SELAMAT JALAN ABAH n EMAK

Eits, jangan salah persepsi yaa... Bukan mo ngabarin berita duka kok. Malah berita gembira. Ceritanya tanggal 28 Oktober 09 kemaren, tepatnya hari Sumpah Pemuda, kami mengantar Abah dan emak berangkat ibadah haji, ke pusat kabupaten doank siiih. Gak tanggung-tanggung, yang nganter sampe 11 mobil. hihi... sedesa dibawa semua kalee.

Di mobilnya sich adem, secara ntu mobil AC, tapi pas nyampe TKP, wuihhh puanas buanget, orang hampir sekabupaten tumplek semua di situ. Yang berangkat haji nya kurleb 868 orang, dibagi ke 2 kloter, yang nganternya seluruh keluarga. Alhasil jalanan macet total, merayap.. Zaheer sich seneng-seneng aja, yang belom ngerti apa itu macet. Yang penting baginya, lagi naek mobil dan ketemu kuda-kuda andong. heu...heu...

Tapi kita tetep seneng juga, walopun udah berhaus-haus karena emang berpanas-panas. Yah siapa tau kecipratan, dengan harapan mudah-mudahan suatu saat kita juga jadi salah satu dari hamba-Nya yang dapet kesempatan jadi tamu-Nya.

Ngomong-ngomong, liat-liat orang-orang yang mo pada berangkat ibadah haji taun ini, ternyata yang masih muda-muda juga banyak loh. Aku pikir, hebat juga yah mereka, yang masih muda-mudi udah bisa berangkat haji. It’s verry wah! Salut lah pokoknya. Waduuuh aku jadi ngiler nich. Kapan yah dapet giliran? Insya Allah... gak ada yang gak mungkin kok. hehe...

Any way Selamat jalan emak dan abah, semoga selamat sampe tujuan.. (udah nyampe sich), mudah-mudahan sempurna ibadah hajinya dan menjadi haji yang mabrur setelah kepulangannya. amin.

We’ll be missing u...

Photobucket

SI BIANG KERINGAT (part 2)

Seminggu ini di blogroll ku ada beberapa blog yang gak ke-update postingannya. Begitu juga blog ini. Di beberapa blog temen, blog ku ini masih tercatat dengan postingan yang lama, alias gak up to date juga. Tanya kenapa!? Ada yang tau?

Well, ke topik utama …
Belum menemukan cara yang ampuh nich buat ngobatin biang keringetnya Zaheer. Awalnya cuma di sekitar dada dan di bawah tengkuk. Eh, kondisi terakhir malah menyebar hampir ke semua bagian punggung.

Dengan keadaan begitu, ditambah hawanya yang akhir-akhir ini panas, siang dan malem, akibatnya tidur pun jadi terganggu. Keringetan terus. Jadinya bintik-bintiknya pun terasa makin gatel aja. Pengennya minta digarukin terus punggung dan dadanya. Kalo udah kayak gini, bukannya jadi enakan, malah gatelnya makin terasa runyam dan bintiknya pun makin memerah. Padahal dari awal udah dikasih bedak salicyl dan caladine cair.

Untuk sedikit mengurangi penderitaannya ini, aku udah coba mengubah suhu kamar dan ruangan lainnya dalam rumah, dengan membuka-buka dikit jendela-jendela yang ada. Yah lumayan lah, ada angin sepoy-sepoy yang masuk, karena emang dipersilakan.

Di rumah memang gak ada yang namanya kipas angin ataupun AC. Karena tempat tinggal kami yang deket pegunungan ini tergolong daerah berhawa dingin, jadi kami belum merasa perlu lah buat ngadain itu. Cuma kok akhir-akhir ini gak tau kenapa, panas begini ya.. apa mungkin karena menjelang pergantian cuaca menjadi hujan kali ya. Tiap malem juga yang biasanya tidur berselimut rapat, tapi sekarang-sekarang sich gak nahan rasanya pake selimut.

Kalo perihal baju hampir semua bajunya zaheer aku pilihkan yang berbahan katun. Yang bukan dari katun palingan ada cuma beberapa aja. Jadi sejauh ini gak masalah dengan soal pakaian.

