TELEGRAPHIC SPEECH

Banyak artikel yang menerangkan bahwa anak usia 2 tahun adalah masa mulai merangkai kata. Dan ini terbukti, saat ini Zaheer sedang gencar-gencarnya merangkai 2 kata atau lebih, menjadi kalimat. Usianya sekarang adalah 23 bulan lewat 1 minggu.

Telegraphic speech, atau sering dikenal dengan istilah bahasa telegram. Pengucapannya memang belum lancar diucapkan. Terdapat jeda di antara kata yang satu dengan kata selanjutnya. Dan juga kata yang diucapkan biasanya singkat/sedikit, tapi bermakna panjang.

Contohnya, beberapa kalimat yang pernah Zaheer ucapkan adalah “ibak haneut” (mandi anget), maksudnya mandinya pengen pake air anget.
Misalnya lagi, “emam macak endog” (emam masak endog), maksudnya zaheer pengen emam sama telor (endog), mamanya masak dulu telornya.
Lain waktu pernah juga gini “emuh cucu … didieu tivi”, maksudnya minum susu disini aja sambil nonton tivi. hehe.. kurang lebih kayak gitu dech.

Perkembangan seperti ini tentunya berbeda-beda tiap anak, ga mesti pas di usia 2 tahun. Anaknya tetanggaku udah bisa merangkai kata-kata sejak usianya 1 tahun 9 bulan. Udah cerewet banget. Di samping karena emang anak tersebut perempuan (yang katanya orang-orang, anak perempuan itu lebih cepet perkembangan bahasanya dibanding anak laki-laki – tapi ini belum nemu dasar kuatnya, hanya kebanyakan kayak gitu), juga karena memang dominasi perkembangan anak-anak itu berbeda-beda.

Sebelumnya pernah juga aku mikir, ketika tau anak tetanggaku udah lihai merangkai beberapa kata sedangkan Zaheer baru bisa satu kata aja, ‘kok Zaheer belom bisa ya?’.
Dan kini terjawab sudah dan tidak terlambat di usianya yang masih kurang 3 minggu lagi ke 2 tahun. Alhamdulillah…

Oke… pangeran kecilku, ngobrol lagi yuuuk..!


10 comments:

Setiap anak itu unik kok. Semoga Zaheer cepat bisa ya

Tapi anak adiku kan cowok, cerewet lochh...kayaknya ini berpengaruh dr lingkungan juga dech, kebetulan kami sekeluarga pada cerewet, jadi anak2nya ikutan cerewet heheheh...

eh zaheer ngomongnya sunda yach....aku juga punya tetangga orang tasik, anaknya sehari2 ngomong sunda padahal tinggal di jakarta...tp bagus yach nanti anaknya bisa 2 bahasa heheh....

Wah...Zaheer dah tambah pinter niy, jadi pingin denger Zaheer ngomong bahasa sunda.

sama2 belajar ya zaheer...
kyara juga 2th 3bln meski cerewet tp pengucapan/ngomongnya belum lancar banget, tp kita makin ngerti apa maksudnya. udah mulai bisa merangkai kata agak panjang tp masih keputus2. meski keputus2 udah bisa diajak ngobrol.
ntar zaheer langsung bisa 2 bahasa nih, indo dan sunda. tar kyara diajarin bhs sunda ya... :)

sebenernya kalo cerewet, zaheer juga iya, cuma kalo penggabungan 2 kata/lebih baru bisa akhir-akhir ini nich.

tenang aja bun...ki' dulu sebelum 2 tahun juga lom lancar ngomongnya, baru 2 kata ajah...kek "owoh ejid" maksudnya sholat di mesjid...tapi setelah 2 tahun setengah cerewetnyaaa minta ampun deh...sampe kita bingung jawabin pertanyaan2nya hehe

betul... setiap anak memang berbeda2 perkembangannya :)

Iya mam. Setiap anak itu unik. Kalau saya pribadi, menggunakan waktu 3 th pertama dengan sebaik2 nya. Karena itu masa keemasan. Otaknya kayak spon, sreeep cepet banget nyerepnya. Kalau org di sekitar anak kita sering ngajak ngobrol, Insya Allah perkembangan bahasanya akan cepat. :-)

tiap anak memang beda. dan kayaknya anak perempuan kebanyakan lebih cepat. cyrstal saat umur 1.5 tahun dah bisa ngomong lengkap, misal: kakek lagi baca koran. nenek lagi ukur tekanan darah. tapi mungkin karena bahasa china itu lebih 'singkat'. satu bunyi bisa melambangkan satu arti. misal " nenek lagi ukur tekanan darah (kalo dihitung, bahasa indonesia = 11 suku kata). tapi kalo dlm bhs mandarin: nai-nai zai liang xue ya = hanya 6 suku kata. ketika kita sedang berbahasa bukan mandarin, dia juga bisa merasakan. waktu itu ayahnya lagi ngobrol sama bule, terus si crysal nyeletuk seolah pengen nimbrung, "a b c d ... " yang ada kami ngakak mendengarnya.

Sorry Mba baru onlen lagi neh. Kmaren mudik bo jadi seminggu lebih ga buka2 internet.

Iya tuh setiap anak kan perkembangannya beda2. Kalo dilatih terus Insya Allah juga lancar ko. Hihihi tr Zaheer bisa ngerumpi seru ma Zahia pake Bahasa Sunda yah. Kadang Utinya Zahia juga ngajarin Sunda. "Ayo Za,ibak".

Btw Mba Dessy stay di Kuningan yah? Kuningannya dimana? Kalo saya dulu di Kadu Agung