WEANING BY LOVE

Hmmm… sehari lagi usia Zaheer menginjak 22 bulan nich. Udah saatnya memikirkan cara-cara menyapihnya. Jangan sampe udah lebih dari 2 tahun Zaheer masih mimik ASI. Sebenernya gak apa-apa sich, cuma kabarnya bisa berpengaruh, anak jadi kolokan dan sejenisnya.

Cari-cari browsing sana-sini dapetlah tips buat menyapih si kecil. Diantaranya adalah yang baik itu bukan secara dadakan, melainkan bertahap. Yang awalnya frekuensi menyusu bayi sering, menjadi berkurang, kemudian jadi jarang, dan akhirnya tidak sama sekali.


Berikut ini tips lengkapnya, diambil dari http://tips-dunia-anak.blogspot.com :

  • Lakukan proses menyapih secara perlahan.
  • Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dengan hal lain. Bisa dg membacakan buku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak melupakan saat menyusu.
  • Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dengan anak. Ingat, seberapa kecil usia anak, anak tetap mengerti dan memiliki kemampuan untuk mengerti kata-kata dari orang di sekitrarnya.
  • Hindari menyapih saat anak sedang tidak sehat atau sedang sedih, kesal,marah
  • Hindari menyapih anak dari menyusu ke benda lain seperti empeng, botol susu, bantal, dsb. Biasanya disini peran ayah sangat dibutuhkan sbg figur yang melengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi yang baik dengan anak
  • Hindari menyapih secara mendadak/langsung. Apalagi tanpa komunikasi apapun dengan si anak. Ini dapat menyakitkan hati sang anak. Jangan sampai anak merasa bahwa dengan manyapih sang ibu membencinya, dsb.
  • Pemberian jamu pahit, memaksa anak utk tidak menyusu pada ibunya, dan sebagainya dapat merusak bonding atau ikatan batin yang terbentuk sejauh ini dalam proses menyusui. Amat sangat disayangkan jika hal ini terjadi. Karena ikatan indah tsb ternodai akibat proses menyapih secara mendadak tadi.
  • Jika proses penyapihan dilakukan dengan baik, maka anak-anak kita akan tumbuh menjadi anak yg cerdas, sehat dan berakhlak baik. Karena sang ibu mendidiknya melalui masa menyusui dan masa menyapih dengan cinta.

Dan sejauh ini Zaheer udah ke tahap - sekali saja dalam sehari -. Tiap tengah malem aja. Kalo di siang hari memang udah bisa dialihkan ke hal-hal lain ketika meminta. Tapi untuk tengah malem ini, boro-boro bisa dialihkan, Zaheer malah marah dan ngamuk, keukeuh minta ASI. Berbagai pengalihan udah dilakukan, tapi teteeeep aja maksa minta ASI.


Tapi gak apa-apa, udah bagus segini juga. Masih ada 2 bulan lagi. Memang intinya adalah komunikasi. Bismillah.


Halo, ibu-ibu yang berpengalaman, kasih tau dooonk.. gimana lagi baiknya?



22 comments:

wah aku ngga bisa ngasih saran nech mom, soale ina dah berenti ASI dari umur 6 bulan hiks....

kalo sekarang zaher cuma sekali doang mimik ASInya, kayaknya gampang dech utk menyapihnya....kalaupun ngamuk paling cuma sebentar aja, mdh2an sukses ya acara menyapihnya....

Semoga lancar ya Zaheer disapih nya. Mama nya yang sabar ya

Zaheer makin gede kayaknya tambah manja ya mom, jadi ngamuknya itu karena dia takut kehilangan sumber rasa nyamannya.
Semoga sukses ya mbak, soalnya waktu saya dulu, sudah disapih Vaya sendiri waktu vaya 10bulan. Lalu berenti menyusui pas 1thn karena diperes lama2 dikittt banged, hbs si vaya g mo nyusu lagi sejak sakit itu.. hiks, jadilah ga ada pemancing. Even diperas terus, dipaksa2.. tetep ga nambah.

@lidya: thanx suportnya.
@mami vaya: iya nich, tmbh gede malah tmbh manja aja. Wah enak ya, kalo vaya berarti ga usah susah-susah nyapih.

Thanks tips nya Mam. Semoga Kakak Zaheer bener2 bisa disapih dengan love ya mam :-)

Wah kyara blm berhasil di sapih nih ush 2th 2bln. Padahal mamanya udah ngumpulin tips persis tipsnya mama zaheer dari kyara umur 1,5th. Menjelang ultah ke 2 udah hampir berhasil sapih, sama sprt zaheer cuma minta tengah malam aja. Tapi cuma seminggu trs nagih lagi dan mamanya pun masih kangen kasih nenen. Jadi akunya juga masih on-off pengen sapih hehe..moga2 weaning nya zaheer lancar ya..

@bundit: sama-sama
@motik: wah, hehe..Aku juga suka gitu nich, kok kangen sama isepannya, pdhl msh sehari sekali, apalagi kalo udah stop ya.

kalo pengalaman sy bbrp bulan sebelum di sapih sy udah sering2 ksh tau ke anak. Trus coba di alihin ke hal-hal lain kali aja dia bisa pelan2 lupa sm ASI. Tp kenyataannya gak mudah juga. Walopun udah sering2 di kasih pengertian, mungkin krn mereka masih anak2 juga jadi ya susah2 gampang u/ di ajak ngerti y. Blm lagi kitanya suka gak tega, kl anak2 udah ngerengek2 pasti dikasih lagi ^^

Emang gak cuma anak sih yg harus disiapin mentalnya. Kita sbg ibu juga harus siap. Krn pasti ada rasa kehilangan/kangen pengen nyusuin.