Ada lagi saran kalo anak lagi biang keringetan, agar diolesin campuran tepung aci, air plus sedikit garam. Dan yang ini belom berani aku coba. Sedikit ragu ditambah si ayah yang gak ngijinin. Padahal sebenernya kan ga da salahnya dicoba, hehe ... ‘Anak kok buat coba-coba!’

So, buat temen-temen ada yang punya solusi ampuhnya ga? Plis..pliiiis kasih tau yaa …

Photobucket

SI BIANG KERINGAT

Lagi-lagi Zaheer biang keringatan. Di sekitar dada dan punggung atas. Sebelumnya udah pernah juga bintik-bintik kayak gini, di sekitar tangannya. Udah pernah dikasi Caladine cair, masih aja. Pernah juga dikasi bedak salicyl, tetep juga. Lalu tanpa direncana, kita nyemplungin Zaheer dech di kolam air belerang, tepatnya sich renang di pemandian air anget yang ada campuran belerangnya , dua hari kemudian biang keringatnya cabut semua, alias sembuh, ilang bintik-bintiknya, bersih.

Tapi gak berlangsung lama, biang keringetnya dateng lagi. Kali ini juga sama belum mempan dikasi caladine dan salicyl. Apa mesti renang di air belerang lagi ya? Pengen banget sich, tapi susah nyari waktunya, terutama si ayah akhir-akhir ini sibuk banget. Padahal kami kasian ma zaheer, jadinya sering garuk-garukin daerah yang terkena biang keringat. Kalo udah gitu, kadang bisa sampe lecet.

Browsig-browsing soal biang keringet ini, aku dapet artikel berikut :
(sengaja dicopy buat pengetahuan aja, mudah-mudahan bermanfaat)

Penyebab dan Cara Mengatasi Biang Keringat

Biacara soal biang keringat pada bayi, penyebab sebenarnya adalah tersumbatnya kelenjar keringat. Karena fungsi kelenjar keringat pada bayi belum sempurna seperti pada orang dewasa, makanya kita lebih sering menemukan biang keringat ini pada kulit bayi.

Cara Mencegah Timbulnya Biang Keringat :

  1. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti katun
  2. Gunakan pakaian yang longgar, jangan yang terlalu ketat
  3. Perbaiki sirkulasi udara pada ruangan
  4. Mandikan bayi dengan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari

Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:
  1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
  2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
  3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
  4. Bedak tabur

Photobucket

ZAHEER PERNAH ILANG?

Berangkat dari rumahnya bunda Indra2fa, aku jadi terinspirasi buat nulis ini juga. Tadinya sich mo disimpen aja cerita konyol ini, malu nyeritainnya. Tapi ya gak apa, buat pelajaran aja ke depannya, biar gak terulang.

Ceritanya sebelum lebaran, tepatnya H-10 an lah. Kami berdua (aku dan Zaheer) pergi ke toserba terdekat buat beli-beli keperluan lebaran. Toserba nya sich gak gede-gede amat lah, tapi ramenya bukan main. Yah begitulah memang biasanya situasi saat-saat mendekati lebaran, jangan harap bisa leluasa belanja di pusat-pusat perbelanjaan.

Tadinya sich si ayah mo nemenin, tapi ada jadwal ngajar siang sampe sorenya. Jadi cuma bisa anter jemput doank.

Sesampainya di sana, ngeliat tempatnya yang ruame banget kayak gitu, aku putuskan agar zaheer tetep digendong aja. Tapi emang ni anak dasarnya gak mo diem, liat banyak orang kayak gitu, selama digendong meronta-ronta terus, pengen turun. Awalnya sich aku pertahankan untuk tetep menggendongnya. Tapi lama-kelamaan pegel sendiri nahanin rontaannya (hehe..yang satu ini aku belom nemu bahasa yang pas) Zaheer. Ya sudah lah, aku lepas juga akhirnya.

