ARSIP AJAH

Mungkin di antara temen-temen ada yang bertanya-tanya, perasaan kok Zaheer agak sering sakit yaa, padahal kan mimik ASI? Browsing sana-sini, akhirnya aku temukan salah satu sebab dari banyak sebab lainnya. Artikel diambil dari Infobunda (sebenernya udah aku dapatkan sejak lama siy) sebagai arsip aja lah.

Berikut isinya :
Yang alami selalu lebih baik. Begitu juga dengan cara kelahiran bayi. Penelitian telah membuktikan bayi yang lahir melalui bedah Caesar memiliki indikasi kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada bayi yang lahir secara normal. Meski begitu, jika kelahiran secara bedah Caesar tidak dapat dihindarkan, kekebalan tubuh bayi dapat didongkrak dengan beberapa cara, misalnya dengan memberikan probiotik. Probiotik sebagai bakteri hidup yang menguntungkan berfungsi sebagai zat yang dapat membentuk sistem daya tahan tubuh bayi. Probiotik salah satunya terdapat pada air susu ibu (ASI).

Mengapa bayi yang lahir secara normal memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik daripada bayi yang lahir melalui bedah Caesar? Pada persalinan normal, bayi akan mengalami kontak dengan bakteri dari flora ibu, yakni dari feses atau jalan lahir (vagina) ibu. Bakteri tersebut bersifat ‘baik’ dan dapat membantu mempercepat tumbuhnya mikroflora usus pada bayi. Mikroflora ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu bayi yang lahir melalui bedah Caesar tidak memiliki kesempatan kontak dengan bakteri baik tadi. Yang ada malah tingginya pertumbuhan bakteri merugikan seperti E. Coli dan Clostridium. Kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh bayi yang lahir secara bedah Caesar tidak sebaik bayi yang dilahirkan secara normal sehingga mereka lebih berisiko terhadap infeksi saluran pencernaan dan penyakit alergi.

Telah diketahui bahwa ASI adalah yang terbaik bagi bayi. Sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama. ASI terbukti memiliki bakteri menguntungkan dan zat-zat yang dibutuhkan bayi untuk membentuk mikroflora usus yang penting untuk sistem daya tahan tubuh bayi.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika ASI tidak dapat diberikan karena berbagai alasan? Pada bayi yang tidak mendapatkan ASI, ada dua hal yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah memberikan makanan yang tinggi laktosa, rendah phosphat, dan rendah protein. Ibu dapat bertanya ke dokter anak mengenai jenis diet ini. Diet ini akan membentuk kondisi optimal yang memungkinkan bakteri baik dapat tumbuh secara alami.

Cara yang kedua adalah tentu saja memberikan asupan nutrisi atau suplemen yang mengandung probiotik bagi bayi. Probiotik dapat membantu pori-pori usus bayi menutup—karena bayi yang lahir secara bedah Caesar memiliki pori-pori usus yang lebih besar, sehingga bisa mencegah masuknya bakteri merugikan. Akibatnya, ketahanan tubuh bayi dapat ditingkatkan.

Asupan probiotik dapat mengurangi kejadian diare dan alergi pada bayi. Maka asupan nutrisi yang mengandung probiotik sangat dianjurkan untuk bayi yang kurang beruntung tidak dapat dilahirkan melalui persalinan normal dan tidak mendapat ASI, yang akibatnya tidak memiliki kesempatan membentuk sistem kekebalan tubuh yang bisa diperoleh akibat kontak dengan bakteri baik dari flora ibu.

9 comments:

Oh ternyata Zaheer di SC juga ya. Allhamdulillah kalau pascal agak jarang sakit. mudah2an Zaheer sehat trus ya

Sama Jeng ekye juga di SC, karena Zahia sungsang + 32 minggu. Alhamdulillah sakit baru 2x, yang pertama pas mudik dan kedua pas kemaren cacar. Semoga Zaheer sehat selalu yah Sayang :-)

subhanallah, baru tau info ini dari mama zaheer. semua yang ditakdirkan Allah memang begitu sempurna ya, tak ada cacatnya. apalagi kalo lahir normal ibunya cepat recoverynya dibanding sesar. thanks 4 sharing ya mom:)
zaheer sayang, semoga kekebalannya makin nambah ya biar sakitnya gak sering datang. ayo semangat:)

Semua orang tua pasti mengharapkan yang terbaik utk anak-anaknya. Ya sehat, pintar dan terus tumbuh & berkembang dengan baik.

Semoga Zaheer sehat selalu ya mom, beruntung banget loh mama bs kasih ASIX full ya, thanks for sharingnya mom...

zaheer semoga makin tambah umur kekebalannya makin bagus ya sayang...

info yang bagus mom.., aku baru tahu

ikhsan dulu juga sc, di usia 5 bulan ikhsan kudu opname karena infeksi saluran cerna. Apa mungkin karena daya tahannya lebih rendah ya? padahal ikhsan dapat ASIX

Tapi alhamdulillah karena ASI, ikhsan cepet sehat

salam.. kunjungan balik nih :)
Zaheer lahir SC jugak yach? sama donk ama abg naddim & adik dinda.. Pengalaman dulu waktu naddim dr lahir smpi umur 1thn dia gak pernah demam.. masuk umur 1thn 2bln baru dia kena demam.. Mudah2an Zaheer sehat & ceria selalu ya :)

halo des,apa kabar? lama gak bisa online. jadi rapel nih ...
thanks for sharing. sebelumnya taunya daya tahan lbh lemah tapi gak tau alasan utamanya apa.. iya tuh, ponakan ku jg lahir dg sesar, duh .. memang dikit2 gampang sakit. apalagi di sini ada winter, kena hawa dingin gampang pilek dan batuk. dibilangnya ada asma. juga banyak alerginya (dari hasil uji rambutnya).
crystal dan angie agak mendingan. apalagi angie (lhr tahun babi), kita suka nyebut dia "babi kecil". dari kecil suka ngasal.. ngoprek2 tempat sampah ruang tamu, nyari makanan. hahaha.. untungnya tempat sampah yg di ruang tamu memang tempat sampah cemilan, jadi gak jorki2 amat. tentunya gak kita biarin. kita2 juga kadang misal cemilan/biskuit anak2 jatuh ke lantai, kami biarin aja mereka makan (toh lantai rumah gak kotor). katanya kalo over higienis, anak2 malah lebih rentan thd kuman.

I delight in, result in I discovered exactly what I used to be having a look for.
You've ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a great
day. Bye

Here is my web site ... Commercial Electricity - ,