu sampe 1,7 ons dalam waktu kurang dari sebulan. Tapi setelahnya usia 1 tahun lebih, penambahan BBnya itu agak seret.

Penyebabnya sich aku kira karena anak yang sudah di atas 1 tahun memang lebih banyak aktifitasnya. Sehingga lebih banyak juga pembakaran kalorinya.

Hal ini memang terbukti dengan membandingkan antara anak yang aktif dengan anak yang pendiem. Anak yang aktif bermain kebanyakan badanyya lebih kecil (bukan kurus) dari anak yang lebih banyak diem. Anak pendiem cenderung kurang aktifitasnya sehingga kalori yang terbakar sedikit, jadinya asupan yang masuk lebih banyak ke pembentukan berat badan.

Tapi, biasanya nich, menurut pengamatanku juga (sok jadi pengamat ), anak yang aktif walopun badannya lebih kecil, itu lebih kenceng tangan dan kakinya. Beda lagi sama anak yang diem, walopun besar tapi terkesan lembek.

Jadi nich, buat para ibu-ibu, para emak-emak, yang BB anaknya biasa-biasa aja, gak usah kecil hati dan gak perlu risau. Asal tetep pastikan, penyebabnya itu memang karena mereka (anak-anak kita) banyak aktifitasnya. Dan pastikan juga BB nya itu tepat sesuai dengan usia dan seimbang dengan tinggi badannya, alias tidak kurang atau tidak kurus.

Silakan sharingnya ...

6 comments:

bener juga pengamatan yang mbak lakukan *halaah*..emang kalo bayi yang aktif itu terlihat berotot dan kekebalan tubuhnya pun bisa terjaga dengan meningkatnya otot-otot dalam tubuhnya

Aku kirain tadi 'BB' itu artinya 'BlackBerry' eeh ternyata berat badan tooh hehehe

bukan berarti berotot. tapi lebih kenceng gt cing..

Setujuuuuuu, badan langsing bukan berarti berat badan kurang. Sepanjang nutrisi dan gizi anak terpenuhi, keknya kita ga usah khawatir anak kita "kurang" dibandingkan teman2nya. Biar langsing/kecil badannya yang pentig sehat, kuat, aktif, dan lincah ya mam ... hehehe

Setuju mama zaheer..
Termasuk kyara nih sejak umur 1th kenaikan bb nya seret hahaha..
Dulu sih awal2 sempet kuatir karena dibawah 1th kenaikan bb nya kan pesat banget, lha setelah umur 1th kenaikan bb nya jadi kayak keong hehe..

Tapi DSA kyara berprinsip jgn liat anak sehat atau nggak cuma dari bb nya aja karena banyak faktor yg mempengaruhi misal gen nya. Kalo emang keturunan ato gen nya gak bakat montok ya mau gimana lagi. Jadi gak usah kuatir sepanjang anak kita aktif, perkembanhannya bagus sesuai dgn umur dan sehat.

Pokokna gak usah kecil hati kalo anak kurang montok. Tiap anak kan beda2 yg penting sehat ya.. Buat apa montok tp sakit2an. Kalo terlalu gemuk malah nanti udah hesenya bingung mau ngelangsingin hihihi..

wah masalah BB emang seru kalo diomongin. kayak ikhsan, BB diatas 1 th susah banget naek. Kisaran naek cuma 1-2 ons aja tiap bulan. sempat deg-degan juga ngeliat ni anak kok badannya ga gemuk2 ya? (soalnya ngebandingin ama nak tetangga yang rada gendut hihi)

kata DSA Ikhsan,yang penting BB anak masih diatas garis hijau pada KMS. alhamdulillah ikhsan masih diatas garis hijau, walo mepet hihi

Soal BB sempet bikin ummi khawatir juga karena Zalfa lahir aja cuma 1 kilo tapi emang gak bisa gemuk mo gimana lagi padahal makannya lumayan tapi alhamdulillah bisa dibilang Zalfa jarang sakit dan anaknya lumayan aktif. So Zaheer gak pa2 gak gemuk ya...yang penting sehat & pinter.