Tapi, setelah dilepasin, bukannya Zaheer yang ngikutin kemana mamanya pergi, malah sebaliknya, aku yang ngikutin Zaheer kesana-kemari lari-larian sesukanya. Bahkan mungkin pengennya sich seantero toserba ditelusurin. Cuape dech! Dan bukan cuma lari-lari aja, tapi sambil ngambil-ngambilin barang-barang yang menurutnya aneh, yang kemudian diberantakinnya. Uhhh..aku pikir kalo kayak gini terus, kapan bisa milih-milihin belanjaannya?

Karena udah sedikit cape, kelanjutannya aku biarin aja tu anak asik maen sendiri, mungkin yang kasian entar SPGnya mesti ngeberesin hasil kerjaannya Zaheer. hehe.. gak pa pa sekali-kali.

Sambil tetep memantau, aku milih-milih belanjaanku. Gak pa pa Zaheer seperti itu, yang penting selama masih bisa tertangkap dengan penglihatanku.

Lama-lama, keasikan juga aku milih ini milih itu. Tiba-tiba.. tersadar… eh, mana Zaheer??? lihat-lihat ke barisan rak-rak satu demi satu…kok gak ada!! Waduh gaswat!! Aku kehilangan jejaknya. Setengah panik sambil berusaha agar tetap terlihat tenang, aku coba cari-cari lagi shaf demi shaf rak-rak yang ada, tapi tetep gak ketemu. Kali ini aku panik beneran. Keringat panas dingin bercucuran sampe semua lantai toserba jadi basah karena keringatku (hehe..boong bangets). Dalam hati aku berdoa, Ya Allah pertemukan kami, ya Allah aku mohon.

Coba tanya-tanya sama SPG yang ditemuin, barangkali ada yang liat anak kecil sendirian, dan aku inget waktu itu Zaheer pake baju warna merah. Tapi setelah tanya sana sini, hasilnya nihil. Mungkin boro-boro merhatiin anak-anak, yang ada mereka sibuk dengan kerjaannya.

Aku makin panik. Cari, dan terus cari. Sambil terus berkecamuk segala pikiran, Ya Allah aku kehilangan Zaheer, mana dia bicara aja belum lancar, apalagi untuk mengekspresikan ke orang-orang bahwa dirinya anak hilang, di tengah-tengah tempat seperti ini.

Sambil mata terus-menerus menerawang kemana-mana, dan ketika baru ada niatan untuk lapor ke bagian informasi, tiba-tiba aku liat ada seorang SPG sedang menggendong anak kecil berbaju warna merah yang lagi nagis. Ya! Gak salah lagi, itu Zaheer, anak semata wayangku. Terimakasih ya Allah, Engkau masih mempercayakannya padaku. Alhamdulillah. Beberapa kali aku ucapkan terima kasih sama SPG tersebut, yang rupanya ditemukan di antara deretan sepatu-sepatu. Tapi gak sampe aku ngasih tip padanya. Hehe..pelit amat yah… hanya bisa dengan do’a aja,dalam hati, mudah-mudah Allah memudahkan segala urusannya. Amin.

Hmmmh.. sekarang kalo inget itu, konyol banget dech kayaknya. Dan kalo aku ceritain ini ke orang lain/keluarga, pasti pada mikir, ini ibu gimana sich gak bisa jaga anak, baru gitu aja bisa kehilangan. Mana Zaheer belum ngerti hal-hal seperti kehilangan dan sebagainya, belom lancar ngomong pula. Kalo anak umur 3 – 4 tahun sich mending, udah bisa nyari kalo ilang. Ck..ck..ck…


Photobucket

GANTI WAJAH

Setelah sekian lama cari-cari template, akhirnya dapet juga yang nemplok di hati.
Jadi juga dech ganti wajah.

Tapiiiii, seperti yang temen-temen liat, penampilan ini masih belom sempurna.

Masih perlu rehab sana-sini.


Oleh karena itu, kami, atas nama keluarga Nur Rusydi, dengan segala kerendahan hati yang serendah-rendahnya, mengharapkan keridhoan bapak/ibu/sdr dengan sedalam-dalamnya, memohonkan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidak nyamanan berkunjung ke blog ini.
Hehehe…bahasanya terlalu dibuat-buat ga sich?

