CURHAT

Bagi sebagian orang, curhat, dalam kurung curahan hati, itu mungin merupakan salah satu solusi untuk sedikitnya meringankan beban dari permasalahan yang sedang dihadapi. Walopun memang sebenernya yang di curhatin nya gak ngasih solusi sesungguhnya. Hanya sebagai pendengar yang baik pun dirasa sudah 0,01 persen meringankan perasaan si pencurhat. Walopun nich, gak jarang kita jumpai ada orang yang emang dasarnya gak hobi dengerin ocehan curhatan orang lain, garis miring temennya, itu sekalinya dicurhatin, jangan harap anda akan mendapatkan ekspresi yang antusias, malah si yang dicurhatin biasanya sambil dengerin obrolan, sambil melakukan aktifitas lain, misalnya : pencet-pencet hape (main game), atau nonton tivi, atau sambil lari pagi dan jalan-jalan sore. Ini masih mending, masih bisa sambil dengerin obrolannya si pencurhat. Yang udah agak keterlaluan ada yang berlaga dengerin curhatan sambil dengerin musik pake head set. Walah.. mana bisa dengerin curhatannya atuuuh…! Udah gitu ketika si pencurhat selesai ngungkapin perasaannya, eh malah dengan sok empatinya, si pendengar (si pura-pura pendengar) mengatakan “yang sabar yaa..sambil beradegan peluk memeluk..” tanpa faham apa yang dialami si pencurhat.

Ada juga golongan orang-orang yang ketika sudah mencurahkan perasaannya terhadap orang yang dirasa udah deket kayak perangko, walopun gak ngasih pendapat ataupun solusi, itu sudah merasa plooooong, walopun masalah belom kelar. Rasanya seperti bisul muncrat…hehe pecah maksudnya, jadi tinggal penyembuhannya aja.

Ada lagi kelompok orang yang suka memendam masalah nya sendirian aja, dari mulai masalah yang ter-ringan, sampe ke masalah yang terberat, dia simpen sendiri dalam lubuk hati yang terdalam, gak dengan orang terdekat sekalipun. Mungkin hanya dia dan Tuhan yang tau. Ini biasanya terjadi ma orang yang introvert, bisa jadi pendiam juga. Kalo menurutku tipe seperti ini agak berbahaya juga, berbahaya bagi dirinya sendiri. Masalah kalo dipendem sendiri, dan semakin bertumpuk, akumulasi dari sekian banyak masalah, hanya akan menyebabkan suatu penyakit baru. Gak mau dewh..
Menurutku ga da salahnya kok bercerita ke orang yang sudah kita percaya, selain sedikitnya bisa meringankan beban perasaan, syukur-syukur kalo orang yang kita curhatin bisa ngasih solusi. Yang penting kita bisa memilih dan memilah yang mana saja yang boleh dan yang tidak diceritain.

Nah, termasuk yang manakah dirimu?

Sebenernya soal curhat-mencurhat ini ada yang mau diceritain. Tapi berhubung waktu saat ini agak terbatas buat posting rada panjangan dikit, jadi bersambung ajah di lain kesempatan ya. Bye..

7 comments:

hallo des!
aku sering curhat kepada 'teman2' di blog aja, atau2 kirim message/email ke teman2 yg dekat. habis ..di sini paling punya teman kantor. jauh dari keluarga. cuman punya keluarga suami. tapi kan gak semua hal bisa juga diceritain dg bebas ke suami.

akukadang2-kadang di simpen ,kadang juga cerita sama temen tapi harus pilih2 takut bocor kan bahaya. ditunggu atuh curhatannya Desi

heu .. saya termasuk yang mana ya ? kalo mo curhat sih harus pinter 2 pilih temen curhat .. biar gak bocor .. he he h

Kalau saya curhat juga, biasanya ama teman2 yg emang pendengar yg baik. Jd kita bisa sama2 curhat klo lagi bete. Tp tidak semua masalah sih ya. U/ beberapa kasus saya sangat tertutup hehee... jadi kesannya dr luar tuh ga ada masalah apa2... tp sebenarnya bukan krn saya memendam masalah mom. Tp berusaha ikhlas & mencari solusinya dulu... :)

Saya termasuk introvert hehehe. Tapi utk beberapa masalah saya curhat ke temen yg bisa dipercaya. Dan saya termasuk orang yang suka di curhatin...mngkin saya the good listener hahahah *memuji diri sendiri* :D

Wah...kyna sy tipe kedua2nya nih...tergantung situasi dan kondisi.

curhat emang bikin plong asal curhat sama org yang tepat. yang gak enak kalo kita curhat eh malah orang yang dicurhatin ikutan nyalahin atau mernghakimi, jd nyesel curhat deh kalo gitu hehe..