ke PANGANDARAN

Jum’at malem kemaren, tepatnya tanggal 25, malem Sabtu kami bertiga berangkat ke Pangandaran bareng temen-temen nya Ayah plus keluarga masing-masing. (Ya iya lah masa keluarganya presiden??!! hehe..). Kami berangkat sekitar jam 22.30 dengan perbekalan satu tas penuh yang udah disiapin dari sehari sebelumnya, berisi makanan ringan, makanan berat, beberapa botol air mineral dan pengganti ion, juga UHT nya Zaheer gak mo ketinggalan. Sebenernya berangkat dari rumah sih jam 5 sore, tapi transit dulu di rumah ibu mertua, soalnya bis rombongannya melewati rumah ibu. Jadi agak riskan kalo berangkat malem-malem dari rumah bawa zaheer pake motor menuju lokasi penjemputan bis.

Berangkat jam 10.30 malem karena udah diperkirakan perjalanan dari Kuningan – Pangandaran kurang lebih 6 jam dengan kecepatan normal ukuran bis, dengan harapan Shubuh kami udah nyampe. Dan emang bener aja kira-kira jam 4 pagi kami nyampe Pangandaran.
Yang namanya jalan raya dari Kuningan-Pangandaran ternyata gak semulus yang aku kira. Mulus sih mulus, cuma belokannya itu loh yang muantafff bangettt. Emang sih belokannya cuma 2, kanan dan kiri doank, tapi 2 dikali 100. Pokoknya sukses mengocok perut. Mabok? Jangan ditanya! Lieeuuur pokona mah. Sampe bikin si ayah kapok, gak bakalan dech ngulangin pergi ke Pangandaran pake bis. Untungnya nih, Zaheer baik-baik aja damai dibuai mimpi sampe tujuan, walopun sempet bentar-bentar bangun cuma karena pengen minum.


Sampe sana acaranya sholat dulu di masjid terdekat plus sarapan, yang menurutku kepagian. Tapi karena perutnya mendukung bahkan merengek minta diisi, maka mulailah kami menggasak perbekalan yang ada. Nyam..nyam..nyam..

Setelah kenyang, perjalanan dilanjut menuju ke pantai sekitar jam 5.30. Gak kepagian jeng..? emang nggak! Terbukti pas masuk ke wilayah pantai udah banyak banget yang nangkring bahkan bermain air di sana. Hiiiy dingin kali yah..walopun sebenernya hati sudah melonjak-lonjak kegirangan pengen cepet-cepet nyemplung. Tapi ditahan aja, mikir dulu kali yaa, kalo yang gak biasa gejebar gejebur jam rebun-rebun gak bakalan nahan maksain berbasah-basahan, kalo gak pengen badan jadi biru kedinginan.

Kenapa banyak yang udah berada di sana sepagi itu? Yups bukannya lagi nyari panganan buat sarapan tapi tidak lain dan tidak bukan adalah pengen sekedar menyaksikan pemandangan indahnya sunrise di laut. Huuuw udah kebayang aja segimana amazing nya. Kamera pun udah siap sedia untuk merekam kejadian seru itu. Tempat duduk juga udah dikondisikan senyaman-nyamannya. Walopun cuaca saat itu sepertinya mendung, tapi banyak yang mengira kalo itu bukanlah mendung, melainkan karena masih pagi banget.

5 menit.. 10 menit dengan sabar kami menunggu kemunculan si kuning bersinar, dengan diselingi para pedangan asongan yang gak bosen-bosen menerima penolakan dari para calon pembeli, dari mulai yang jualan ikan asin, udang goreng tepung, sampe ke yang jualan kumang : sejenis hewan berkaki empat ato lebih (gak inget berpapa tepatnya jumlah kakainya) yang punya cangkang lebih keras dari cangkangnya keong berukuran lebih kecil – salah satu maenan balapan favorit anak-anak. Ada juga yang jualan selei pisang. Aduh kok rata-rata makanannya sama aja ya dengan yang di kampung..gak ada yang aneh gitu.

