Akankah Terkorbankan?

Sambil menunggu hasil tes lab keluar, aku duduk termangu sendiri di sebuah lembaga kesehatan. Mau baca, gak ada buku atau majalah nganggur atau tergeletak yang bisa dibaca. Mau ngajak ngobrol orang, dari sekian orang yang sama-sama lagi nunggu gak ada satu pun yang aku kenal. Mau ngajak kenalan salah satu diantaranya, aku juga gak mau dianggap SKSD.

Tiba-tiba seorang ibu dengan taksiran umur 34 tahun, dipanggil namanya. Rupanya dia sedang menunggu hasil tes urin di lab ini. Dia antrian lebih dulu sebelum aku.

Tanpa didampingi seorang suami dan tanpa membawa anak, aku pikir orang tersebut belum menikah. Mungkin karena sibuk di karier sehingga di usianya yang sudah kepala tiga, dia belum sempet memikirkan untuk berkeluarga. Ini perkiraan ku ajah loh, dengan melihat dari penampilan luarnya.

Dengan wajah harap-harap cemas beliau menghampiri si bapak petugas lab. Karena ruangan konsulnya tidak tertutup di sebuah ruangan khusus yang terpisah dengan ruang tunggu, maka dengan jelas agak-agak samar, kami yang di ruang tunggu bisa mendengar kalimat-kalimat yang terucap dari si konsultan dan juga klien??nya. Dan setelah ditanyai ini itu, ternyata perkiraan ku tadi salah. Dia sudah bersuami, yang kebetulan saat ini gak bisa menemaninya karena urusan kerja. Dia juga sudah mempunyai anak.
Daaann.. taraaa … “selamat yah, ibu positif hamil, satu bulan”. Wah..wah.. aku yang dengernya aja ikut seneng. Apalagi suaminya nanti yah kalo sudah di kasi kabar.


Tapi tidak dengan si ibu itu. Dia malah terkejut setengah mateng, dengan muka merah. Yang aku perkirakan lagi, muka merahnya karena gak sanggup nahan perasaan bahagianya yang meletup-letup seperti letupan air yang mendidih di panci, dan pengen segera meraung-raung menangis haru biru. Oh, tapi salah lagi perkiraanku kali ini. Si ibu tersebut dengan tanpa tedeng aling-aling menghiba kepada si konsultan lab. Meminta solusi dengan tanpa merasa salah,

Si ibu : “Pak, hmmmm… gimana ya.. gini loh pak… ngggg… anu… itu loooh… bapak mungkin ngerti…”


Konsultan
: “??????????????”


Si Ibu
: “ %&*^$#@)$&*!$~#$^^??”:<}0> ”


Konsultan
: “Maksud ibu gimana?”


Si Ibu
: “yaaah bapak masa gak ngerti juga, okelah saya jelaskan, saya punya anak yang masih kecil, baru berusia 1,5 tahun. Jadi kalo saya sekarang hamil lagi, gimana yah, kan kasian sama anak saya pak…”


Konsultan : “???? ya, memang apa urusan saya? Maksud ibu, mau minta tanggung jawab ke saya, gitu? Saya kan bukan pelakunya..!”


Si ibu : (hadoh.. gak ngerti juga sich???) bukan gitu pak, maksud saya, gimana supaya kehamilan saya ini gak jadi, apakah ada cara buat membatalkannya?? Begitu..”


Konsultan : “Digugurkan maksud ibu??”


Si ibu : (mengangguk maptafff)


Konsultan : “wah.. kalo itu bukan keahlian saya buu, saya hanya berurusan dengan pemeriksaan. Tak bisa lah untuk ‘itu’. Tapi kalo saya boleh menyarankan, fikirkan lagi baik-baik niat spontan ibu barusan … Janin yang sekarang ada di rahim ibu sudah jadi, sudah Allah takdirkan. Dia tidak berdosa, dan memiliki hak untuk hidup, dan ibu lah yang terpilih untuk menjadi sarana baginya terlahir ke dunia ini. Janin ini sendiri kan juga hasil perbuatan ibu dan seseorang di sana yang entah berantah. Salah ibu sendiri mengapa tidak merencanakan kehamilan dengan diprogram.. Allah sudah takdirkan, bagaimana pun kita mencegahnya, kalo sudah dituliskan jadi, ya jadi. Maka sekarang, baiknya ibu syukuri saja kehamilan ini. Banyak para ibu di luaran sana yang tanpa lelah mendambakan punya anak, sampe berobat sana sini, terapi sana-sini demi mendapatkan harapannya mempunyai anak. Sudah bertahun-tahun menikah belum juga dikaruniai anak. Bahkan tak sedikit perpecahan dalam rumah tangga pun terjadi karena alasan belum punya keturunan. Nah ibu, gak perlu bertahun-tahun menunggu, udah mau 2. Ingat itu juga bu.. sekali lagi pesan saya, jalankan dan rawat baik-baik amanah Allah ini”.


