TENTANG CALISTUNG

Bulan ini zaheer berusia 27 bulan, review sedikit soal perkembangan belajarnya. Sebenernya yang namanya anak balita, tiap detiknya adalah belajar. Tiap hari pasti aja ada sesuatu malah banyak hal yang baru baginya. Bahkan bermain nya pun adalah belajar.

Setelah memperhatikan, menimbang dan mengingat, zaheer ini kurang suka kalo diajarin ngitung, apalagi baca.

Padahal udah jauh-jauh hari dari pas lahirnya zaheer, kami (baca: aku dan ayah Zaheer) dah mempersiapkan flash card seri membaca dengan harapan agar Zaheer cepet bisa baca bahkan di usianya yang masih dini sekalipun (ketika lancar ngomong - langsung bisa baca). Ini hasil penelitian para founder flash card, bahwa beberapa anak yang telah diajarin membaca dari usia 6 bulan, rata-rata sudah lancar baca di usia 2 tahun. Waaau.. *mupeng* dan rata-rata harganya pun kurang bersahabat dengan kantong. Walopun awalnya si anak cuma bereaksi “hah..hoh..hah..hoh..” tapi dicoba ajah, gak ada salahnya.

Maka dengan semangat 45 plus keyakinan yang membaja dan membara di dada, kami pun melancarkan aksi pengajaran membaca ini (cuma lupa kapan mulainya). Dan hasilnyaaaa.. kartu-kartu bentuknya udah banyak yang gak utuh lagi, bukan karena sering dipelajari, tapi karena digigit-gigitin lah, ada yang dijadiin alas mobil-mobilan nya lah, ada juga yang dicoret-coretin, malah beberapa udah ilang.

Sebenernya kami nya juga yang kurang gereget dalam mengajar zaheer. Ini karena kami gak pengen maksain soal ini. bukan salah anaknya juga, karena tiap anak pastilah terlahir cerdas, tinggal bagaimana cara orang tua masing-masing menggali dan mengasah potensi anak sesuai bakatnya.

Aku pernah baca karyanya ayah Edy dalam bukunya yang bejudul I Love You Ayah Bunda, bahwa kemampuan otak manusia yang berkaitan dengan pembelajaran, secara global terbagi menjadi 3 hal besar. Pertama adalah kemampuan kreatif, kedua adalah kemampuan berfikir/nalar dan ketiga adalah kemampuan mengingat.

Dan CaLisTung (baca tulis hitung) hanyalah salah satu proses untuk mengembangkan kemampuan mengingat jangka pendek (short term memory learning). Sedangkan kemampuan mengingat merupakan kemampuan alami yang bersifat pelengkap. Dan kemampuan yang utama dan vitalnya berupa kemampuan kreatif dan berfikir, yang membantu si anak mencapai sukses di kehidupannya kelak.

So sekarang aku gak begitu kuatir lagi soal Zaheer yang agak-agak susyeh kalo diajarin ngitung or baca. Karena ternyata dia lebih suka kegiatan-kegiatan yang bersifat pengasahan kreativitas, seperti misalnya bongkar pasang mobil-mobilannya, susun balok, memberantakin dan menyusun kembali isi rak, dan sebagainya

Tapiii.. bukan berarti nih, zaheer gak bisa sama sekali ngitung, dia sebenernya udah hafal 1 sampe 10, ini terjadi kalo mood nya lagi baik dan lagi nurut, tapi kalo pecicilan nya lagi kumat, dan memang lebih sering kumat nya ketimbang normalnya, tiap disuruh ngitung, malah dengan sengaja diacak-acak urutannya atau yang paling parah malah mencoba untuk mengalihkan topik pembicaraan. Contohnya, kemarin ketika ayahnya minta zaheer untuk melanjutkan hitungannya dari 3, eh malah zaheer tanya ini apa dan itu apa, tanpa mempedulikan pertanyaan dari para wartawan, hehe..dari ayahnya maksudnya.

