ke PANGANDARAN

Jum’at malem kemaren, tepatnya tanggal 25, malem Sabtu kami bertiga berangkat ke Pangandaran bareng temen-temen nya Ayah plus keluarga masing-masing. (Ya iya lah masa keluarganya presiden??!! hehe..). Kami berangkat sekitar jam 22.30 dengan perbekalan satu tas penuh yang udah disiapin dari sehari sebelumnya, berisi makanan ringan, makanan berat, beberapa botol air mineral dan pengganti ion, juga UHT nya Zaheer gak mo ketinggalan. Sebenernya berangkat dari rumah sih jam 5 sore, tapi transit dulu di rumah ibu mertua, soalnya bis rombongannya melewati rumah ibu. Jadi agak riskan kalo berangkat malem-malem dari rumah bawa zaheer pake motor menuju lokasi penjemputan bis.

Berangkat jam 10.30 malem karena udah diperkirakan perjalanan dari Kuningan – Pangandaran kurang lebih 6 jam dengan kecepatan normal ukuran bis, dengan harapan Shubuh kami udah nyampe. Dan emang bener aja kira-kira jam 4 pagi kami nyampe Pangandaran.
Yang namanya jalan raya dari Kuningan-Pangandaran ternyata gak semulus yang aku kira. Mulus sih mulus, cuma belokannya itu loh yang muantafff bangettt. Emang sih belokannya cuma 2, kanan dan kiri doank, tapi 2 dikali 100. Pokoknya sukses mengocok perut. Mabok? Jangan ditanya! Lieeuuur pokona mah. Sampe bikin si ayah kapok, gak bakalan dech ngulangin pergi ke Pangandaran pake bis. Untungnya nih, Zaheer baik-baik aja damai dibuai mimpi sampe tujuan, walopun sempet bentar-bentar bangun cuma karena pengen minum.


Sampe sana acaranya sholat dulu di masjid terdekat plus sarapan, yang menurutku kepagian. Tapi karena perutnya mendukung bahkan merengek minta diisi, maka mulailah kami menggasak perbekalan yang ada. Nyam..nyam..nyam..

Setelah kenyang, perjalanan dilanjut menuju ke pantai sekitar jam 5.30. Gak kepagian jeng..? emang nggak! Terbukti pas masuk ke wilayah pantai udah banyak banget yang nangkring bahkan bermain air di sana. Hiiiy dingin kali yah..walopun sebenernya hati sudah melonjak-lonjak kegirangan pengen cepet-cepet nyemplung. Tapi ditahan aja, mikir dulu kali yaa, kalo yang gak biasa gejebar gejebur jam rebun-rebun gak bakalan nahan maksain berbasah-basahan, kalo gak pengen badan jadi biru kedinginan.

Kenapa banyak yang udah berada di sana sepagi itu? Yups bukannya lagi nyari panganan buat sarapan tapi tidak lain dan tidak bukan adalah pengen sekedar menyaksikan pemandangan indahnya sunrise di laut. Huuuw udah kebayang aja segimana amazing nya. Kamera pun udah siap sedia untuk merekam kejadian seru itu. Tempat duduk juga udah dikondisikan senyaman-nyamannya. Walopun cuaca saat itu sepertinya mendung, tapi banyak yang mengira kalo itu bukanlah mendung, melainkan karena masih pagi banget.

5 menit.. 10 menit dengan sabar kami menunggu kemunculan si kuning bersinar, dengan diselingi para pedangan asongan yang gak bosen-bosen menerima penolakan dari para calon pembeli, dari mulai yang jualan ikan asin, udang goreng tepung, sampe ke yang jualan kumang : sejenis hewan berkaki empat ato lebih (gak inget berpapa tepatnya jumlah kakainya) yang punya cangkang lebih keras dari cangkangnya keong berukuran lebih kecil – salah satu maenan balapan favorit anak-anak. Ada juga yang jualan selei pisang. Aduh kok rata-rata makanannya sama aja ya dengan yang di kampung..gak ada yang aneh gitu.

20 menit.. 45 menit kami masih menunggu dengan agak gelisah. Apakah emang ketutup awan mendung ataukah dikau lagi pundung/mutung makanya gak mo keluar. Karena udah gak sabar, kamera pun udah stand by dari tadi, si ayah iseng-iseng nanya sama orang sekitar asli sana. Dan ternyata, yang anda sekeluarga kunjungi sekarang adalah pantai barat, kalo pengen liat sunrise ya mestinya di pantai timur nangkringnya. Waks?? Gubraks!! Bermenit-menit kami menanti dirinya, nyatanya salah tempat. Ditunggu ampe sandal bulukan pun tuh sunrise gak bakalan muncul. Yang ada disitu mah ya sunset nya, ntar sore. Heuheuy..maklum lah..belum pengalaman. Duuuh mentari..mentari.. mbok ya sms gitu kalo kita salah tempat. Malu-maluin ajeh!