20 menit.. 45 menit kami masih menunggu dengan agak gelisah. Apakah emang ketutup awan mendung ataukah dikau lagi pundung/mutung makanya gak mo keluar. Karena udah gak sabar, kamera pun udah stand by dari tadi, si ayah iseng-iseng nanya sama orang sekitar asli sana. Dan ternyata, yang anda sekeluarga kunjungi sekarang adalah pantai barat, kalo pengen liat sunrise ya mestinya di pantai timur nangkringnya. Waks?? Gubraks!! Bermenit-menit kami menanti dirinya, nyatanya salah tempat. Ditunggu ampe sandal bulukan pun tuh sunrise gak bakalan muncul. Yang ada disitu mah ya sunset nya, ntar sore. Heuheuy..maklum lah..belum pengalaman. Duuuh mentari..mentari.. mbok ya sms gitu kalo kita salah tempat. Malu-maluin ajeh!

Mau pindah tempat, ah percuma. Waktu udah nunjukin jam 7.30, jadi udah telat banget. So lanjut ajah ke acara cebar-cebur. Ganti kostum sama yang cucok buat maen aer, pake bikini, hehe..gak ding! Pake yang lebih simpel aja dari sebelumnya, yang pake jubah kebesaran. Dan ternyata suwe lagi.. udah siap-siap nyeburr, eh..hujan turun sodara-sodara. Kami pun cepet-cepet berteduh sedapetnya. Ada juga sebagian orang yang maksain renang berhujan-hujanan, bandel juga, padahal penjaga pantai udah berkoar-koar agar mereka menepi dulu sampe ujan reda. Aku sih kwatir ma zaheer secara sebelumnya di bis udah full AC, kalo ditambah ujan-ujanan bisa-bisa pulang dari sini langsung meler dia. Jadilah acara weekend kali ini acaranya berteduh duduk manis menonton deburan ombak (sambil menopang dagu), dengan berharap-harap cemas hujan cepet reda.

Alhamdulillah hujan pun gak lama, kami langsung berlari-lari menuju pantai dengan hati riang gembira. Huuuiii asyik juga menantang ombak yang waktu itu lumayan agak gede. Zaheer, apalagi. Dia exciting banget, baru kali ini maen ombak.


Rencana awalnya di pangandaran, kami sampe jam 4 sore, nyatanya boro-boro sampe jam 4, jam 10 pun orang-orang udah pada boring karena cuacaya yang kurang mendukung. Padahal di sana ada semacem Grand canyon nya Pangandaran, aku gak tau apa disebutnya, yang kabarnya di situ ada pemandangan yang lebih okeh, ada waterfall dsb. Cuma yaa agak ngeri juga, karena untuk menuju kesana mesti nyeberang pake perahu, kapal air dan sejenisnya. Sedangkan waktu itu ombak pun lagi gede. Ya wis lah kami pun menyudahi acara basah-basahan nya.

Dilanjutkan acara belanja-belanji oleh2, baju dsb, diiringi gerimis mengundang. Yaah..daripada kosong aja. Sekalian cuci mata liat-liat yang baru-baru dan nyari-nyari yang aneh-aneh.

Udah puas belanja sampe sekarung penuh, kami pun melanjutkan perjalanan ke Batu Hiu. Nyampe sana sekitar jam 12, sekalian numpang sholat dan makan siang. Di Batu Hiu ini temanya masih sama, pantai juga. Cuma di sini ada taman nya, anginnya juga lebih kenceng, sampe bisa menyibak rok nya si Surti, anak Bapa Kades. Dingiiiinnn..mana matahari agak pelit membagi kehangatannya waktu itu.



Jam 14.00 perjalanan ke Ciung Wanara

Ada hal yang mengerikan ketika perjalanan dari Pangandaran ke Ciung Wanara. Salah satu anggota rombongan kami, gadis berusia sekitar 19an, kerasukan. Badannya kejang-kejang disertai ocehan yang gak karuan, terak-teriak ketawa campur jerit-jerit nangis bikin merinding orang yang dengernya. Selama 20 menitan itu berlangsung, dengan usaha para bapak alakadarnya sebisanya berusaha menyadarkan gadis tersebut. Untungnya zaheer gak mesti menyaksikan itu, karena waktu itu dia udah pules bobok di pangkuan mama tercinta, yang terus komat-kamit sebisanya. Membaca ayat-ayat yang dihafal.

