PERJALANAN TOILET TRAINING


Hari ini menginjak hari keempat dari sejak dimulainya toilet training nya Zaheer. Dan alhamdulillah sebuah peningktan ini yang membuatku tambah bersyukur pada-Nya. Zaheer udah 2 hari ini gak pipis kecuali di toilet or kamar mandi. Artinya Zaheer udah gak ngompol di sembarang tempat lagi. Yippiiiie!

Mencoba tips-tips di postingan sebelumnya, bagaimana cara membiasakan anak BAK atau BAB di tempatnya. Awal-awal aku coba dengan selalu menawarkan dan mengajak Zaheer pipis ke kamar mandi/toilet tiap 2 jam sekali. Zaheer sich seneng-seneng aja aku ajakin ke kamar mandi/toilet, soalnya di situ ada sesuatu yang jadi salah satu kesukaannya Zaheer. Yups! Air. Zaheer suka sekali mainin air. Barangkali tiap anak kecil emang suka ya mainin air.

Hari pertama, tiap 2 jam sekali aku ajakin Zaheer ke toilet, walopun gak keliatan lagi pengen pipis. Selama beberapa kali aku ajakin ke toilet ini, beberapa kali memang pipis, beberapa kalinya cuma mainin air doang. Selama ditinggal kerja juga aku udah pesenin ke ibu pengasuh agar selalu konsisten dengan toilet training ini.

Hari kedua, Zaheer sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan pipis di toilet. Udah mulai bisa meminta agar diajakin ke kamar mandi. Walopun sama dengan hari pertama, kadang memang bener-bener pipis, kadang cuma maenin air.

Hari ketiga, surpraisssss! Zaheer sudah terbiasa dengan kebiasaan BAK dan BAB di toilet. Beberapa kali dalam sehari ini Zaheer selalu bilang dulu kalo udah pengen pipis dan pup. Dan minta dibukain kamar mandinya. Biasanya sambil pegang-pegang “anu” nya.

Wuihhh senengnyaaaa... Minimal Zaheer udah bisa memanage rasa, bisa nahan untuk gak pipis di sembarang tempat, walopun belom bisa buka celana sendiri. Kalo yang satu ini gak tau kenapa Zaheer males buka celana sendiri, belum ada kemauan, walopun udah disuruh untuk buka celananya, pengennya dibukain ma orang lain.

Gak papa lah.. bertahap.

Selanjutnya... bagaimana membiasakan Zaheer untuk gak ngompol di malam hari saat tidur. Aku masih belum tega nich ngebangunin saat pules tidurnya buat tatur pipis ke kamar mandi.

Gimana yaa, ada yang punya solusi?


Gambar diambil dari http://adventuresinece.today.com/2009/02/10/potty-training-in-day-cares/

15 comments:

Subhanallah...baru 2x latihan dah bisa bilang kalo mau BAK & BAB...Zaheer hebat euy

kalo dibangunin memang susah Des, Pascal sih gak pernah dibangunin, tapi langsung diangkat ke kamar mandi. Buka celana nya otomatis dia pipis walaupun sambil ngantuk atau tertidur

wah hebat deh zaheer cpt beljarnya. Aku jg blm tega nih bangunin malam buat pipis. Jadi alma masih pk diaper tp siang sih udah gak pernah pipis sembarangan. Ayo dicoba buu nanti share ya, hehehe...

Zaheer hebat.. Aku juga mau telatenin kyara segera ah, dalam waktu dekat. Moga2 bisa cepet berhasil kayak zaheer juga ya..

Hebat zaheer, lanjutkan!! hehe ... Yang jelas mmg ortunya yg harus telaten dan disiplin yaa

Wah...pinter deh Zaheer mau ngomong kalo pingin BAK & BAB. Selamat ya mom....toilet trainingnya sukses.

wah, aku jadi malu nih. TOle belum bisa lepas diaper nih kalo malem, absi mamanya belum ada keberanian tuk bangunin dia malem2 demi anterin dia ke toilet, hehehee
semangat ya mom .. n untuk aku juga deh, biar niatnya cepet bisa dilaksanain.

to all : aku juga gak nyangka banget bisa secepat ini. gak perlu nunggu sampe seminggu. Atau mungkin ini karena emang kesiapannya Zaheer udah sejak lama, cuma mama nya baru niat kemaren-kemaren.

Wah..hebat euy Kak Zaheer. Share terus tips nya ya mam. Maunya sebelum Dita 2 th udah lulus 100% nih toilet trainingnya :-)

Wah hebat kak Zaheer, sbg ortu harus pengorbanan sabar ya. Melatih si kecil sejak dini ke kamar kecil. Mungkin url ini bisa membatu http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/detail_artikel.php?id=348_Latihlah-Anak-Anda-Menggunakan-Pispot mudah2an bermanfaat...

wahhh zaheer udah pinter nech, toilet trainingnya berhasil...selamat ya mom...smoga bentar lagi ina jg kayak zaheer heheh

selamat yah buat Zaheer! tambah pinter aja nih! tinggal belajar nye-bock yah mom ...hihihihihi...

jempol deh buat zaheer.

ikhsan juga masih sering ngompol pas malem & sama, aku juga ga tega ngebangunin ikhsan pas bobo malem..

ahh emang harus konsisten ya ma. zikra mah masi dikasitau aja kalo mau pipis or pupup bilang/kasi tanda, tapi gak diajakin ke toilet brapa jam sekali gitu hihi.
emang gak boleh malas kuncinya. zaheer hebat, selamat ya sayang;)

Wahh... zaheer hebat ya, selamat juga juga utk mama yang udah berhasil ngajarin toilet training utk Zaheer. Emang kuncinya adalah kesabaran ya mom.

Well, tidak mudah emang, tapi selama ada usaha insyaAllah dimudahkan oleh NYA, amiin.. :)