RITUAL ADAT

Sabtu yang cerah. Awalnya aku pikir pagi ini mo ujan. Soalnya tadi pagi-pagi banget ketika orang-orang kebanyakan melanjutkan ngoroknya sesi kedua, pas aku ke warung buat belanja belanji liat-liat ke atas, ke langit maksudnya, gak nemu bintang yang berkelip, juga gak ada semburat cahaya matahari pagi. Yang ada cuma gundukan-gundukan awan yang agak abu-abu. Eh alhamdulillah, nyatanya sekarang udah jam 9 lewat, dunia Kuningan dan sekitarnya terang benderang.

Sebenernya mo cerita apa ya… ;D

Sodara-sodara tau kan kalo dalam acara pernikahan itu biasanya setelah akad nikah, sebelum dilanjut ke acara resepsi, kebanyakan diadakan dulu apa yang dinamakan upacara adat. Jenisnya tergantung adat budaya masing-masing suku. Kebetulan kemaren aku, zaheer dan ayahnya zaheer menghadiri acara pernikahan salah satu keluarga nya ayah yang total dari awal sampe akhir acara. Karena pengantennya dua-duanya orang Sunda, otomatis pake adat Sunda total.

Nah, kalo dalam adat Sunda ada salah satu dari sekian rangkaian upacara adat ini berupa injak telor oleh si pengantin pria dengan kaki kanan (apa kiri ya? Lupa akyu). Setelah itu dibersihkan sama penganten wanitanya. Terlintas pikiran jail saat itu. Kalo aku yang ngelakuin itu, gimana ya reaksi penganten pria kalo pas kubersihin kakinya aku cubit sekeras-kerasnya. hehe… lucuuu kali ya, hmmm…

So gimana waktu dirimu nikah jeng des, sempet nyubitin gak? Jawab : nggak, soalnya dulu aku pas nikah gak pake upacara adat gituan. Ribetttt…! Jadi setelah akad nikah langsung dilanjut resepsi. Pokonya sederhanaaaa bangets. Bagiku nikah itu yang penting berkahnya, sebisa mungkin menghindari hal-hal yang bisa bikin syirik (musyrik).

Ngomong-ngomong soal perbuatan musyrik, dalam ikhwal pernikahan atau acara-acara pergelaran hajatan lainnya, ada beberapa dalam masyarakat tempat aku tinggal, yang masih mempercayai/melakukan sesajen, biasanya berupa tumpeng nasi uduk atau nasi kuning plus lauk pauknya. Ada yang menyebutnya dengan istilah “parawanten”. Ada juga yang disertai penerangan dengan lilin. Sesajen ini bukan disimpen di bawah pohon dan sejenisnya, melainkan di simpen di salah satu ruangan dalam rumah orang yang punya hajat. Bahkan gak jarang yang aku temukan, itu sesajen karena didiemin selama berhari-hari selama hajatan, ada yang sampe bulukan/lapuk jamuran. Hiiiy…jijay bajaiii.

Maksudnya apa, aku kurang tau tepatnya yang jelas kebanyakan di masyarakat “zaman baheula” ini tertanam keyakinan bahwa dengan sesajen itu, acara hajatan bisa berjalan dengan lancar. Hehe.. korelasinya dimana, aku juga kurang faham. Deeeeuuuh deuh… nyuguhin siapa sih mak? Tapi ternyata ini bukan saja terjadi sama para orang tua loh, keyakinan ini ditanamkan pada para anaknya, jadi seperti turun-temurun gitu lah.

Mudah-mudahan kita termasuk generasi yang bersih dari hal-hal semacam itu. Dengan keyakinan penuh, meminta perlindungan hanya kepada Zat yang Maha Melindungi, semua akan berjalan lancar. Amin..

10 comments:

Sama dunks Mba gw juga pas merid pake adat Sunda tapi sedikit ajah, bukan yang paket komplit. Udah mah ribet, terus mertua gw ga gituh senang dnegan yang kaya ginian. Lagian merid kan yang penting sah secara agamanya. kalo adat mah belakangan (menurut gw loh)

Met wiken yah Mba :-)

memang agak susah kalau mengikuti adat, apalagi sesepuh dulunya pakai

Dulu waktu blm nikah sempet punya niat kalo nikah pake adat jawa komplit.
Tapi begitu bener2 mau nikah udah males duluan mbayangin ribet nya acara adat, akhirnya sama kayak mama Desy abis akad nikah langsung resepsi, sehari semalem kelar gak pake lama & ribet.

Aku juga nggak pakai acara adat mbak. Pagi akad nikah, jeda sebentar, siangnya lanjut resepsi. Tdnya pengen pakai acara adat lengkap, tp dipikir2 nggak usah aja deh. Sederhana yg penting sah hehe..

Aq juga mba ga pake acara adat..selesai akad nikah jeda sebentar resepsi..

hhmm nikah dulu .. prasaan prihatin banget dech .. sebulan sebelum nikah bapak ku terkena stroke dan biaya utk nikah habis tak bersisa ... Alhamdulillah resepsi masih bisa berjalan. ;)

Hihihi yang sudah komen kok rata2 sama ya gak pakai acara adat pas nikah dulu. Saya juga. Habis akad di rumah, resepsi di gedung. Udah. Simpel :-)

Sekarang kayaknya org yg mo nikah ga mau ribet2 ya, cuma akad trus resepsi. Klo aku dulu abis akad ada sedikit acara adat, yg cium tangan minta restu ma kedua ortu dan mertua, trus suap-suapan itu loh heeee....ga lengkap siy, tp penuh makna

yg namanya adat mau ga mau harus dijalani...di ambil sisi positifnya aja...pasti ada hikmahnya,,,