Menurut keterangan dari saudaranya, bahwa si gadis tersebut sebelumnya emang udah murung selama dalam perjalanan, bahkan gak jarang tatapannya kosong. Tapi hal itu teratasi juga. Lumayan bikin keringetan para bapak yang menanganinya.
Nyampe di Ciung Wanara sekitar jam 16 Puter-puter di situ. Jeprat-jepret sana sini. Ada monkey nya juga, banyak malah. Tentang objek wisata Ciung Wanara ini bisa dilihat di sini.


Sebelum pulang ada kejadian heboh lagi, sekitar jam 16.50, terjadi gempa ringan selama sekitar 3 menitan, tapi cukup bikin orang-orang pada ricuh dan berhamburan keluar nyari tempat yang lapang. Panik tentu, semuanya bertakbir. Tapi Alhamdulillah gak sampe terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini membuat anggota rombongan kami bergegas siap-siap pulang tanpa dikomando semuanya langsung ngumpul di bis pengen cepet-cepet meninggalkan tempat itu.

Belakangan ada kabar bahwa pusat gempa berkekuatan 6,3 SR terjadi di Tasikmalaya yang berakibat kerusakan beberapa bangunan. Yang kemudian disusul dengan fenomena gerhana bulan parsial.

Singkat cerita kami sampai dengan selamat di rumah masing-masing sekitar jam 9 malem. Gak kurang suatu apa pun.

Photobucket

TENTANG CALISTUNG

Bulan ini zaheer berusia 27 bulan, review sedikit soal perkembangan belajarnya. Sebenernya yang namanya anak balita, tiap detiknya adalah belajar. Tiap hari pasti aja ada sesuatu malah banyak hal yang baru baginya. Bahkan bermain nya pun adalah belajar.

Setelah memperhatikan, menimbang dan mengingat, zaheer ini kurang suka kalo diajarin ngitung, apalagi baca.

Padahal udah jauh-jauh hari dari pas lahirnya zaheer, kami (baca: aku dan ayah Zaheer) dah mempersiapkan flash card seri membaca dengan harapan agar Zaheer cepet bisa baca bahkan di usianya yang masih dini sekalipun (ketika lancar ngomong - langsung bisa baca). Ini hasil penelitian para founder flash card, bahwa beberapa anak yang telah diajarin membaca dari usia 6 bulan, rata-rata sudah lancar baca di usia 2 tahun. Waaau.. *mupeng* dan rata-rata harganya pun kurang bersahabat dengan kantong. Walopun awalnya si anak cuma bereaksi “hah..hoh..hah..hoh..” tapi dicoba ajah, gak ada salahnya.

Maka dengan semangat 45 plus keyakinan yang membaja dan membara di dada, kami pun melancarkan aksi pengajaran membaca ini (cuma lupa kapan mulainya). Dan hasilnyaaaa.. kartu-kartu bentuknya udah banyak yang gak utuh lagi, bukan karena sering dipelajari, tapi karena digigit-gigitin lah, ada yang dijadiin alas mobil-mobilan nya lah, ada juga yang dicoret-coretin, malah beberapa udah ilang.

Sebenernya kami nya juga yang kurang gereget dalam mengajar zaheer. Ini karena kami gak pengen maksain soal ini. bukan salah anaknya juga, karena tiap anak pastilah terlahir cerdas, tinggal bagaimana cara orang tua masing-masing menggali dan mengasah potensi anak sesuai bakatnya.

Aku pernah baca karyanya ayah Edy dalam bukunya yang bejudul I Love You Ayah Bunda, bahwa kemampuan otak manusia yang berkaitan dengan pembelajaran, secara global terbagi menjadi 3 hal besar. Pertama adalah kemampuan kreatif, kedua adalah kemampuan berfikir/nalar dan ketiga adalah kemampuan mengingat.

Dan CaLisTung (baca tulis hitung) hanyalah salah satu proses untuk mengembangkan kemampuan mengingat jangka pendek (short term memory learning). Sedangkan kemampuan mengingat merupakan kemampuan alami yang bersifat pelengkap. Dan kemampuan yang utama dan vitalnya berupa kemampuan kreatif dan berfikir, yang membantu si anak mencapai sukses di kehidupannya kelak.

