UP-DATE AWAL TAHUN

Menang tanpa piala. Akhir dari AFF kemaren. Its oke lah. Yang penting kita sudah menunjukkan ke-eksis-an tim garuda, dan juga memperlihatkan ke-sportifitas-an rakyat Indonesia.

Sesuai janji di post sebelumnya, kali ini aku mau sedikit berbagi berita bahagia.
Puji syukur aku panjatkan kepada Sang Pemberi Kehidupan. Karena apa? Karena ada sesuatu yang membahagiakan kami sekeluarga. Hehe.. peristiwanya tepat pada tanggal 27 bulan Nopember lalu, aku divonis positif hamil. Alias second pregnancy. Antara seneng campur deg-degan juga. Bagimana menjalani hari-hari kedepan selama masa kehamilan, mudah-mudahan kehamilan kali ini akan lebih baik lagi. Kalo dihitung dari HPHT sih, berarti sekarang sudah 2,5 bulan.

Oya,sedikit flash back cerita soal kehamilan anak pertama. Alhamdulillah, selama masa kehamilan, aku tidak menemukan kesulitan-kesulitan yang berarti. 3 bulan pertama aku lewati dengan mulus-mulus aja. Paling-paling wajarlah kalo ada sedikit mual-mual sich, tapi gak sampe mabok. Juga aku gak mengalami masa apa yang disebut orang-orang ‘ngidam’. Begitupun bulan-bulan selanjutnya, sampe bulan kesembilan.

Periksa ke bidan desa juga rutin, sekali-sekali ke SPOG. Hasil tes dan pemeriksaan juga baik. Nah, pas menginjak HPL berdasarkan perhitunganku dan bidan, hari yang kutunggu-tunggu gak juga tiba. Padahal HPL sudah lewat beberapa hari. Berjam-jam, berhari-hari aku tetap menunggu dengan tidak sabar ingin segera melihat wujud yang ada dalam kandunganku itu, tapi berusaha untuk tetap sabar. Dengan anggapan bahwa mungkin perhitungannya salah atau kurang tepat. Dan tiap periksa di bidan, hasilnya pun baik, detak jantung bayi normal. Saat itu temen-temen yang hamilnya barengan dengan ku udah pada melahirkan semua. Tinggal aku.

Rasa was-was mulai menyerangku saat kehamilan sudah lewat 20 hari dari HPL. Belum ada mules2 ataupun pembukaan sama sekali. Akhirnya dengan niatan iseng-iseng berhadiah aku periksakan diri ke SPOG, dan ternyata hasilmya : AKU HARUS OP CS. Blaaarrrr…! Rasanya seperti disambar petir di siang bolong.
Kenapa mesti OP?
Diagnosa : Air ketuban sudah habis, kalo diibaratkan telor ayam, sudah seperti tinggal keraknya aja. Kerak yang masih muda. Detak jantung bayi juga sudah lemah. Jadi mau gak mau malam itu juga mesti caesar. Karena kalo pun dipaksakan menunggu dateng rasa mules, dan kalopun keukeuh diusahakan pengen lahiran normal, maka dikhawatirkan saat mengejan bayi akan terjepit rahim yang menegang, karena memang sudah gak ada cairan ketubannya. Dan dikhawatirkan juga janin tidak bisa diselamatkan.

Akhirnya, dengan pasrah sepasrah-pasrahnya, aku pun menyerahkan diriku untuk dilakukan operasi yang sama sekali gak pernah terbayangkan olehku sebelumnya. Ternyata oh ternyata, rasanya bener-bener dech.. gak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Mulai dari proses pemretelan pakaian, proses anastesi lewat tulang belakang, pembedahan… Subhanallah.. sulit terlukiskan. Dan yang paling berat adalah saat awal-awal perawatan sang baby sambil menahan rasa sakit pasca operasi. Hal ini bahkan berlangsung tidak cukup hanya sebulan untuk bisa pulih total.

Tapi Alhamdulillah, dengan melihat si baby bisa terlahir ke dunia ini, dengan selamat dan fisik yang sempurna, semua itu bisa terlewatkan karena saking bahagianya dengan kehadiran sang buah hati.

Singkat cerita, kini si baby yang bernama Muhammad Zaheer NurRusydi itu, telah berusia 2 tahun 9 bulan. Dan… aku siap hamil lagi, hehe… Ada beberapa point evaluasi dari kehamilan pertama, diantaranya bahwa aku kurang mengkonsumsi sayuran, lebih sering makan makanan instan. Juga mungkin aku kurang asupan cairan (minum) makanya ketuban juga bisa sampe kekeringan. Juga yang jangan sampe terlupakan adalah mungkin harus lebih sering cek USG, agar lebih terpantau kondisi bayi, gak cukup hanya dengan pemeriksaan detak jantung tiap periksa di bidan.

Hmmm… minta doanya ya temans… supaya kehamilanku kali ini lebih lancar dan bisa melahirkan dengan normal. Yahs! Walopun kemungkinannya sangat kecil dan beresiko, aku akan berusaha sekuat tenaga agar kelak bisa melahirkan lewat persalinan normal. Amin..Insya Allah. Oya, aku udah dapet referensi dari beberapa teman, bahwa ada dokter SPOG yang mau menangani dan mengusahakan kasus persalinan normal, setelah sebelumnya caesar. He is dr.Nursyamsi. Bismilah, mudah-mudahan bisa.

