ZAHEER PERNAH ILANG?

Berangkat dari rumahnya bunda Indra2fa, aku jadi terinspirasi buat nulis ini juga. Tadinya sich mo disimpen aja cerita konyol ini, malu nyeritainnya. Tapi ya gak apa, buat pelajaran aja ke depannya, biar gak terulang.

Ceritanya sebelum lebaran, tepatnya H-10 an lah. Kami berdua (aku dan Zaheer) pergi ke toserba terdekat buat beli-beli keperluan lebaran. Toserba nya sich gak gede-gede amat lah, tapi ramenya bukan main. Yah begitulah memang biasanya situasi saat-saat mendekati lebaran, jangan harap bisa leluasa belanja di pusat-pusat perbelanjaan.

Tadinya sich si ayah mo nemenin, tapi ada jadwal ngajar siang sampe sorenya. Jadi cuma bisa anter jemput doank.

Sesampainya di sana, ngeliat tempatnya yang ruame banget kayak gitu, aku putuskan agar zaheer tetep digendong aja. Tapi emang ni anak dasarnya gak mo diem, liat banyak orang kayak gitu, selama digendong meronta-ronta terus, pengen turun. Awalnya sich aku pertahankan untuk tetep menggendongnya. Tapi lama-kelamaan pegel sendiri nahanin rontaannya (hehe..yang satu ini aku belom nemu bahasa yang pas) Zaheer. Ya sudah lah, aku lepas juga akhirnya.

Tapi, setelah dilepasin, bukannya Zaheer yang ngikutin kemana mamanya pergi, malah sebaliknya, aku yang ngikutin Zaheer kesana-kemari lari-larian sesukanya. Bahkan mungkin pengennya sich seantero toserba ditelusurin. Cuape dech! Dan bukan cuma lari-lari aja, tapi sambil ngambil-ngambilin barang-barang yang menurutnya aneh, yang kemudian diberantakinnya. Uhhh..aku pikir kalo kayak gini terus, kapan bisa milih-milihin belanjaannya?

Karena udah sedikit cape, kelanjutannya aku biarin aja tu anak asik maen sendiri, mungkin yang kasian entar SPGnya mesti ngeberesin hasil kerjaannya Zaheer. hehe.. gak pa pa sekali-kali.

Sambil tetep memantau, aku milih-milih belanjaanku. Gak pa pa Zaheer seperti itu, yang penting selama masih bisa tertangkap dengan penglihatanku.

Lama-lama, keasikan juga aku milih ini milih itu. Tiba-tiba.. tersadar… eh, mana Zaheer??? lihat-lihat ke barisan rak-rak satu demi satu…kok gak ada!! Waduh gaswat!! Aku kehilangan jejaknya. Setengah panik sambil berusaha agar tetap terlihat tenang, aku coba cari-cari lagi shaf demi shaf rak-rak yang ada, tapi tetep gak ketemu. Kali ini aku panik beneran. Keringat panas dingin bercucuran sampe semua lantai toserba jadi basah karena keringatku (hehe..boong bangets). Dalam hati aku berdoa, Ya Allah pertemukan kami, ya Allah aku mohon.

Coba tanya-tanya sama SPG yang ditemuin, barangkali ada yang liat anak kecil sendirian, dan aku inget waktu itu Zaheer pake baju warna merah. Tapi setelah tanya sana sini, hasilnya nihil. Mungkin boro-boro merhatiin anak-anak, yang ada mereka sibuk dengan kerjaannya.

Aku makin panik. Cari, dan terus cari. Sambil terus berkecamuk segala pikiran, Ya Allah aku kehilangan Zaheer, mana dia bicara aja belum lancar, apalagi untuk mengekspresikan ke orang-orang bahwa dirinya anak hilang, di tengah-tengah tempat seperti ini.

Sambil mata terus-menerus menerawang kemana-mana, dan ketika baru ada niatan untuk lapor ke bagian informasi, tiba-tiba aku liat ada seorang SPG sedang menggendong anak kecil berbaju warna merah yang lagi nagis. Ya! Gak salah lagi, itu Zaheer, anak semata wayangku. Terimakasih ya Allah, Engkau masih mempercayakannya padaku. Alhamdulillah. Beberapa kali aku ucapkan terima kasih sama SPG tersebut, yang rupanya ditemukan di antara deretan sepatu-sepatu. Tapi gak sampe aku ngasih tip padanya. Hehe..pelit amat yah… hanya bisa dengan do’a aja,dalam hati, mudah-mudah Allah memudahkan segala urusannya. Amin.

