Mudik Dulu

Idul Fitri tinggal menghitung hari. Gak kerasa bulan Ramadhan ini begitu cepet, akan segera berlalu. Sedih dan gembira bercampur baur. Gak henti-hentinya memohonkan pada Sang Maha Kuasa, agar bisa dipertemukan lagi ke Ramadhan berikutnnya.

Orang-orang rame-rame bikin kue-kue. Di toko-toko juga pada sesek, terutama toko pakaian. Pasar-pasar juga gak ketinggalan, makin rame dengan para pembeli dan penjual lama maupun dadakan. Semua sibuk mempersiapkan hari yang dinanti, hari dimana umat muslim kembali meraih fitri.

Dan satu lagi, masjid-masjid pun tiap malam dipenuhi dengan orang-orang yang i'tikaf, mengharap anugerah malam seribu bulan.

Jalan-jalan raya hampir gak pernah lengang lagi, sesak dengan para pemudik.

Dan kini saatnya kita mudik.

Buat temen-temen, walopun masih beberapa hari lagi, Aku, ayah dan Zaheer, dengan segala kerendahan hati mengucapkan

Selamat hari Iedul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Semoga kita semua bisa meraih derajat taqwa. amin

Photobucket

Kena Diare

Ramadhan kali ini rasanya kok agak berat buatku dan Zaheer, mungkin. Awalnya bisa jadi gara-gara aku juga sich. Tiap berbuka puasa hampir selalu ada menu es nya. Abisnya, gak nahan banget buat gak menghadirkan yang satu itu. Tanpa memikirkan akibatnya. Buatku dan buat Zaheer.

Dan… terjadi juga, tanggal 8 September aku kena diare. Yah aku pikir dari situ salah satu penyebabnya. Seharian bolak-balik WC. Besoknya, tanggal 9 September Zaheer ikut-ikutan kena diare juga. Apa mungkin nular dari ASI yah? Gak tau lah. Langsung aku kasih oralit aja. Aku juga minum obat diare. Dan alhamdulillah hanya berlangsung 2 hari diareku sembuh. Tinggal kembungnya aja yang masih suka kumatan.

Masalahnya Zaheer sampe 24 jam belom sembuh juga. Tiap kali baru selese dibersihin pup nya, keluar lagi, cair. Dibersihin lagi, keluar lagi. Begitu terus sampe beberapa kali. Mendingnya, Zaheer seneng minum, jadi ga sampe lemes-lemesan karena kurang cairan.

Tanggal 10 September, karena BAB nya masih keseringan, kami bawa Zaheer ke DSA nya. Dikasi obat, terdiri dari anti biotik, oralit dan obat kembung. Hanya selang sehari, diarenya sembuh. Dua hari aku masih kasih obat itu. Mastiin emang udah bener-bener sembuh, baru aku stop pemakaian obat. Pup udah normal lagi, makan juga udah biasa lagi. Plong donk rasanya.

Ternyata itu gak berlangsung lama. Tanggal 15 September Zaheer panas, batuk dan pilek. Aku coba home treatment dulu, gak langsung ke dokter. Tapi besoknya, penyakit malah berkembang, Zaheer diare lagi, tapi kali ini pup nya ada darahnya. Ya, disentri. Semakin sering BAB, semakin sering dibersihin, semakin sakit anus nya, soalnya tiap kali dibersihkan Zaheer nangis yang menandakan kalo daerah tersebut dirasa sakit. Sementara oralit diberikan, parecetamol dan obat baptil juga masih berlangsung.

Karena hari ini masih diare (+ berdarah) juga, maka kami kembali berkunjung ke DSAnya. Dan vonisnya memang disentri. Sedikit browsing-browsing tentang disentri, bisa diliat di sini. Penyebabnya bisa karena kuman yang masuk ke tubuh lewat makanan. Aku pikir-pikir dulu, makanan yang mana yaa? Bahan evaluasi lagi nich.