So sekarang aku gak begitu kuatir lagi soal Zaheer yang agak-agak susyeh kalo diajarin ngitung or baca. Karena ternyata dia lebih suka kegiatan-kegiatan yang bersifat pengasahan kreativitas, seperti misalnya bongkar pasang mobil-mobilannya, susun balok, memberantakin dan menyusun kembali isi rak, dan sebagainya

Tapiii.. bukan berarti nih, zaheer gak bisa sama sekali ngitung, dia sebenernya udah hafal 1 sampe 10, ini terjadi kalo mood nya lagi baik dan lagi nurut, tapi kalo pecicilan nya lagi kumat, dan memang lebih sering kumat nya ketimbang normalnya, tiap disuruh ngitung, malah dengan sengaja diacak-acak urutannya atau yang paling parah malah mencoba untuk mengalihkan topik pembicaraan. Contohnya, kemarin ketika ayahnya minta zaheer untuk melanjutkan hitungannya dari 3, eh malah zaheer tanya ini apa dan itu apa, tanpa mempedulikan pertanyaan dari para wartawan, hehe..dari ayahnya maksudnya.

Kreatifitas anak memiliki kecenderungan lebih tertarik pada benda-benda 3 dimensi, bukan 2 dimensi seperti poster-poster dan sejenisnya. Tapi hafalannya zaheer soal nama-nama binatang dan buah-buahan juga sudah lumayan banyak kok.

Sekarang ini aku masih nyari-nyari info sekolah PAUD dan TK terdekat yang tidak menitik beratkan pengajarannya pada CaLisTung, tapi yang lebih menekankan pada pengasahan kreativiitas, karena bagi anak usia dini bermain masih merupakan segalanya baginya.

Oya sedikit keluar dari bahasan, beberapa waktu lalu aku mampir di blognya bunda Fisa, bahwa ada tes sidik jari untuk mendeteksi bakat anak. Nah udah beberapa kali aku liat iklannya Frisian Flag yang ngadain tes ini keliling di beberapa kota, terjadwal. Daaan ternyata Cirebon gak tercantum di jadwal. Yaah..kucewa dewh. Kapan yah Cirebon atau bahkan Kuningan kebagian giliran? *ngarep mode : ON*

Photobucket

2 BULAN LAGeeeH


Photobucket

ANTARA 2 BANNER

“Shbt smw… Hps akun FB qt yuk! Cz pnghsiln FB tu utk mmbiayai perang GAZA. Tafaddhal utk bka link http://wassalamfacebook.blogspot.com. Yo qt hijrah ke MFB (www.millatfacebook.com). Situs ini pengganti FB n dbwt olh pmuda Pakistan utk umt mslm. Pmrnth Pkstn n Bangladesh udh blokir FB”

Beberapa hari yang lalu ada pesan di inbox, isinya kurang lebih gitu. Mungkin sebagian besar pembaca udah pada tau dan dah pada dapet sms ini.

Coba sodara-sodara liat di sidebar blog ku ini. Di satu side bar ada akun facebook ku. Di satunya lagi ada banner save Palestina.

Minta pendapat dan masukannya kawan, aku ga mo jadi orang munafik yang berfihak pada dua kubu yang sebenarnya gak saling sejalan. Di satu sisi aku (kita) mendukung banget gerakan save Gaza, peduli Palestina ini. Di sisi lain aku juga masih perlu berhubungan dengan fren-fren yang rata-rata masih aktif di FB. Aku sendiri sebenernya gak begitu aktif berkeliaran di FB. Paling kalo perlu berhubungan ma temen yang ga da nomor telepon nya. Aku juga langganan artikel-ertikel yang bermanfaat dari beberapa group semisal Mahabah Qolbu, Smart Parenting, Cinta Rasul SAW dan masih banyak lagi yang sejenisnya. Plus buat sekedar berhibur, komen sana sini.

Waktu coba ku tanya pada salah seorang temenku, pendapatnya tentang ini kurang lebih gini : “ah ini sich akal-akalannya yang buat millatfacebook.com aja, biar laku. Nah pas sekarang timing nya soal agresi Israel di Gaza, kondisi yang kebetulan banget buat doski melancarkan aksinya, ngiklanin jejaring sos bikinannya.”

