Ectopic - Waspada Itu Mutlak Penting!!

Dalam 3 bulan terakhir ini di tempat kerjaku ada 2 kasus serupa tapi tak sama. Tentang kehamilan di luar kandungan, yang menimpa temen-temen sekerjaan.. Kasus pertama, dia hamil di luar rahim dan ketahuan setelah 1 bulan. Kasus ke 2 hamil di luar dan di dalam rahim, dan ketahuannya setelah kurang lebih 2 bulan. Kok bisa di dalam dan di luar rahim?? Hasil diagnosa dokter, kehamilan pada kasus yang kedua ini adalah hamil janin kembar. Cuma yang satu sukses nyampe di rahim, tapi yang satunya nyangkut di luar rahim. Alhasil, keduanya gak bisa terselamatkan.

Menyoal hamil di luar kandungan ini, kurang lebih seperti ini kejadiannya :


Hasil dari pertemuan antara sel sperma dan sel telur yang terjadi di saluran telur (sel telur yang sudah mengalami pembuahan) itu yang seharusnya langsung menuju tempat berkembangnya yaitu rahim, tapi pada kasus ini, hasil pembuahan tersebut macet, alias mandeg. Penyebabnya kebanyakan karena adanya infeksi atau kerusakan pada daerah sekitar saluran telur yang menuju ke rahim ini. Jadi si embrio tidak bisa sampe ke rahim, melainkan stop di saluran ini dan berkembang menjadi janin.

Tapi nich, karena tempat menempelnya embrio ini bukan pada yang seharusnya, dimana perkembangan janin pasti memerlukan daerah yang luas, maka lama kelamaan perkembangan janin tersebut akan mengakibatkan pecahnya saluran yang dihuni itu. Dannnn.. terjadilah pendarahan. Kebanyakan pada kasus ini si bumil baru menyadarinya, karena ada rasa nyeri yang hebat di perutnya, barulah periksa USG. Yang ternyata tidak terdapat janin di dalam rahim ibu. Karena itu tadi, janinnya nyangkut di saluran telur.

Kenapa juga bisa terjadi demikian dimana si bumil baru sadar? Karena di awal-awal kehamilan, itu gejalanya biasa aja, sama aja dengan kehamilan normal : Hasil positif dengan test pack, adanya morning sick dan sebagainya. Dan kebanyakannya lagi, terutama di desa-desa kayak tempat aku tinggal nich, bumil-bumil rata-rata merasa gak perlu untuk langsung periksa scan / USG di awal kehamilan. Hanya cukup tahu bahwa dirinya sedang hamil lewat test pack yang positif.

Kembali ke kasus temenku tadi, karena keduanya sudah mengalami pecahnya saluran telur akibat membesarnya janin, otomatis, saluran telur yang pecah tersebut harus diangkat sampe bener-bener bersih jaringan yang terkena pendarahan itu. Jadi kedua temenku itu sekarang cuma memiliki satu saluran telur aja. Tapi masih berkesempatan untuk hamil lagi. Hmmm jangan sampe dech mesti diamputasi dua-dua nya.. Lalu gimana dengan kasus kedua, yang hamil kembar itu? Janin yang satu udah memang gak bisa diselamatkan karena tidak di tempatnya. Sedihnya, janin yang tumbuh di rahimnya pun gak bisa terselamatkan karena gak berkembang, mungkin karena nutrisi yang tidak tersampaikan ke janin yang kedua ini atau gimana. Wallahu a’lam.

Wah, ternyata periksa USG di awal masa kehamilan itu hukumnya wajib ya.. Ketika keluar hasil test pack kita positif... Menurut hasil googling, semua perempuan sebenernya beresiko mengalami kehamilan di luar rahim ini. Terutama pada perempuan yang memiliki keluhan infeksi. Salah satunya yang mengalami keputihan yang bersifat patalogis (karena penyakit). Jadi jangan anggap enteng yang namanya keputihan..


Sumber Gambar : Google.co.id

15 comments:

hmmm..., gitu ya jeng.
makasih infonya, nambah pengetahuan sebelum diriku hamil ;)

postingan yang bagus .. meski aku sendiri (kayaknya) gak akan hamil lagi .. :)

Info nya berguna banget Des, buat ibu2 yang lagi hamil atau mau hamil lagi.
Allhamdulillah aku ketauan hamil setiap periksa ke dokter pasti di USG karena sudah include dengan biaya dokternya

thanks for sharing mbak desy .. Alhamdulillah sekarang di daerah ku dokter kandungan mostly dah pake usg jadi pas periksa sudah pasti di usg .. :)

@ dey : kenapa bu??? boleh donk sharing..

TFS, mbak Dessy.
Informasinya menjawab beberapa tanya yang belum sempat kutanyakan ke google.
Trims ya

Thanks infonya mam . Berguna banget :-)

info yg sangat baguuuss!!
oh ternyata sampe segitunya yah? serem juga. makasih yah, mbak. saya yg belum nikah ini jadi tau, jadi kan nanti kalo udah nikah dan ternyata hamil harus periiksa USG :D hehe

Info yang bagus, makasih ya mbak desy... .

Wew. Serem ya.
Memang memeriksakan kehamilan itu harus cepat-cepat....
Mungkin di kampung agak2 malas langsung periksa ya karena dianggap biasa saja, dan karena mikirin biaya juga....

waduh kebanyakan wanita disini hee ikut merapat yah :P

salah satu sahabatku juga mengalami hamil di luar kandungan.
tindakan dokter ya operasi...jadi tinggal satu ovumnya. alhamdulillah, dia masih dipercaya untuk punya anak lagi

sebenernya lebih cepet ketauan lebih baik, kalo udah gede malah kadang membahayakan si ibu. memang sedih ketika tahu calon baby harus diangkat, tapi paling nggak nyawa ibunya harus jadi prioritas..

sering-sering cek up aja biar tahu kondisinya

Itulah pentingnya USg setelah mengetahui ada strip 2 biji di alat test pack. Ih jadi inget kejadian wakyu ekye BO dulu. Ketauannya pas minggu ke-8, karena pas minggu ke-5 di USG belom keliatan apa2 :-(

Thanks sharingnya Jeng

Bener banget,USG itu sangat2 penting...karena dari situlah kita tahu kondisi yang ada di dalam kandungan kita...Smoga teman2nya diberi ketabahan yachh.....sedih kalo denger kabar kehamilan yg seperti ini.......