Si ibu : “tapi pak *&^((^&*% was.. wes.. wos.. %^*>”:>?< “

Konsultan : “maaf bu, antrian selanjutnya sudah menunggu. Sekian dan terimakasih”

Ah.. fren, apa yah kira-kira yang akan dilakukan si ibu itu selanjutnya..??



20 comments:

Mudah-mudahan si ibu itu berubah pikiran untuk tidak menggugurkan kandungannya ya

>Lidya : iya teh, mudah-mudahan dia bisa timbul rasa sayang di hatinya...

hiks .. miris bacanya, mudah2an gak digugurkan.

ass.
bakal dilaknat oleh Allah swt itu si ibu,
menggugurkan kandungan itu keji.

> Nura : sangat keji, menghilangkan hak hidup hasil perbuatan sendiri

alasan anak masih kecil sih nggak bisa dipakai ukuran deh,
kan sudah punya suami teruskan sajalah

ngomong kasian sama anak yg pertama.. tapi ga kasian sama yg di kandung..

Tertawa dengan jawaban konsultan. Memang dia yang musti tanggung jawab, ya? Hehe....

Mungkinkah si ibu itu bohong, ya? masa sih ga ada rasa sayang ke anak, bahkan yang masih janin? Ck.. ck..
Semoga dipikirkan masak-masak oleh si ibu itu. banyak kok ibu-ibu yang hamil saat usia anaknya baru 3 bulan. Lah dia sudah 16 bulan kok dipake alasan? Ibu macam apa dia? *sewoooot banget*

ya Tuhan, disaat orang lain banyak yang bingung kenapa nggak segera dikasih-kasih momongan.. ini malah bingung karena hamil.

ckckck..

yah, manusia nggak ada selesainya kalo mengeluh.

apa yang terjadi selanjutnya?.. mungkin hanya ibu itu dan Tuhan yang tau

Smoga aja di lanjut tuk memelihara kandungannya dengan baik.

semoga tuhan senantiasa membimbing sang ibu itu ya :)

semoga Allah membuka hati ibu itu...

teman saya punya anak 2 jaraknya 1,5 tahunan

kalo jadi berarti jaraknya kayak ina sm walu tuch......

kenapa harus di gugurin yachh...padahal itukan rejeki dr Allah....smoga dibukakan pintu hatinya.....amiin

moga ga jadi ya. itu kan anugrah Tuhan

waduuu jadi gimana ya endingnya...
smoga si ibu itu berubah pikiran deh, jangan sampe digugurin... :(

Smoga ibunya sadar, kalau menggugurkan kandungan itu bukanlah keputusan yang tepat.

approach and hope something hits the target. Small businesses [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] one of the most common apparel worn by people of all age groups [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] do not use any type of additional elements to their apparels. [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] shop. And it can get very expensive to call out a professional
Its also wise to examine the different pace adjustments a juicer [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] to their children by having a will, or the state where they live [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] best to perform alongside contrast. Energy The very first feature [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] the board. People retain 55% of what they see. By utilizing video
squared the curve just like wed all like to do. He lived a [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] Hire a computer expert. Dont know how to write good copy? Hire [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] shirts are available in wide range of choices of collars, cuffs, [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]tory burch outle[/url] for his family. Now he is an attorney who is home educating his

recovery-oriented approach. Jack helped build a sturdy, yet [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]シャネル 通販[/url] created the business very productive. The brand will be [url=http://www.abacusnow.com/nfl.html]Discount NFL jerseys[/url] games. In an online casino you can play for as little or as long [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]Hollister Ropa Outlet[/url] inches above the road thus making the sliding and changing
breaking the undead curse. There is a reason he is so popular [url=http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm]モンクレール メンズ[/url] the kings, queens and jacks as worth 10 points each, and the Ace [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanelバッグ[/url] way down the hardier vegetables and fruits. Furthermore the [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]http://www.abacusnow.com/hollister.htm[/url] computer or internet appliance. In this edition of Air
stains, the chances are you acquired an fake item. Jack wills [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]シャネル 通販[/url] wisely you are driving your message home to customers. Once you [url=http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm]モンクレール ベスト[/url] Some dog owners assume smaller dogs get enough exercise by [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanel財布[/url] at-risk and under-served populations assisted by the 340B