Aku : “….???#@$^&*% ????? “

Ahhh.. jadi binun neh..
Mari atuh cek dulu link yang tercantum di sms tersebut. Yuuukkss…

Photobucket

SUATU KEPASTIAN INI

Akhir pekan kemaren, tepatnya hari Sabtu, keluarga besarnya ayah dirundung duka. Salah satu anggota keluarganya, suami dari adik bapak mertuaku alias paman, meninggal dunia, Rasa kehilangan yang teramat dalam sangat kami rasakan, karena kepergiannya sangatlah tiba-tiba. Bukannya berarti kami gak ikhlas melepasnya, tapi kejadiannya sangatlah tiba-tiba. Beliau meninggal karena kecelakaan lalu lintas.

Sabtu pagi cerita nya pamanku itu mo berangkat ke Indramayu untuk urusan kerja. Peristiwa tragis itu terjadi saat paman nyampe sekitar Balongan. 2 kendaraan bermotor yang sama-sama berkecepatan tinggi saling tabrak, tak terelakan. Korban yang satunya meninggal di tempat kejadian, kalo pamanku sempet dibawa ke rumah sakit Plumbon Cirebon dan akhirnya tak terselamatkan.

Sediih banget ternyata, kehilangan salah satu anggota keluarga yang mesti dengan cara kayak gini. Beda banget rasanya ketika ditinggal (mati) sama saudara, yang sebelumnya didahului sakit atau semacamnya. Bisa lebih siap mungkin, secara kasarnya. Meskipun begitu, tetaplah ini merupakan takdir dari-Nya yang mau gak mau mesti diterima dan diikhlaskan.

Tentunya banyak hikmah yang bisa diambil dari kejadian ini. Semakin mengingatkanku bahwa kematian itu benar-benar deket, kapan saja kita bisa mati, entah itu orang sakit maupun sehat, kaya ataupun miskin, sedang sadar ataupun lagi tidur. Siapa pun, kapan pun dan dimana pun, kematian itu dekat. Tak bisa dihindari ataupun ditangguhkan dengan cara apapun. Gak ada yang tau kapan gilirannya, mungkin hari ini, besok, lusa, atau bahkan saat ini juga, atau mungkin seratus tahun lagi. Hanya Allah lah yang Maha Tahu.

Duuuuh kalo inget soal itu, rasanya … hmmm.. gak bisa dilukiskan dengan kata. Udah cukupkah bekalku untuk menghadap-Nya?

Oya waktu takziah kemaren itu ada sebuah celetukan unik dari seorang tetangga deket rumah alm. pamanku itu, kurang lebih begini (dalam bahasa Sunda tentunya) :
“Dia itu (paman) gak inget apa, ini kan hari Sabtu.. LEGI lagih! Kok bepergan siiiih?!”
Konon katanya keyakinan sebagian orang-orang dahulu, mempercayai bahwa hari Sabtu itu kurang bagus untuk bepergian, suka naas katanya.

Yaelah masih adaaaaa aja orang yang percaya hal seperti itu yaa.. untungnya waktu itu mamih mertuaku langsung nimpal “bu, kematian itu kan takdir Allah, kalo sudah waktunya hari ini.. ya hari ini. Mau hari Minggu kek, Rabu kek, entah itu lagi bepergian, atopun lagi tidur di kamar rumahnya sekalipun kalo udah waktunya, tetep aja ajal mah udah pasti.” Waaaw… Siiiip lah my mother in law, luv u…

Any way selamat jalan pamanku tercinta. Mudah-mudahan segala amal dan perbuatan diterima di sisi-Nya. Aamiin.

Photobucket

RITUAL ADAT

Sabtu yang cerah. Awalnya aku pikir pagi ini mo ujan. Soalnya tadi pagi-pagi banget ketika orang-orang kebanyakan melanjutkan ngoroknya sesi kedua, pas aku ke warung buat belanja belanji liat-liat ke atas, ke langit maksudnya, gak nemu bintang yang berkelip, juga gak ada semburat cahaya matahari pagi. Yang ada cuma gundukan-gundukan awan yang agak abu-abu. Eh alhamdulillah, nyatanya sekarang udah jam 9 lewat, dunia Kuningan dan sekitarnya terang benderang.