So, bagaimana dengan Zaheer? Alhamdulillah, jagoan kecilku kayak nya udah ada rasa-rasa mau jadi kakak. Begitu mudahnya membiasakan pemanggilan yang awalnya ‘dede’, menjadi ‘aa’ (bahasa Sundanya kakak). Kini udah menempel panggilan itu buatnya. Bahkan bukan hanya di lingkungan keluarga, temen-temen nya yang masih memanggilnya dengan ‘dede’ atau Zaheer pun langsung diralatnya, mesti manggil ‘aa’. Hehe..

Sikapnya ke anak-anak yang lebih kecil darinya pun sudah mulai bisa me-ngemong. Gak ada rebutan lagi, gak ada gebuk-gebukan lagi, lebih bisa mengalah. Mungkin sudah naluriyah kali yah, seorang anak yang sebentar lagi akan punya adik ya bisa berubah seperti itu. Mudah-mudahan kelak zaheer bisa menjadi kakak yang menyayangi adik-adiknya yaa..

Oke ya calon aa, walopun kelak akan hadir seorang anak atau bahkan mungkin beberapa anak lagi di keluarga kita, kasih sayang mama dan ayahmu ini gak akan berkurang sedikit pun selamanya.

NB : WANTED! Kalo ada temans yang mau sharing di sini, atau mau kasih tips trik melahirkan normal setelah caesar, mangga .. silakan..
.

16 comments:

mudah2an lancar ya . aku dua2nya sectio Des. tapi sepupu aku bisa tuh ygpertama sectio yang kedua melahirkan normal.
aku pernah tanya dokter, kalau mau aman untuk melahirkan normal setelah 5thn jaraknya dari sectio yg pertama.

Waww...selamat ya, moga lancar dan sehat kehamilannya. Kayaknya blogger byk yg lg hamil nih jgn2 berikutnya aku hihihi..

Des, temenku ada yg lahiran anak keduanya normal pdhl yg pertama sesar, jaraknya 2th. Alhamdulillah sehat dan lncar. Wuiih lebih dr 20 hr setelah due date klamaan tuh biasanya lebih dr 2 mg aja by hrs dilahirkan, diinduksi

selamat ya .. moga selalu sehat dan lancar ... dan bisa melahirkan normal ...

selamat yaa .. moga lancar car car semuanya .. do'akan aku menyusul yaa ;)

Selamat yach mom atas kehamilan ke-2 ini, smoga keinginan untuk bisa melahirkan normal bisa terwujud. amiin.....

Emang bener mom, kita harus sering2 USG untuk memastikan bahwa bayi yang ada didalam kandungan sehat, BBnya cukup (ngga terlalu kecil, ngga terlalu berat) air ketubannya cukup, dllnya....kalau ada sesuatu kesalahan masih ada waktu untuk memperbaiki. Smoga lancar sampai melahirkan nanti yachh....

selamat yach bu.....buat kehamilan ke2nya moga kehamilan sampe lahirnya adknya Zaheer lancar.. aku gak ngalamain sich, tapi kakaknya temenku bisa kok, pertama caesar, trus keguguran yang ke 2, yang ke 3 lahir lebih kurang setahun dari yang anak pertama vbisa normal lhooo....yakin ajah bisa mam...apalagi jaraknya gak sedeket kakanya temenku itu ..

Waaa..selamat atas kehamilannya ya mam. Semoga mam dan calon adiknya Zaheer selalu sehat. Dan nantinya bisa melahirkan dengan cara normal (Insya Allah, dengan tanganAllah semua serba mungkin). Kiss buat Zaheer dan dedek di perut hehehe

selamat atas kehamilannya. Semoga lancar & sehat selalu sampai waktunya persalinan ya. Moga2 keinginan normal terlaksana.

Kalo sy dua2nya caesar. Tp alhamdulillah sih, kata org2 kan kalo caesar itu selalu sakit udahnya. Sy nyaman2 aja, gak merasa sakit yg gimana gitu deh. Mungkin bs di konsultasikan juga ke dokternya kali bun. Tp ya moga2 bisa normal ya :)

huwaa... abang zaheer mo punya adek ya... barakallah ya mam, semoga kehamilan kali ini lancar smp hari H tiba dan bisa melahirkan secara normal, aminnn... semoga juga bang zaheer bener2 ga akan jelouse nantinya, hehehe

selamat ya bun...semoga lancar n sehat terus

mama zaheer... selamat ya... insya allah kehamilannya sehat dan bisa melahirkan normal. beberapa temen dan sodara ada yang anak pertama cesar tp anak ke 2 bisa normal kok :)
seneng deh banyak blogger yang lagi hamil :) nanti adeknya zaheer dan kyara deketa nih lahirannya hehe

congrat yah bunda....mudah2an semuanya berjalan lancar....

Selamat atas kehamilannya ya Mbak...

Selamat Mbak..semoga selalu diberi kesehatan untuk kehamilannya....

semoga lancar yah mama Zaheer! jangan terlalu terbeban pikiran. kalo dokter bilang OK, yah mudah2an bisa normal. kalo gak bisa, juga c-sectio gapapa. take care yah des!

Waaaahhh ternyata kita sama2 menyandang predikat Bu Bunting yah Jeng. Amien, semoga kehamilannya sehat2 terus sampe tar melahirkan. Doakan gw jug yaaa :-)

Btw maap neh Mba Des baru amen kesini lagi, secara inet di rumah diblokir ampir 3 minggu. baru normal lagi tanggal 14. So, kalo lagi ga dilanda mual2, gw baru dah jalan2 ke rumah tetangga

Oya, ada lomba di blog keluargazulfadhli. Sok monggo kalo mo ikutan. Ditunggu loh partisi-sapinya :-)

Salam metal buat Ka Zaheer dari Zahia. Dah pinter apa tuh jagoan ganteng??