Soal BB, otomatis turun. Dengan diarenya plus muntahnya plus makannya yang gak teratur. Yang tadinya 10,3 kg sekarang tinggal 9,5 kg. Berarti turun 8 ons. Cepet amat yah.

Hhhhh... Apa pun penyebabnya, mudah-mudahan Zaheer segera sembuh. Amin, ya Allah.

Soal kaitannya dengan puasa, selama Zaheer panas dia pengennya terus-terusan mimi ASI, dikasi susu formula jadi gak mau, nolak mulu. Makan juga jadi gak teratur, sedikit yang masuk, dimuntahin lagi. Jadinya, dengan agak terpaksa aku gak puasa selama beberapa hari. Yaaah…bolong dech! Gak papa lah… kasian Zaheer, asupan yang bisa masuk selama sakit cuma ASI, jadi kuusahakan kualitasnya harus bagus dan banyak, dengan tidak berpuasa dulu.

Cepet sembuh ya sayang… Kan mo lebaran…

Photobucket

Sepeda Baru

Sebenernya udah lama pengen beliin Zaheer sepeda roda tiga. Baru kesampean n baru sempet kemaren sore. Begini nich penampakannya. Mudah-meriah, yang penting awet. Aku pikir anak kecil modelan Zaheer ini akan cepet bosennya.


Zaheer sich so pasti, senengggg banget.

Photobucket

Zaheer Hari Ini

Sedikit meng-update tentang Zaheer saat ini.


  • Alhamdulillah sehat, makannya udah banyak dan bisa abis. Makanya sekarang pipinya juga agak cabi. Walopun masih gak secabi dulu.

  • Menu pavoritnya sayur asem (melinjo), hehehe… gak elit banget sich!

  • Lagi seneng-senengnya mainin lidah. “tak..tak..” kira-kira gitu bunyinya.

  • Kebiasaan ngelipet jari. Tapi aku gak dapet-dapet photonya. Jadi jari yang tengah itu ditumpangin di jari telunjuk. Seperti berbelit. Kali orang yang baru kenal kalo liat, pastinya nyangka, nih anak cacat tangannya. Na’udzubillah.


Awalnya sich barangkali dari coba-coba, ga da yang ngajarin. Lama-lama kok jadi kebiasaan. Terutama di saat-saat Zaheer gak lagi pegang apa-apa, itu otomatis jarinya ngelipet seperti itu. Tapi kalo lagi pegang barang atau lagi tidur sich enggak. Tiap kali dipaksa dilepasin lipetannya, pasti marah. Sekarang sich lumayan udah gak sesering biasanya yang kayaknya hampir setiap saat. Hanya sekali-kali.


  • Males gosok gigi, tepatnya sich ga mo gosok gigi. Susaaah amat kalo diajarin gosok gigi. Padahal biasanya suka. Tapi akhir-akhir ini, malah baru liat sikat giginya aja udah mengunci rapat giginya. So, kepaksa dech ada acara pemaksaan yang berbuntut tangisan.

  • Masih belajar makan sendiri, dan masih banyak berantakannya ketimbang yang masuk ke mulutnya.

  • Makin banyak perbendaharaan katanya, walopun kebanyakan masih belum sempurna pengucapannya. Masih belom bisa nyebutin huruf /k/ , /l/ dan /r/

  • Udah hafal konsep rasa gatel, dingin, gerah, panas, enak, sakit dan takut berikut nama rasanya.

  • Kalo bikin kesalahan, misalnya ngejatuhin (dengan gak sengaja) barang yang lagi dipegangnya biasanya bilang “eh!”

  • Ada satu kebiasaan akhir-akhir ini yang agak sedikit nyebelin, ngupil dengan telunjuk, trus telunjuknya dimasukin ke mulut. Alias dijilat. ihhhh… gak banget dech! Gak tau siapa yang ngajarin. Makin dilarang malah makin disengajain dilakuin. Zaheer…zaheer…!

Photobucket