KEMISKINAN AKUT

Hai.. friends.. jumpa lagiii. Beberapa waktu terakhir ini aku lagi benah-benah kerjaan nich, baik kerjaan rumah maupun kerjaan nguli, jadi bener-bener gak bisa mengunjungi temens semuanya., dan baru bisa bersilaturrahmi hari ini. Dan seperti biasa ini juga nyempil-nyempil di jam kerja. hehe.. sssst jangan bilang-bilang yach.

Kali ini aku baru tau kalo ada istilah semacam ini, kemiskinan akut. Sebelumnya yang aku tau bahasa akut itu cuma buat menandakan penyakit yang sudah parah. Tapi rupanya ada juga kemiskinan yang akut. Beberapa waktu lalu ada berita di tv one bertajuk seperti ini. Berita nya ada seorang ibu yang tega mengajak 2 orang anaknya meminum racun tikus demi mengakhiri hidupnya yang jauh dari kategori cukup secara materi, menurut versinya. Mungkin ini adalah salah satu yang terekspos dari sekian banyak kasus bunuh diri karena putus asa akan kemiskinan.

Yang jadi perhatianku di sini adalah si anak tersebut yang gak tau minuman apa yang diberikan ibunya. Mereka (2 anak tersebut) hanya tau bahwa minuman tersebut adalah obat, karena ibunya bilang demikian. Soal rasanya yang gak enak mungkin si anak udah faham kalo obat kan biasanya pahit. Makanya dua anak tersebut mau mau aja ketika disuruh meminum racun itu, dengan kepolosannya. Padahal anak-anak tersebut masih bisa tersenyum di tengah himpitan hidupnya, anak tersebut masih punya harapan dan cita-cita untuk masa depannya.

Sungguh naas yach, ibaaa banget rasanya. Saking gak kuatnya menahan derita hidup yang dialami, si ibu sampe tega berbuat seperti itu. Padahal nich menurutku tiap masing-masing diri kita dan tiap jiwa anak yang terlahir pasti sudah ada rezekinya masing-masing. Kapasitasnya saja yang berbeda sesuai dengan ketentuan dan ridhonya Allah. Tergantung seberapa besar kita berusaha dan bersyukur. Karena sesuai janji-Nya, siapa yang bersyukur, maka akan ditambah rizkinya, dan sebaliknya, siapa yang ingkar, maka adzab-Nya akan sangat pedih.

Yang aku sesalkan, kalo misalnya si ibu udah gak kuat merasakan derita kekurangannya, mbok ya jangan mengajak anak-anak nya yang gak berdosa untuk ikutan mati bersamanya. Silakan ibu minum racunnya sendirian aja, jangan pake bawa anak-anak segala. Mereka gak berdosa..masa depannya masih panjang,. Iya kalo setelah minum racun bisa langsung meninggal, mending! (dosa tapi). Ini kalo ternyata Allah berkehendak panjangnya umur dia, kan malah bisa tambah menderita, malah bisa timbul penyakit baru akibat dari racun itu. Gereget juga aku jadinya!!

Aku bisa bicara begini juga mungkin karena aku gak merasakan apa yang diderita si ibu tersebut. Yah, kita semua tau hidup zaman sekarang segalanya serba mesti dengan uang. Bahkan untuk buang air kecilpun mesti bayar seribu perak, di toilet umum. Bisa aja sich sebenernya yang gratis, di pinggir-pinggir jalan, dengan resiko digebukin petugas kebersihan, hehe.. pertanyaannya, mampukah kita hidup pada posisi seperti mereka?

Lagi-lagi pangkalnya adalah pondasi yang kuat. Kalo keimanan yang kuat, maka ujian dan derita seberat apa pun akan bisa dilalui, dengan mau berjerih payah, dan keyakinan bahwa segala sesuatu pasti ada jalan kemudahannya dari Allah serta yakin bahwa Allah gak akan menelantarkan hamba-Nya yang yakin kepada-Nya.

Berita ini setidaknya menyentil diriku untuk semakin bersyukur pada-Nya bagainmanapun kondisiku karena termasuk yang beruntung dibandingkan dengan mereka, bisa berada di tengah-tengah keluarga yang bahagia walopun dengan materi seadanya. Karena kebahagiaan itu bukan cuma ditunjang dengan materi. Juga mengingatkan ku soal berinfak, kalo ada. Kalo gak ada pun harus tetep bersyukur.

Allahumma innii a’udzubika minal kufri wal fakr

Ya Allah, sesungguhnya aku berindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Amin

10 comments:

Allhamdulillah harus banyak2 bersyukur ya

Memang sekarang lg banyak masa2 sulit.Semoga kita tdk termasuk org yg berputus asa.Tetep sll bersyukur.

salam kenal balik ya dr kunjungan blognya Vica anakq.

alhamdulillah ... smoga kita menjadi orang yang pandai bersyukur atas segala NikmatNya .

turut sedih utk anak2 itu.. kasian yah...mungkin si ibunya dah putus asa akut.. gak tau mesti gimana lagi. dan takut anaknya terlantar. mana yah pengejawantaan pasal 34... fakir miskin dan anak2 terlantar dipelihara oleh negara.

salam kenal bunda, iya sedih melihatnya, kok ibunya tega, tapi ya itu kemiskinan, selalu yg jadi masalah.

miris banget ya liat kejadian kayak gitu, ya gitu lah klo iman ga kuat, terpedaya syetan buat nglakuin hal yg ga masuk akal ky gitu, kasian anak2nya jd korban

saya juga merasa miris waktu lihat beritanya di TV Bunda, anak yang tidak tahu apa-apa kok di ajak bunuh diri (lebih tepatnya mau di bunuh), kesalahan orang tua kok anak di ikut-ikutkan...

untuk berinfak/sedekah saya setuju, berapapun yg kita punya asalkan ikhlas saya pikir itu bagian dari rasa syukur kita, kalaupun belum ada rejeki ya syukuri saja apa yg sudah ada...

terimakasih.. :)

Betul Mba, pondasinya sudah tentu agama. Semoga kita dijauhkan dari pikiran2 dangkal macam itu yah Mba.

Btw selamat menjalankan ibadah puasa buat Mba Dessy & keluarga

Hampir sama dgn kasus ibu di yogyakarta yg membakar diri ngajak2 anaknya gara2 ga bisa byr hutang 20ribu. Miris.. Sebenernya antara kasian dan pengen nyalahin si ibunya jg nih. Kalo memang ingin lari dr masalah gak mau hidup lagi, mbok ya jgn rampas hak hidup si anak.. Ya Allah smoga jgn ada lg kasus2 semacam ini deh..

iya miris banget kalau denger kasus-kasus seperti itu.
Jadi kudu banyak bersyukur sama Allah...