Dengan Keterbatasan Yang Ada

Terkenang dengan pesan guru ngaji zaman aku masih lagi lucu-lucunya dulu. Diucapkan dengan sangat hati-hati dan dengan kerendahan hati seorang guru besar bagi kami, sehingga pesannya sangat membekas di hati, masih terngiang-ngiang sampe sekarang. Kata-katanya kurang lebih seperti ini :

“Jika kalian tidak bisa ikut golongan yang memperbaiki, maka setidaknya janganlah ikut golongan yang merusak. Jika kalian tidak bisa berdiri di depan – menyerukan kebaikan, maka berdirilah di belakang, dukung orang-orang yang mengajak kepada kebaikan dengan segala keterbatasan yang ada. Itu lebih baik”



Ngomong-ngomong soal mengaji ini, zaman aku masih duduk di bangku smp, walopun desaku bukan “kota santri”, tapi anak-anak dari mulai yang baru belajar baca iqro sampe ke remaja se-usia anak-anak sma rajin dengan semangat 45 belajar mengaji, plus pelajaran fiqih dan temen-temennya. Walopun usia remaja, kala itu gak ada perasaan gengsi dan sebagainya untuk masih melanjutkan belajar mengajinya, layaknya seperti bersekolah. Tentunya ada kelas-kelasnya sesuai dengan usia dan kemampuan masing-masing anak didik. Kami tetep berusaha meluangkan waktu dan memprioritaskan mengaji di tengah-tengah berbagai kegiatan sebagai anak sma, karena memang menganggap penting.

Coba bandingkan dengan masa sekarang. Yang aku saksikan di desa tempat tinggalku, anak-anak yang masih mengaji ke ustad/ustadzah itu keluar SD (kira-kira 12 tahun) rata-rata jadi usia maksimal. Mereka yang telah lulus SD sudah tidak melanjutkan belajar mengajinya, dengan alasan sudah sibuk dengan pelajaran-pelajaran di sekolahnya (atau karena tidak menganggap penting??). Memang sich..di sekolah umum pun sudah ada pelajaran agama. Tapinya lagi, kalo bukan sekolah terpadu, pelajaran agama di sekolah-sekolah umum rata-rata hanya 2 jam pelajaran saja dalam seminggu. Cukupkah?

Bagimana di lingkungan tempat tinggalmu temans??


17 comments:

yang ngaji di mesjid memang anak SD ya, yang lebih gede biasanya guru yang ke rumah

@ monda : dan itu sudah jarang banget mbak..

ada apa dengan blogspot akhir-akhir ini??

iyah bunda,skul SDIT ngajinya sebenarnya dah banyak...tp mas dzaky masih nambah ngaji di Mushola lho..

waaaaaahhh....setuju sama kata2 guru ngajinya...kerennn...pantesan masih terngiang-ngiang...

:)

@ IbuDzakyFai : semangat terus yaa mas dzaky
@ Nufri : iya nich, selalu terkenang

Sebelumnya, fauzan ngajji ke masjid, tapi pernah pulang dari mesjid nangis dan malah mogok sama sekali. Mungkin terjadi 'sesuatu" yg membuat dia trauma. Akhirnya aku panggilin guru ke rumah. Apalagi sekolahnya bukan TKIT, tapi TK umum.
Menurutku sih, kalo pengen anak2nya selalu rajin mengaji, harus ada contoh dari ortunya.

jadi keinget pernah mbolos ngaji, eh pas di jalan ketemu ama guru ngaji saya yang pulang ngajar, wiihihiiiii...

Kayaknya enakan les privat deh hehehe seperti aku kalo jama skul dulu kalo les lebih suka privat jadi gak ada yang ngganguin dan bisa konsen hehehe selama malesnya nggak kumat, kalo kumat ya susah nggak masuk2 ke otak hehehehe

termasuk susah cari guru ngaji di jaman sekarang , yg secara gratis mengajar .. tapi alhamdulillah di komp ada suami istri yg adain TPA tanpa memungut bayaran .. :)

so inspired, dan juga menyentil mbakk..

huuuu, jadi maluuuuu akyuuu

Alhamdulillah masa kecil sosok itu penuh dengan kegiatan yang bermanfaat (tidak hanya mengaji). Namun, kini memang diperlukan perjuangan yang berat agar sosok itu bisa mendidik kedua putrinya. Bismillah ... ^_^

@ bang Aswi : mengaji di sini bukan cuma "membaca alqur'an" bang. lebih luas lagi.

Menurut saya tidak cukup karena ilmu agama itu melekat pada diri kita sampai akhir hayat kita dan berguna sekali dan sangat penting dalam hidup, harus menambah lagi di rumah setelah pulang sekolah biasanya habis magrib gitu ke masjid sambil mengaji :).
Semoga sukses selalu mbk desy?

waktu kecil, saya seneng kalau disuruh ngaji di mesjid. Tapi sekarang, di rumah TPA di mesjid kembang-kempis..
Jadi diingatkan untuk meramaikan TPA di mesjid lagi..

Di Miri mah ga ada TPA, Jeng. JAdi tar rencana kalo Zahia dah 3 taun gw mo cariin ustadzah yang dateng ke rumah buat ngajarin ngaji. Sekarang mah masih perkenalan alif-ba-ta ajah ama emaknya :-)

di sini masih kok mbak, anak2 kecil belajar ngaji, cuman memang beda dengan jaman kita dulu