Mau pindah tempat, ah percuma. Waktu udah nunjukin jam 7.30, jadi udah telat banget. So lanjut ajah ke acara cebar-cebur. Ganti kostum sama yang cucok buat maen aer, pake bikini, hehe..gak ding! Pake yang lebih simpel aja dari sebelumnya, yang pake jubah kebesaran. Dan ternyata suwe lagi.. udah siap-siap nyeburr, eh..hujan turun sodara-sodara. Kami pun cepet-cepet berteduh sedapetnya. Ada juga sebagian orang yang maksain renang berhujan-hujanan, bandel juga, padahal penjaga pantai udah berkoar-koar agar mereka menepi dulu sampe ujan reda. Aku sih kwatir ma zaheer secara sebelumnya di bis udah full AC, kalo ditambah ujan-ujanan bisa-bisa pulang dari sini langsung meler dia. Jadilah acara weekend kali ini acaranya berteduh duduk manis menonton deburan ombak (sambil menopang dagu), dengan berharap-harap cemas hujan cepet reda.

Alhamdulillah hujan pun gak lama, kami langsung berlari-lari menuju pantai dengan hati riang gembira. Huuuiii asyik juga menantang ombak yang waktu itu lumayan agak gede. Zaheer, apalagi. Dia exciting banget, baru kali ini maen ombak.


Rencana awalnya di pangandaran, kami sampe jam 4 sore, nyatanya boro-boro sampe jam 4, jam 10 pun orang-orang udah pada boring karena cuacaya yang kurang mendukung. Padahal di sana ada semacem Grand canyon nya Pangandaran, aku gak tau apa disebutnya, yang kabarnya di situ ada pemandangan yang lebih okeh, ada waterfall dsb. Cuma yaa agak ngeri juga, karena untuk menuju kesana mesti nyeberang pake perahu, kapal air dan sejenisnya. Sedangkan waktu itu ombak pun lagi gede. Ya wis lah kami pun menyudahi acara basah-basahan nya.

Dilanjutkan acara belanja-belanji oleh2, baju dsb, diiringi gerimis mengundang. Yaah..daripada kosong aja. Sekalian cuci mata liat-liat yang baru-baru dan nyari-nyari yang aneh-aneh.

Udah puas belanja sampe sekarung penuh, kami pun melanjutkan perjalanan ke Batu Hiu. Nyampe sana sekitar jam 12, sekalian numpang sholat dan makan siang. Di Batu Hiu ini temanya masih sama, pantai juga. Cuma di sini ada taman nya, anginnya juga lebih kenceng, sampe bisa menyibak rok nya si Surti, anak Bapa Kades. Dingiiiinnn..mana matahari agak pelit membagi kehangatannya waktu itu.



Jam 14.00 perjalanan ke Ciung Wanara

Ada hal yang mengerikan ketika perjalanan dari Pangandaran ke Ciung Wanara. Salah satu anggota rombongan kami, gadis berusia sekitar 19an, kerasukan. Badannya kejang-kejang disertai ocehan yang gak karuan, terak-teriak ketawa campur jerit-jerit nangis bikin merinding orang yang dengernya. Selama 20 menitan itu berlangsung, dengan usaha para bapak alakadarnya sebisanya berusaha menyadarkan gadis tersebut. Untungnya zaheer gak mesti menyaksikan itu, karena waktu itu dia udah pules bobok di pangkuan mama tercinta, yang terus komat-kamit sebisanya. Membaca ayat-ayat yang dihafal.

Menurut keterangan dari saudaranya, bahwa si gadis tersebut sebelumnya emang udah murung selama dalam perjalanan, bahkan gak jarang tatapannya kosong. Tapi hal itu teratasi juga. Lumayan bikin keringetan para bapak yang menanganinya.
Nyampe di Ciung Wanara sekitar jam 16 Puter-puter di situ. Jeprat-jepret sana sini. Ada monkey nya juga, banyak malah. Tentang objek wisata Ciung Wanara ini bisa dilihat di sini.


Sebelum pulang ada kejadian heboh lagi, sekitar jam 16.50, terjadi gempa ringan selama sekitar 3 menitan, tapi cukup bikin orang-orang pada ricuh dan berhamburan keluar nyari tempat yang lapang. Panik tentu, semuanya bertakbir. Tapi Alhamdulillah gak sampe terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ini membuat anggota rombongan kami bergegas siap-siap pulang tanpa dikomando semuanya langsung ngumpul di bis pengen cepet-cepet meninggalkan tempat itu.

Belakangan ada kabar bahwa pusat gempa berkekuatan 6,3 SR terjadi di Tasikmalaya yang berakibat kerusakan beberapa bangunan. Yang kemudian disusul dengan fenomena gerhana bulan parsial.

Singkat cerita kami sampai dengan selamat di rumah masing-masing sekitar jam 9 malem. Gak kurang suatu apa pun.

18 comments:

wah sama Farras juga bulan kemarin habis dari sana .. pantainya dah kotor ya .. tapi kalo yang di pasir putih sih masih mendingan ..

>>bunda farras : iya sich udah agak kotor, tapi kemaren mendingan jeng, udah dibersihin kali karena mo musim liburan

Wah..enak yah liburannya ke pangandaran..tapi azam mah sama sekali belum penah kesana tuh soalna bundanya kalo denger pantai udah ceper duluan hehehee..