Kreatifitas anak memiliki kecenderungan lebih tertarik pada benda-benda 3 dimensi, bukan 2 dimensi seperti poster-poster dan sejenisnya. Tapi hafalannya zaheer soal nama-nama binatang dan buah-buahan juga sudah lumayan banyak kok.

Sekarang ini aku masih nyari-nyari info sekolah PAUD dan TK terdekat yang tidak menitik beratkan pengajarannya pada CaLisTung, tapi yang lebih menekankan pada pengasahan kreativiitas, karena bagi anak usia dini bermain masih merupakan segalanya baginya.

Oya sedikit keluar dari bahasan, beberapa waktu lalu aku mampir di blognya bunda Fisa, bahwa ada tes sidik jari untuk mendeteksi bakat anak. Nah udah beberapa kali aku liat iklannya Frisian Flag yang ngadain tes ini keliling di beberapa kota, terjadwal. Daaan ternyata Cirebon gak tercantum di jadwal. Yaah..kucewa dewh. Kapan yah Cirebon atau bahkan Kuningan kebagian giliran? *ngarep mode : ON*

13 comments:

ga usah dipaksain, Insya Allah nanti bisa. Tapi waktu pascal dia sendiri yang minta belajar Allahmdulillah 3 tahun sudah lancar baca

Ngga suka baca ato ngitung bukan berarti zaher ngga bisa ya mas ... bunda lom tahu aja tuh. Nanti kalo waktunya sudah tiba, bikin tuh bunda dan ayah termangun dan tergagu ... mas Zaher sudah lancar calistungnya :D

anak memang punya keunikan sendiri dalam belajar .. soo biar berjalan apa adanya & sesuai kemampuan anak ...

ya.., anak emang unik , harus sabar, nanti juga zaheer pasti mau....

ga usah dipaksakan bun..ntar juga zaheer mau dg sendirinya...oia ya bun kapan kota cirebon ada acara begituan..hehehheh *ngarepdotcom*

Betul Jeng, ga usah dipaksain. Tar juga ada waktunya dimana anak getol belajar. Zahia pun gw beliin kartu macam2 buat pengenalan warna, bentuk, dll. Eh yang ada kartu2nya menjadi korban keganasan Zahia. Digit lah, disobek lah, dicoret2 spidol lah. Hadoooohhhh

terapkan bermain sambil belajar. angie bisa angka misal 46, 58 .. itu dari lihat water heater di kamar mandi. terus tiap dia lagi cuci2 mau tidur, iseng aja aku kasih tau 42, 43 ..dstnya. lama2 dia tau sendiri (bukan sengaja diajarin). dulu pernah ngajarin warna, dia nutup bukunya, dipaksain, dia meremin matanya, gak mau lihat...wkekekekeekek...

iya sih... anak kecil itu mood2an. Anakku juga begitu... kadang antusias mempraktekkan apa yang udah diajarin. kadang males.

Kyara jg dr sebelum umur 2th udh bisa berhitung 1-10. Tp smp sekrg msh suka tergantung mood. Kl kita suruh berhitung malah disengajain salah hehe.... Biar aja mom ada anak yg sebelum 2th udh bisa baca. Kita ga usah paksa anak kita :)

klo ga suka jangan dipaksain, bun, yg penting kan zaheer enjoy main apalah ntar sambil diselipin

kl dari pengalaman sy sih.. anak akan lebih mudah menangkap pelajaran kl dr anaknya sendiri yg mulai tertarik. Kl dipaksa malah mandek ^^

Vaya jg blom bisa baca. Tapi berhitung sih pelan2 udah bisa, one to ten udah bisa sambil masuk2in koin ke dalam mangkok.
Aku sih gak maksain, ya biar saja dia maunya dulu gimana. Soalnya mau aku ajarin juga dia masih suka main ini itu, ya itu bongkar pasang mainan, grecokin ini itu... Jadi aku sementara menyerahkan urusan belajar berat2nya ke sekolahnya dulu deh.

betul, ga usah dipaksain.
kalau udah waktunya pasti zaheer bisa