Sebenernya mo cerita apa ya… ;D

Sodara-sodara tau kan kalo dalam acara pernikahan itu biasanya setelah akad nikah, sebelum dilanjut ke acara resepsi, kebanyakan diadakan dulu apa yang dinamakan upacara adat. Jenisnya tergantung adat budaya masing-masing suku. Kebetulan kemaren aku, zaheer dan ayahnya zaheer menghadiri acara pernikahan salah satu keluarga nya ayah yang total dari awal sampe akhir acara. Karena pengantennya dua-duanya orang Sunda, otomatis pake adat Sunda total.

Nah, kalo dalam adat Sunda ada salah satu dari sekian rangkaian upacara adat ini berupa injak telor oleh si pengantin pria dengan kaki kanan (apa kiri ya? Lupa akyu). Setelah itu dibersihkan sama penganten wanitanya. Terlintas pikiran jail saat itu. Kalo aku yang ngelakuin itu, gimana ya reaksi penganten pria kalo pas kubersihin kakinya aku cubit sekeras-kerasnya. hehe… lucuuu kali ya, hmmm…

So gimana waktu dirimu nikah jeng des, sempet nyubitin gak? Jawab : nggak, soalnya dulu aku pas nikah gak pake upacara adat gituan. Ribetttt…! Jadi setelah akad nikah langsung dilanjut resepsi. Pokonya sederhanaaaa bangets. Bagiku nikah itu yang penting berkahnya, sebisa mungkin menghindari hal-hal yang bisa bikin syirik (musyrik).

Ngomong-ngomong soal perbuatan musyrik, dalam ikhwal pernikahan atau acara-acara pergelaran hajatan lainnya, ada beberapa dalam masyarakat tempat aku tinggal, yang masih mempercayai/melakukan sesajen, biasanya berupa tumpeng nasi uduk atau nasi kuning plus lauk pauknya. Ada yang menyebutnya dengan istilah “parawanten”. Ada juga yang disertai penerangan dengan lilin. Sesajen ini bukan disimpen di bawah pohon dan sejenisnya, melainkan di simpen di salah satu ruangan dalam rumah orang yang punya hajat. Bahkan gak jarang yang aku temukan, itu sesajen karena didiemin selama berhari-hari selama hajatan, ada yang sampe bulukan/lapuk jamuran. Hiiiy…jijay bajaiii.

Maksudnya apa, aku kurang tau tepatnya yang jelas kebanyakan di masyarakat “zaman baheula” ini tertanam keyakinan bahwa dengan sesajen itu, acara hajatan bisa berjalan dengan lancar. Hehe.. korelasinya dimana, aku juga kurang faham. Deeeeuuuh deuh… nyuguhin siapa sih mak? Tapi ternyata ini bukan saja terjadi sama para orang tua loh, keyakinan ini ditanamkan pada para anaknya, jadi seperti turun-temurun gitu lah.

Mudah-mudahan kita termasuk generasi yang bersih dari hal-hal semacam itu. Dengan keyakinan penuh, meminta perlindungan hanya kepada Zat yang Maha Melindungi, semua akan berjalan lancar. Amin..

Photobucket

KARYA TERBAIK SAAT INI

Kali ini cuma pengen mengarsifkan ini aja.
Salah satu karyanya zaheer dari sekian banyak, yang udah agak terarah bentuknya, walopun gak tau ini bentuk apa.
Lumayan.. buat memorialnya zaheer kelak.
Sambil majangin nyengirnya ;D


Photobucket

INDAHNYA BERBAGI

Temans, pernahkah dirimu menerima tamu? Tapi tamu yang aku maksud bukan tamu spesial atau pun pejabat, melainkan pengemis atau peminta-minta? Jawabanyya pasti kebanyakan iya. Apalagi yang kebetulan tinggal di daerah yang terlihat masih kental sisi kemasyarakatannya. Maksud ku daerah yang kelihatannya masih sering diadakan kegiatan-kegiatan sosial dan sebagainya. Tahu kenapa, karena pengemis juga bisa menilai masyarakat seperti apa yang mungkin memiliki kepedulian yang tinggi.