Hmmmh.. sekarang kalo inget itu, konyol banget dech kayaknya. Dan kalo aku ceritain ini ke orang lain/keluarga, pasti pada mikir, ini ibu gimana sich gak bisa jaga anak, baru gitu aja bisa kehilangan. Mana Zaheer belum ngerti hal-hal seperti kehilangan dan sebagainya, belom lancar ngomong pula. Kalo anak umur 3 – 4 tahun sich mending, udah bisa nyari kalo ilang. Ck..ck..ck…


10 comments:

Wah...wah...ternyata yg namanya ibu2 di mana2 sama yach kalo udah sibuk sama belanjaan sampe lupa sama anak hehehe
Tapi gak pa2 mom...kadang kejadian kayak gitu perlu jg buat mengingatkan kita supaya ati2 & gak lengah menjaga buah hati kita.
Pasti abis kejadian itu mama Zaheer lebih ati2 lagi kan???

iya dunk... pastinya akan lebih jarang ngajakin zaheer belanja. hehe...

aduh mba, bacanya ikut deg-degan...
tapi syukurlah ketemu dgn selamat.
hati2 aja mba...

maaf lama tak kesini, mohon maaf lahir dan batin.

makasih sudah berkunjung.

huahahhha....ngak sambil dipanggil2 tapi yah...duh carefull yah :)

-yanti Wyant-

Alhamdulillah mam, saya jadi ikut deg2 an bacanya. Semoga tidak terulang lagi. Tapi seperti yang pernah saya baca, memang pelan2 anak harus diajarkan bagaimana tindakannya kalau kehilangan kita. Bener, mungkin mulai umur 3 th sudah ngerti ya. Atau Ngalungin identitas nama/alamat/no telp saat mengajak anak di keramaian juga sepertinya ide yg bagus ya buat jaga2 :-)

Kalau pengalaman saya, karena wkt itu Dita msh 9 bulan, belum bs jalan. Pas saya milih2 barang, SPG lain lihat Dita jadi gemes trus langsung minta ijin nggendong. Eh teman2 nya yang lain yg jaga counter brg lain ikut2 an nggendong. Saya jadi gak konsens milih barangnya, berulang kali nengok ke Dita. Sampai SPG yang gendong "Tenang Bu..anaknya gak akan ilang". Wee.. gak tahu aja namanya ibu2, kalau anaknya diajak org yg gak dikenal pasti was2 lah.. :-)

@narti : sama-sama. maaf lahir bathin juga.
@yanti Wyant : ada sich niatan teriak-teriakin nama Zaheer di antara keramaian.
@Alumongga : idenya boleh juga tuch.

kalo aku gak berani belanja di toserba ngajak ina tanpa papanya, soale ina sama kayak zaheer, kalo digendong berontak2 trs minta turun...udah turun dia ngacak2 barang di toko...ampyuun dech....untung zaheer bisa ditemukan lagi yachh....

@nia : iya mom alhamdulillah. insya Allah kedepannya lebih hati-hati.

halo des! lama gak bisa mampir ke sini. untunglah kembali ke pangkuan bunda yah!
aku selalu gak berhenti ngawasin anak kalo ke supermarket, mereka lebih utama sih dari belanjaan. biasanya paling banter lepas dari mata tuh 3 detik. dan dari kecil, crystal terus menerus aku tekankan tiap kali kita keluar rumah (supermarket, taman, dll), di supermarket jangan berlarian sendirian, harus selalu di dekat mama/papanya. untungnya nurut dan ngerti. kadang2 kita yg ngetes, sembunyi dari pandangannya, dia langsung teriak manggilin mama/papanya. gak tau deh, angie.. yg kayaknya lebih bandel dan lebih susah nurut. mudah2an anak2 kita tetap aman dlaam lindunganNya. amin!

@Yenni : iya neh, dah lama, kemana aja nek? masih suasana berkabung yah.

Iya sich harusnya emang kayak gitu. Karena anak lebih penting dari apapun. si crystal sich laen, Zaheer emang agak-agak ngeyel kalo dibilangin. apalagi di tempat-tempat keramaian kayak gitu, pengennya lari teruuus...