LUMRICUS RUBBELUS


Kali ini aku bermaksud berbagi aja sama temen-temen semua. Bukan sok tau apalagi sok ngajarin. Cuma mengingatkan lagi bagi yang sudah tau, dan sebagai tambahan arsifnya Zaheer.

Lumricus Rubbelus. Mungkin nama ilmiah tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita. Yups.. cacing tanah. Cacing ini bisa juga dijadikan sebagai alternatif untuk obat demam pada anak-anak ataupun orang dewasa, selain paracetamol.

Hasil googling, aku dapatkan beberapa waktu yang lalu adalah bahwa cacing tanah bisa mengobati sakit demam bahkan typus. Nah, terakhir kali zaheer sakit panas aku coba kasi cacing tanah. Bukan ngasih cacingnya secara langsung dimakan bullet-bulet, tapi berupa cacing yang sudah dikeringkan, yang kemudian direbus dan diminum airnya. Cara yang satu ini tentu rasanya lebih amis dibanding dengan yang berbentuk kapsul ataupun yang lainnya.

Obat cacing tanah ini bisa dibeli di apotik. Ada yang berbentuk cacing yang sudah dikeringkan, ada juga yang berbentuk kapsul. Awalnya aku pikir mau ngasih zaheer, obat yang berbentuk kapsul, dengan tujuan nanti isinya (puyer) yang diminumkan. Tapi ternyata, kapsul yang aku dapet bukan berisi puyer, melainkan seperti tablet (keras). Dikemas dalam kapsul itu supaya gak kerasa anyirnya. Jadi, untuk bayi/anak, yang paling mungkin adalah yang direbus itu.

Dan, jangan dibayangkan rasanya, baunya aja udah nyengat banget. Tapi demi kesembuhan, ya dijalanin aja. Awalnya Zaheer aku paksain buat minum tu obat. Sekali, dua kali, selanjutnya aku gak perlu maksa lagi, karena Zaheer udah pasrah, disuapin obat yang super anyir itu. Hehe.. kasian juga sebenernya. Tapi insya Allah obat yang satu ini bebas dari efek samping.

Hasilnya, alhamdulillah zaheer cepet sembuhnya.

Coba lagi nyari-nyari info di sekitar tentang yang jual obat cacing tanah yang sudah diracik sedemikian rupa sehingga rasa dan baunya gak seperti “sedang makan cacing”. Tapi hasilnya nihil. Mungkin di kota-kota besar sudah ada obat semacam itu.

Oya, selain untuk mengobati sakit demam/typus, manfaat yang lainnya adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Mengobati infeksi saluran pencernaan seperti disentri, diare, serta gangguan perut lainnya seperti maag
  • Mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan seperti: batuk, asma, influenza, bronchitis dan TBC
  • Mengurangi pegal-pegal akibat keletihan maupun akibat reumatik
  • Menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
  • Mengobati wasir, exim, alergi, luka dan sakit gigi.

Kandungan yang terdapat dalam cacing tanah terdiri dari :

  1. protein:75%
  2. asam amino:10.7%
  3. tryptophan:4.4%
  4. tytosyn:2.25%

Yah, jadi buat temen-temen jangan ragu untuk menggunakan cacing tanah sebagai obat.

Sumber : http://herbal.blog.upi.edu dan http://haxims.blogspot.com


8 comments:

thanks infonya yah des. ntar coba cari tau di toko obat china di sini ada gak yah... biasanya obat china jga suka pakai yg tradisional tapi alami gini ...

iya tuh sodara aku juga banyak yang pake obat itu kalau typus

Thx infonya ya mom....nambah ilmu lg niy....sehat selalu ya Zaher....

Mbak,
Kmrn passs banged aku baru beli obat ini utk asisten di rumah yg sakit typhus. Cuma ya aku jd merinding nih di sini ngeliat cacing, gilooooooooooooo :((...

Tp mbak, gpp tuh dikasih utk anak2? Aq pernah dibilang temen yg dokter, dia ga menganjurkan, tp entah ya.. mgkn dokter memang begitu ya, ga anjurin obat2 tradisional cina gt.

Om gw pas thypus pake obat Cina kaya gituh juga dan alhamdulillah cepet sembuh. Tapi ga tau tuh Mba amankah kalo dikasih ke baby di bawah 2 taun?

@ mami vaya n susan noerina : Sejauh yang aju tau juga gitu, aku belom pernah nemuin dokter yang nganjurin pake obat tradidional. insya Allah aman kok, karena sejumlah artikel yang aku baca, obat tradisional kayak gini hampir gak ada efek sampingnya.

dan alhamdulillah zaheer juga oke-oke aja.

termasuk herbal ya obat cacing ini? iya sih, kalo bisa buat anak yang alami deh karna cendrung gak ada efek samping, juga buat orang dewasa. thx for share ya mom:)

thx infonya mam...
obat cacing yg udah di racik kalo dijakarta banyak dijual di toko obat cina. di glodok banyak tuh. bentuknya udah bubuk kering dimasukin ke dalam pil gitu. aku blm pernah coba, tp memang katanya sih manjur banget.