>>Bunda Azam : heuuu padahal aku suka banget sama yang namanya pantai, gunung dan tempat-tempat wisata alam lainnya. bisa bener2 merefresh otak jeng.

Wah...di Foto Zaheer kelihatan udah dewasa banget ya. Serem juga ya ada yang kerasukan segala dan gempa. Tapi alhamdulillah bisa teratasi. Saya ke Pangandaran kurang lebih 13 th yl hehehe. Waktu itu kerumah kakak sepupu, naik bis sama ibu, waduh jalannya berkelok2..mabuk dah.. :D

Mbak Desy, memang benar di Pangandaran ada Green Canyon, tapi letaknya bukan di pinggir laut, tapi agak lebih ke hutan gitu. Dulu saya ke sana butuh sejam dari Pantai Pangandaran.

Betul, ada air terjunnya, tapi untuk mencapai itu cukup pakai sampan aja yang didayung pelan, jadi bukan pakai kapal. Kalau Zaheer udah bisa duduk, bisalah dibawa naik perahu asalkan diam dan nggak goyang-goyang, hehehe.

asyiknya yang abis jalan2.. oleh2nya mana ka zaheer??? Kirim2 donk kerumah de' shishil, hehe.. syerem juga ya mba pake ada acara kerasukan N gempa, alhamdulillah bisa sampe rumah lg dg selamat. Kalo shishil maupun bundanya blm pernah main kesana, nanti deh, ajukan proposal dulu ke ayah, hihi

gak ke green canyon nih? keren tuh. aku cuma terkesan disitu aja waktu ke pangandaran

waaa serem pake ada yang kerasukan. berarti ini pas ada gempa kemarin itu ya mom. serem juga ya. Tapi alhamdulillah nggak ada apa2 dan semuanya menyenangkan ya :)
Aku belum pernah ke pangandaran, tapi tau jalannya berkelok2 jadi nggak pengen, soalnya aku nggak tahan pergi terlalu jauh dgn jalan berkelok2, bisa mabok hehe...

ke Pangandaran itu emang males di jalannya. Udah jauh, belok2nya gak nahannn.. HEhehe.. Tp kalo udah sp sana enak y :)

senengnya yang liburan ke pantai...tapi salah nungguin sunrise nya tu bikin ngikik xixixi...

Waaahhh senangnya yang liburan ke pantai. kalo disini ada pantai namanya Luak Bay alhamdulillah bersiiiihhhh p;isan. Terus orang2 dagangnya juga tertib, mereka hanya berjualan di tempat yang udah disediakan.

Btw hihihi lucu pisan kejadian salah tempat nungguin sunrise. Pengalaman yah boooo :-)

>>BunDit : iya, udah jadi bujangan.

>>Vicky : emang bukan pinggir laut jeng. waktu itu kata bapak2 salesman nya gitu, kalo sekarang mah pake kapal,tapi yang kecil, bukan seperti kapal-kapal gede yang dibayangkan.

>>Herien : dah abis buu oleh2nya

>>Lidya : waktu itu cuacanya lagi kurang oke, ngeri juga liat ombaknya yang gede-gede.

>>Motik : iya pas gempa d Tasik, kami masih di ciamis

>>Ke2nai : bikin nocok perut bun..

>>Astien n Soesan : padahal waktu itu udah dengan pede nya pasang gaya sang kamermen

asik dah..zaheer jalan2 mulu. itu batu hiunya serem kali pun!
zaheer berani yah! anakku dua2nya dah gaya2an bawa pelampung,giliran mau dibawa turun ke laut, protes gak mau dua2nya. akhirnya cuman main pasir. berdiri di pantai sambil merendamkan kaki ke ombak yg datang pun takut banget! kali anak laki memang lebih pemberani kali yah sesuai kodratnya...hehehehe!

serem juga yah kalo ada gempa.. untung gempanya jauh! tasik sering gempa yah akhir2 ini? tahun lalu juga di tasik wkatu aku di jakarta, di RS nungguin ayahku.
btw, lain kali bawa kompas biar gak salah arah...kikikikkk...!

>>Yenni : boleh juga tuh idenya, bawa koompas hehe.. iya kali yach, zaheer berani mungkin karena dia laki-laki emang lebih berani

Liburannya seru sekali. all in. Bahagia, kesel, capek pake takut gempa & kesurupan juga. Hehe ... Nyampe rumah pasti dah loyo deh.
Maen ke Jepara, yuk. Banyak pantai yang masih perawan & indah-indah. Ombaknya kecil hingga serasa di kolam renang dangkal. Memancing di agak tengah juga tinggal jalan kaki saja. Ikannya kelihatan lagi saking beningnya.

wah2 abis jalan2 ya zaheer....pastinya seneng yach...Pernah baca Green Canyon di Majalah Wanita, jadi tambah mupeng mau kesana, bawa oleh2 jambal roti gak.....???(Bagus bu blognya : Desy Corner..MANTAB)