Bumil Oh Duren…

Berangkat dari kesukaan sama yang namanya duren, maka terciptalah tulisan ini. Sebelum menikah aku termasuk gadis penyuka berat duren. Kini setelah menikah dan punya anak pun aku masih termasuk penggemar fanatik duren. Dan sekarang, ketika sedang mengandung pun aku masih tercatat sebagai simpatisan setia duren. Tapi sempet terpikir juga olehku, amankah duren buat ibu hamil?? Nah loh..


Beberapa waktu lalu, ketika bertandang ke rumah nya teh Nia alias mama Ina, aku sempet baca tulisan nya yang menceritakan bahwa ada salah seorang temennya yang berhasil melahirkan secara normal, DENGAN CATATAN :

ari-arinya masih menempel di dinding rahim, dan hanya bisa dikeluarkan lewat operasi. Na’udzubillah. Salah satunya, bisa jadi karena kurang kontrol dalam hal makanan. Makanannya itu salah satunya berupa duren. Ya, masih suka makan duren selama masa kehamilannya. Hiiiy.. ngeri yah..

So, aku langsung cek dan ricek sana sini, kenapa begini, kenapa begitu… dan ternyata, intinya adalah kembali lagi ke 'peraturan universal', bahwa wajib kontrol makanan. Semua jenis makanan, bukan cuma duren ajah, disamping banyak manfaatnya, juga gak ketinggalan bisa jadi ada madhorotnya, terutama kalo dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena apa pun yang berlebihan, hasilnya pastinya kurang baik.


Oya menyoal buah duren ini, kalo dimakan oleh ibu hamil sebenernya aman-aman ajah, awalnya. Tapi karena duren mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan sedikit alkohol, maka stelah mengonsumsi durian, gas dalam perut ibu hamil bisa saja menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya juga si ibu bisa terkena diabetes karena gluksa yang ada dalam durian. Kolesterol dan alkohol dari duren pun bisa menimbulkan efek buruk pada jantung.


Jadi, hmmm pikir punya pikir mending jangan dulu lah. Selama masa hamil ini gak ada salahnya aku menghindarin yang namanya buah duren untuk sementara waktu. Daripada nanti terjadi premature kontraksi atau bahkan hal-hal lainnya yang gak diinginkan. Selain itu, misua juga sampe sekarang gak pernah suka sama buah duren. Bau katanya sich. Memang bener, tapi bagiku teteeeep nikmat. Tapi gak sampe lah mengidamkan…duren..


NB : Keadaan Zaheer saat ini, Alhamdulillah udah baikan. Tinggal masih sedikit manjanya.

Sumber gambar : Googling


18 comments:

duren gpp kok des.. secukupnya.. daripada ngiler, hihi...

dulu aje pas hamil aku sempet kalap bawa 4 biji duren, untung bukan monthong... jd ga keblenger

larangan dari dokter kandungan waktu aku hamil 2 kali cuma durian dan kambing. Yang lain boleh boleh aja

icip-icip aja buuu..hhehe.. *bandel mode:ON**

izin nyimak ah .... barangkali ada hal'' yang bisa di petik buat istri saiya kelak....hehhee

izin nyimak ah .... barangkali ada hal'' yang bisa di petik buat istri saiya kelak....hehhee

@ a'ding: monggo silakan...

dureannya bikin ngileeer....
waktu hamil Salman...aku agak-agak ngidam duren. kebetuln di supermarket ada duren monthong yang muahhhaaal ituh..(HUUUHHH)
cuma inget sama bapak mertuaku yang bisa muntah2 kalau sampai mencium aroma duren, jadi tidak terlaksanalah ngidamku itu..hiks..
baru tau ternyata ada efek sampingnya bumil makan duren
tengkiu ya infonya...
*Alhamdulillah...Zaheer sudah lebih sehat ya...

makan kan yang penting tidak berlebihan kan.. he he he

makan apapun kalau terlalu banyak juga beresiko, lombok misalnya.. he he he

Liat duren, jadi pengen niiih.....

Hahaha saya juga barusan posting soal duren. Kalau saya sih, gak mantang asal porsinya jangan banyak. Sebagai obat pengin aja. Dulu pas hamil Dita saya sempat makan martabak durian, tapi cuma 2 potong sih. Semoga kehamilannya sehat ya mam :-)

duren = duda keren. Hehe...B-)

bafi-bagi durennya heheh

untung diriku ga suka durian hehe...

nyolek dikit ajah gak pa pa bu..daripada ngeces...alhamdulillah, zaheeer dah sehat ya

salam kenal mb desy ^^

huuu kalo dilarang ma dokter, kirim ke surabaya aj atuhhhh...

** aku ga dilarang makan duren soalnya hee **

duren emang paling enaaaaakk. saya sukaaa :D hehhehe
bumil ga usah makan duren dulu, sini buat saya aja yang belum nikah. hahahah :D

Toss ah Jeng sebagai sesama maniak duren. Gw pernah kejadian pas hamdun Zahia dulu dengan brutal makan duren, eh malemnya kaga bisa tidur. Peurt panaaaaasss pisan. Abis itu kapok dah. So, selama bunting gw emang ga mengkonsumsi duren dulu. Cuti dulu deh :-)

Sebenarnya bukan ngga boileh mom, boleh tapi jangan terlalu banyak.....cukup sebiji untuk menghilangkan rasa penasaran aja heheheh........

bener kata mbak lidya, aku juga waktu hamil dilarang makan duren sm kambing karena bikin perut panassss.....

Smoga kehamilannya baik2 aja ya mbak......Alhamdulillah zaheer udah sembuh.....sehat terus yachh