Atau pernahkah dirimu bertemu dengan pengamen atau peminta-minta ketika zamannya masih suka naik turun angkutan dulu terutama bis. Ini tentunya bagi yang pernah mengalaminya, masa-masa ketika masih sekolah dulu, sebelum seperti sekarang ini yang kemana-mana udah pake mobil pribadi. Atau bisa juga bagi yang berkendaraan pribadi ketika berhenti di lampu merah gak jarang kita menemukan peminta-minta atau pengamen jalanan.

Gak jarang pula yang terjadi adalah : para orang-orang yang dimintai itu menolak untuk memberi, padahal uang di dompetnya banyak uang ratusan ribu misalkan. Lalu mereka beralasan karena gak ada receh. Atau gak sedikit pula orang yang ketika pintu pagar atau pintu rumahnya diketuk, tapi pura-pura gak denger atau bahkan tiba-tiba dengan sengaja menghentikan semua bunyi-bunyian biar dikira lagi gak ada orang di dalem rumah.

Kenapa? Sebagian mungkin ada yang berfikiran bahwa dengan memberi pengemis tersebut, itu artinya kita tidak mendidik mereka, atau sama saja dengan mengajarkan mereka tentang kemalasan dalam berusaha mencari nafkah. Padahal mereka sehat wal afiat dan kuat.
Ya. Aku tau persis asalan yang satu ini, karena…. Akulah dulu yang berfikiran seperti ini. hehehe… piiis…

Wait…tapi jangan ilfil dulu sama dirikuh. Yang jelas sekarang cara berfkir ku udah berubah, udah insaf, hehe... Dan yang tertanam di fikiranku sekarang adalah, bahwa :

Di dunia ini ga ada seorang pun yang pengen punya profesi sebagai seorang pengemis, cuma mungkin karena nasib mereka lah yang tidak sebaik kita. Mereka pun sama, pengen bekerja dan berpenghasilan, namun karena kurangnya keterampilan dan kemampuan mereka sehingga untuk bekerja sebagai pencuci piring di sebuah warteg pun ga ada kesempatan dan atau belum ada yang memberi kesempatan, makanya mereka mengemis untuk menyambung hidup.

Dengan berfikiran seperti itulah aku bisa merasakan indahnya berbagi, untuk tidak lagi mencuek-an pengemis atau peminta-mina, dengan menyisihkan beberapa perak, bahkan gope-an sekalipun, ga masalah. Yang penting memberi. Dan yang terutamanya adalah ikhlas.

Tapi ada satu yang mengusik hatiku, ketika bertemu dengan seorang pengemis ibu-ibu, dengan menggendong seorang anak balita, sekira 3-4 tahunan. Hatiku serasa gerimis melihat anak yang digendongnya, dalam keadaan letih lemah dan lesu. Sungguh sangat mengkhawatirkan. Yang terlintas di benakku saat itu adalah, siapa tahu anak itu bukanlah anaknya (gak peduli bagaimana ia mendapatkan anak tersebut), dengan tanpa merasa berdosa dia dengan sengaja gak ngasih makan minum itu anak biar dengan kondisinya yang mengenaskan itu, dia bisa menarik simpati orang-orang yang ditemuinya untuk kemudian agar memberinya.

Berapa banyak anak yang telah menjadi korban, baik itu anaknya sendiri maupun anak orang lain yang ia manfaatkan demi mendapatkan sumbangan.

Akhir-akhir ini sempet juga tersiar kabar, terutama di perkotaan, tentang maraknya aksi penculikan anak-anak. Entah itu untuk diperjual belikan atau untuk dimanfaatkan mencari sumbangan dan sejenisnya. Na’udzubillah.

Mari para bunda untuk lebih ekstra ketat lagi dalam pengawasan terhadap anak-anak kita. Bahkan diberitakan ada salah satu artist Indonesia yang membekali anak nya yang masih bersekolah di SD dengan HP. Memang sii dengan HP, komunikasi bisa lebih mudah. Tapi timbul pertanyaan, apakah dengan HP tidak malah memancing si pengintai? Wallahu a’lam. Yang penting kita udah berbuat yang terbaik untuk keselamatan anak kita.

Photobucket