Aku juga belom tau, ni template udah ada yang pake atau belom yah.
Sambil lagi-lagi tengok kanan kiri.

Perbandingan :
Masih sama-sama childish dengan yang lalu.
Warna yang ini agak gelap, tapi lebih rame.
Kali ini ada yang bergoyang (lihat bagian pojok kiri atas)

Penilaian :
Suka gak suka, mesti suka.
Terima gak terima, harus diterima.

Photobucket

Majang Award Doank

Thanks to @yank Mira yang udah mempercayakan melempar award ini ke blogku yang kurang terurus, sehingga kurang rapi ini. Tapi ya emang cuma segini blog ini adanya. Seneng gak seneng mesti diterima.

Ini dia wujudnya yang cool abizz (Gak tau siapa art creatornya)



Rupanya ada aturan khusus dari award ini, diantaranya adalah kita harus meletakkan link-link ini di blog kita, begini : dengan menghapus link yang nomor 1 dalam daftar, sehingga semua peserta naik 1 level, yang no 2 jadi no 1, no 3 jadi no 2, begitu seterusnya. Lalu masukkan link kita sendiri di urutan no 10. Tapi ingat yaaa... kita semua harus fair.

  1. shulayman
  2. Imenoreh
  3. juragan jengkol menuntut balas
  4. Cilpilicious
  5. Enno
  6. Boodee
  7. Woel
  8. Irien
  9. @yankmira
  10. Desy Noer
Oke, aturan lainnya, award ini harus dibagikan kepada 10 blog lainnya. Dan karena kebanyakan udah pada dapet award jenis satu ini, aku mo coba dulu tengok-tengok lagi para tetangga yang belum ketiban ni award dan bersedia dengan senang hati untuk memajangnya.

Photobucket

Huruf K, L dan R

Suatu kali dalam sebuah percakapan ringan dua orang anak beranak. (hihi..lebay ..)


Zaheer : liat mobil tetangga lewat depan rumah. Berteriak ”Biiiiiw!”. Kemudian lari ke ruang tengah dan manggil-manggil mamanya yang lagi asik depan komputer (lagi ngapain ya...? yang jelas bukan lagi ngerjain tugas kantor loh)


Zaheer : (dengan suara yang cempreng) ”Mamaaah...!”

Mama : (gak kalah cemprengnya) ”Yaaa...!”

Zaheer : ”Biw... biw....”

Mama : ”Iya” (udah ngerti, maksudnya nunjukin bahwa ada mobil)

Zaheer : ”Mamah... Biw!”

Mama : ”Iya... mobil” (masih dengan mata ke layar komputer)

Zaheer : ”Biw..biw..” (intonasi meninggi, dengan kaki di pijek-pijekan ke lantai)

Mama : baru ngeh ”Ooh..iya. Yuk liat mobil yuuuk” (=dalam bahasa Sunda)

Zaheer : ”hehe.. biw” (dengan mimik puas, menggiring mamanya ke depan buat liatin mobil tetangga).


Hehe.. ga da kerjaan ya, nontonin mobil tetangga. Mudah-mudahan suatu saat kita bisa punya juga ya nak.. *hope : mode on*


Di Lain Waktu


Mama : masih dalam bahasa Sunda tentunya. ”De, coba ikutin ya..., KA!” (/k/)

Zaheer : “TA!”

Mama : “EL!” (/l/)

Zaheer : “EY!”

Mama : “ER!” (/r/)

Zaheer : “EY!”

Mama : ?????

Photobucket

Kepeleset

Bener-bener di luar kendaliku, kemaren Zaheer kepeleset jatoh di tanjakan depan rumah. Saking sakitnya barangkali, nangisnya aja sampe 15 menit baru bisa berhenti, itu pun pake jurus suap (ASI). Kasian my bunny..

Hidung lecet dan pipi membiru.


Di atas bibir dan di jidat juga ada lecet


Hihi... jadi perong.