Akhirnya stlh sy siap, suami juga siap (kesiapan suami dg cara mengambil cuti atau cari yang long wiken) kami pun mulai menyapih.

Menyapihnya dg cara "tega". Sama sekali gak ngasih ASI. Walopun anak nangis2 sp menjerit2 sekalipun.

Trus knp sy tulis suami/pihak keluarga juga harus siap. Karena mnrt pengalaman sy sih mereka wkt itu nangis terus2an. Sehari semalem. Gak bisa tidur. Kebayang kan kalo kita sendiri yang harus nanganin mereka. Fisik kita terkuras pastinya. Bisa2 nanti kita jadi ngasih ASI lagi atau marahin si anak krn terus2an rewel. KAlo kita di bantu suami/keluarga kan kita bisa gantian istirahat. Jadi fisik kita terjaga terus. Jadi bisa ngelus2 mereka sbl memberi penjelasan kpd anak ^^

@kekenai: wah makasih bgt mbak cerita pengalamannya. Iya sich, gak lepas dari peran klrga jg terutama suami.

Sepertinya emang ga mudah ya mom, tp moga-moga ntar sukses ya weaning with love-nya.

@may danis's mom : thanks doanya..

Wah kalau aku malah setuju dengan saran ibuku mba ... katanya biarkan si kecil menyusu sepuasnya dan berhenti menyusu sendiri. Katanya lebih "sehat" yang berhenti menyusu karena maunya sendiri daripada (maaf) dipaksakan ibunya. Dulu waktu beberapa bulan sebelum ultah ke-2 aku juga dah sempat berencana nyapih, tapi karena ngikutin saran ortu ga jadi nyapih. dan ternyata bener juga ... meski belum 100 % berhenti menyusu Aliyyahku (2 th 2 bln)alhamdulillah sudah sedikit demi sedikit mengurangi kemauannya menyusu. Mudah2an terus semakin berkurang ya dan akhirnya berhenti ti ti ti. Salam buat Zaheer ya :)

Aslkm. Hi Mba, thanks yah dah mampir ke blog kami. Saya link yah blognya. Btw saya setuju tuh sama Mba Henny bagusan anak berhenti nyusu dengan sendirinya. Mama mertua saya bahkan kasih nenen sampai adik ipar saya umurnya 3 tahun. Tapi alhamdulillah ko sekarang adik ipar saya itu mandiri dan ga kolokan. Tapi sekali lagi tiap orang tua khan punya pendapat yang berbeda2 tentang anaknya. Ok deh Mba, semoga sukses yah nyapihnya. Salam buat Ka Zaheer dari De Zahia :-)

@ Henny : wah baru tau nich. thanx sharingnya..

@ Zulfadhli's Family : oke, aku link balik yah. makasih.

wah, emang susah karena urusannya antara tega dan ga tega.

yup semangat ya mom buat nyapih zaheer..

halo mom, Tole berhenti nyusu pas dia umurnya 2 tahun 8 bulan. Sejak adeknya lahir, sebetulnya nyusunya cuman karna ngiri aja, aka sekedarnya, itu juga gak tiap hari, mungkin 2 hari sekali. Cara nyapih yang ampuh tuk dia ternyata cukup dengan obrolan dari hati ke hati, dikasih tahu kalao dia dah besar, dah gak peru ASI lagi, dah ada adeknya yang lebih perlu ASI. n ternyata itu lebih ampuh dibanding cara yang agak "jreng" yaitu dengan olesin puting dengan obat merah, temulawak n brotowali, minyak goreng, kunyit, lemak ayam, hehehhe
smoga berhasil dengan gampang nanti acara nyapihnya ya mbak ...

@entik : yupz.. thanks yaa supportnya..

@ary : gak lah mom, aku gak pake cara-cara gitu, pelan-pelan aja sich sambil komunikasi, bertahap.

gak papa mbak, pelan2 ajah
dulu valisha lepas mimi asi di umurnya yg 2 taun 2 bulan, gak pake cara apa2 cuman dikasih tau aja kalo valisha udah gede, alhamdulillah berhasil..
lagian kan sekarang zaheer cuman sekali sehari kan, itu sih bentar lagi juga sukses nyapihnya
good luck ya... ssstttt udah berhasil nyapih mamanya loh yg jadi kangen hehe

kali jatahnya dikurangi sedikit demi sedikit. termasuk rentan waktunya. jadi mamanya juga gak 'sakit' saat menyapih. aku karena asinya memang gak melimpah ruah. waktu itu mau dinas keluar seminggu, sebelum berangkat, masih niat mau nyusuin buat terakhir kali, eh..si angie yg gak mau, habis capek2, gak dapet apa2 kali ..hehehee...

Anak saya disapih 10 bulan skrg tp rewell banget krn lgsg ke tukang urut sm dia numbuh gigi plus radang lg..gmn solusinya yah

Anak saya disapih 10 bulan skrg tp rewell banget krn lgsg ke tukang urut sm dia numbuh gigi plus radang lg..gmn solusinya yah