MENYONGSONG TAHUN AJARAN BARU

Usia 2 tahun Zaheer udah bisa masuk sekolah, PAUD. Bentar lagi mau masuk tahun ajaran baru. Mulailah cari informasi tentang sekolahan anak usia dini. Di sekitar tempat tinggal kami ada 2 sekolah PAUD, di Manislor dan di Maniskidul. Mungkin aku akan pilih yang paling paling deket di antara keduanya, yaitu PAUD yang di Maniskidul aja.

Melihat kesiapannya zaheer sendiri sepertinya sudah oke, tinggal bagaimana mengkondisikan soal suasana belajar sambil bermain di kelas bersama teman seusianya. Selama ini kan Zaheer belajar paling di rumah sama mamanya atau sama pengasuhnya. Sendiri, ga da temen yang laen.

Awalnya aku agak ragu juga untuk menyekolahkan Zaheer di usianya yang baru memasuki tahun ke-3 ini. Ada beberapa pendapat mengatakan, kalo anak sekecil ini sudah disekolahkan, maka ada kemungkinan, pada saat usia wajib sekolahnya kelak dia akan merasa bosan dengan suasana sekolah.

Tapi setelah pikir-pikir lagi, kayaknya gak begitu juga deh yaa.. anak gak mungkin bosen dengan rutintas sekolah, soalnya tiap tahun kan ada tingkatannya, ada perubahan tempat dan suasana, juga bahkan ada perubahan temen-temennya. Jadi, aku rasa hal ini bisa dicegah.

Anak juga akan merasa senang dengan hal-hal yang baru, misalnya saja dengan peralatan sekolah yang baru, seragam dan sepatu baru dan sebagainya. Walopun mungkin ada beberapa anak yang agak kesulitan dalam penerimaan terhadap yang baru, seperti harus berkenalan dan berbaur dengan anak-anak lain yang kelihatannya baru ketemu dan sebagainya.

Dengan bersekolah di PAUD ini aku yakin akan banyak dapet manfaatnya. Selain mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas, juga mempersiapkan mental anak dalam memasuki usia wajib sekolahnya. Dan tentunya agar anak bisa lebih banyak tau tentang berbagai hal dan meningkatkan kreatifitas yang lebih terarah. Soal nantinya mungkin akan ada acara mogok-mogokan, wajar lah, asal jangan keseringan macetnya.

Jadi soal pendapat yang mengatakan bahwa “kalo anak sudah disekolahkan sebelum usia wajib sekolah, maka ketika memasuki usia itu anak akan merasa bosan” menurutku adalah SALAH BESAR. Setuju???

Btw sebenernya anak-anak bisa mulai disekolahkan di PAUD ini kapan aja. Gak usah nunggu pergantian tahun ajaran baru. Tapi aku pikir nanti aja lah, bentar lagi, jadi biar gak kepotong liburan panjang. Oke, setelah yakin, aku harus mulai melengkapi peralatan sekolahnya Zaheer nich, biar Zaheernya juga semangat!


6 comments:

Selamat sekolah yah ka Zaheer. Semoga tambah pinter dan bikin Mama Papa bangga.

Hayo Jeng, siap2 beli perlengkapan sekolahnya yah :-)

Setuju Mom,
Meskipun masih terlalu dini, tp sekolah/PAUD itu bagus kok krn anak akan bisa lebih mandiri dan bersosialisasi dgn teman-2 sebayanya. Aku sendiri jg lagi cari info sekolah buat Danis. Pengennya sih yang deket-2 rumah.

Trus, sekarang dah beli perlengkapan sekolahnya ka Zaheer belum mom? klo udah, diposting yaa ;-)

kayaknya PAUD itu TK "model baru" yah. sudah kedua kali baca soal PAUD di blog para mommies. semoga zaheer bisa asik yah di PAUD

Wah....Zaheer dah mo sekolah pasti seneng ya bakal punya temen banyak niy.....

moga tambah banyak temennya zaheer ya

setuju tuh dengan pendapatnya. Seneng ya Zaheer mau sekolah