Photobucket

“Nagis”

Suatu kali, Zaheer bilang padaku “maa .. nagis .. aa“ .
Sebelum aku ngeh dan ngerti apa maksudnya, Zaheer terus ngulang-ngulang ucapanya.
“aa .. nagis .. aa… nagis” sambil berlagak mendengarkan sesuatu.

Dan setelah kuperhatiin, rupanya ada suara anak laki-laki, anaknya tetangga sebelah yang lagi nangis.

Aku baru ngerti setelah beberapa saat, oooh rupanya ada suara aa (biasa dia manggil ke anak laki-laki) yang lagi nangis toh.


Satu perkembangan lagi, kali ini Zaheer udah ngerti apa itu nangis. Walopun pengucapannya masih kurang tepat, belom bisa bilang “ng”.

Photobucket

Cerita Lebaran

Susahnya membuang penyakit M yang rasa-rasanya terus menggerogoti ini. Kelamaan liburannya, jadinya ya kayak gini dech, keenakan nyantei. Pengen cerita banyak hal. Tapi malah ketundaaa terus, ditambah jaringan yang kembang kepis. Banyak kempisnya daripada ngembangnya. Nulisnya juga jadi ogah-ogahan. Walaah..! Cerita dulu ah, yuu..

(udah agak usang nich)

Lebaran kali ini pastinya beda donk ceritanya dengan lebaran tahun lalu. Kalo tahun lalu pas lebaran, Zaheer baru berusia 6 bulan, jadi masih ta' gendong kemana-mana, lebaran ini udah 18 bulan, udah bisa lari-larian sendiri, lagi belajar ngomong. Kalo inget itu, gak henti-hentinya rasa syukur pada Sang Maha Penggenggam umur, bersyukur karena masih bisa merasakan bulan Ramadhan yang penuh berkah dan masih bisa berlebaran di tengah-tengah keluarga tercinta.

Kami berlebaran di Garawangi. Yup, rumah ortu. Karena kami pikir, mumpung masih ada mereka, jadi ga da salahnya berlebaran gak di rumah sendiri. Selain itu juga kami pengen merasakan suasana mudik, walopun cuma mudik lokal, masih satu kabupaten. hmmm.. masih bisa disebut mudik kan?

Bisa berkumpul bareng keluarga adalah hal yang menggembirakan. Tapi ada aja yang kurangnya. Zaheer lebaran ini kesehatannya belom pulih. Hari H-nya Idul Fitri, Zaheer masih diare. Udah bisa ditebak, dengan keramaian seperti ini, kalo badannya dirasa kurang enak, yah jatoh-jatohnya ke rewel. Digendong sini, nangis. Digedong sana, nangis. Pengennya sama mamanya terus. Padahal yang berkumpul semua keluarga, ada uyutnya, uwak-uwak, paman dan bibi. Lengkap lah pokoknya. Siangnya dilanjut berkunjung ke uyut satunya di Sukaimut. Zaheer masih belom bisa ceria.

Hari kedua, kami ke berkunjung ke uyut Darma dan uwak Cirendang. Karena belom pulih bener, kali ini pun masih diwarnai dengan tangisan. Hari ketiganya ada acara walimatus-syafar uyut yang di Sukaimut. Alhamdulillah kali ini diarena udah stop. Paginya hanya pup sekali dan itu pun udah gak encer kayak sebelumnya. Plong dech rasanya. Nafsu makannya pun beranjak membaik.

Hari ke-empat, awalnya mo ikutan mancing di kolam bareng para paman dan bibi. Tapi batal, karena si ayah malah ketiduran. Meskipun gitu, kita masih dapet kiriman ikannya hasil pancingannya, udah mateng lagi. hehe…

Satu yang terlupakan, selama lebaran aku gak keingetan sama sekali buat ambil fotonya Zaheer. Duuuh kacian amat yah…?

Liburan kemarin lumayan panjang, tapi rasanya belom puas waktu buat besama-sama terus sama anak tercinta. Dari tanggal 1 udah mesti masuk kerja lagi. Tapi ya setidaknya, aku gak begitu kuatir ningggalin Zaheer, kesehatannya udah pulih lagi sekarang. Sehat terus ya nak…

Photobucket