URTIKARIA

Kemaren-kemaren zaheer ngeluh gatal-gatal. Awalnya aku pikir mo biang keringatan lagi, pasalnya sebelum-sebelumnya Zaheer emang rentan banget kena biang keringat. Dibawa ke daerah yang lebh panasan dikit bisa langsung timbul si bintik merah, makanya gak heran, Salicyl jadi salah satu menu utama di rumah terutama kalo bepergian. Hal ini juga bisa terjadi kalo misalnya karena suatu hal, Zaheer gak mandi, bisa langsung jadi dch tuh keringet buntet.

Nah, sebelumnya Zaheer kan baptil, jadi Zaheer gak dimandiin 2 hari, hanya di seka aja, di lap pake aer anget. Jadi pas kali ini dia garuk-garuk, aku kira biang keringetnya timbul lagi.

Pagi pagi sekitar jam lima-an Zaheer garuk-garukya tambah menjadi, bahkan kali ini pake garukin tangan dan kakinya segala, pas dicek, ternyata banyak bentol-bentol gede-gede banget dan bewarna kemerahan. Mungkin seperti inilah yang dinamakan kaligata/urtikaria.

Selidik punya selidik, apa penyebabnya soal ini. Tentang makanan, hari sebelumnya, yang aku inget Zaheer gak makan yang aneh-aneh, cuma makanan menu harian di rumah. Cemilan pun palingan makan kue-kue yang ada di rumah, buahnya jeruk, rambutan dan duku. Itu pun dalam jumlah yang wajar bagi anak seusianya. Malemnya sempet ikutan makan sup kambing, itu pun cuma dikit.

Kalo soal contact dengan benda-benda lain atau binatang seperti ulat bulu, aku pikir nggak juga, soalnya di sekitar rumah dan sekitar tempat maennya zaheer gak ada pohon besar atau tanaman apa lah yang adda uletnya. Tapi untuk yang satu ini aku gak bisa mastiin. Mungkin aja Zaheer sempet pergi kemana gitu sama pengasuhnya. It’s possible memang.

Oya, dapet hasil dari browsing tentang kaligata ini diantaranya sebagai berikut :

Yang seringkali menyebabkan kaligata adalah:

  • Obat-obatan
  • Makanan (terutama telur, kerang-kerangan, ikan, kacang-kacangan, susu)
  • Serbuk sari
  • Serbuk binatang (terutama kucing)
  • Gigitan serangga
  • Air, cahaya matahai, panas, dingin
  • Stres emosional
Gejalanya bisa berupa:
  • gatal-gatal
  • pembengkakan diatas permukaan kulit yang berwarna kemerahan dengan batas pinggir yang jelas (timbul secara tiba-tiba, memudar bila disentuh, jika digaruk akan timbul bilur-bilur yang baru)
  • bilur-bilur membesar lalu menyebar atau bergabung satu sama lain membentuk bilur yang lebih besar
  • bentuknya berubah-ubah, hilang-timbul dalam beberapa menit atau jam.
Pengobatan :
Jika sifatnya ringan, tidak diperlukan pengobatan khusus karena bisa menghilang dengan sendirinya.
Jika sampai terjadi penyumbatan tenggorokan dan kesulitan bernafas, maka segera dilakukan tindakan darurat.
Untuk mengurangi peradangan, gatal-gatal dan pembengkakan, diberikan antihistamin, epinephrine, terbutalin, simetidin, kortikosteroid atau obat penenang.

Dan sampe saat tulisan ini dibuat, Zaheer belom aku kasih obat apa-apa dan belom coba aku periksain ke dokter, selain diolesi pake minyak kayu putih, untuk menghangatkan dan mengurangi rasa gatalnya.

Mudah-mudahan ini hanya alergi ringan, dan Zaheer bisa cepet sembuh, gak gatal-gatal lagi.. Insya allah tulisan ini masih berlanjut, karena belum menemukan sebab yang pastinya, masih kemungkinan-kemungkinan.

Sumber : http://medicastore.com


7 comments:

kemungkinan alergi kali mom, smoga cpt ditemukan penyebabnya dan smoga cpt sembuh yachh.....

Pascal juga pernah kaya gitu. Trus aku tanya apoteker di apotek. disuruh dimandiin pakai air hangat trus dibalurin minyak kayu putih. Allhamdulillah cepet hilang kaligata nya

Cepet sembuh ya Zaheer.....

mdh2an cepet sembuh ya zaheer.....

Thanks sharingnya mam. Semoga Zaheer cepet sembuh ya :-)

thanks for sharing. moga zaheer gak kena gatal2 lagi yah.cukup sekali aja.

Semoga cepet sembuh yah Ka Zaheer. Dulu gw juga suka kaligata Mba, eh pas dah merid alhamdulillah ga penah lagi. Berdoa moga2 Zahia ga kaligata kaya Bundanya