Cegukan

Suatu hal yang biasa terjadi pada bayi dan balita adalah cegukan. Atau kalo dalam bahasa Sunda biasanya disebut semidu atau sisidueun. Beberapa penyebabnya antara lain bisa karena penurunan suhu yang menyebabkan si bayi kedinginan. Atau bisa juga terjadi setelah minum susu yang dilakukan dengan kurang tenang.

Cegukan ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Tapi ada beberapa cara yang bisa mengatasinya, salah satunya bisa dengan menepuk-nepuk punggung nya secara perlahan dan membantu bayi agar lebih rileks. Atau dengan menghangatkannya jika kedinginan, bisa juga dengan mengoleskan minyak telon ke tubuhnya.


Apapun penyebabnya, asalkan tidak berkelanjutan atau membuat si bayi jadi rewel, muntah, dan tidak sampe mengganggu aktivitasnya, cegukan tidak membutuhkan pertolongan medis.


Nah, kenapa saya memajang gambar tikar dengan tema cegukan? Apa korelasinya?

Ceritanya gini, beberapa waktu lalu, ketika kami sekeluarga bermalam di rumah neneknya Einar. Dia kebetulan cegukan. Prediksi saya waktu itu, mungkin karena sudah mimi asi dan belum sendawa. Sehingga ada udara yang terjebak dalam saluran pernafasan atau pencernaannya sehingga menyebabkan cegukan.


Saat mengetahui cucu kesayangannya cegukan, si nenek langsung mengambil potongan tikar jaman baheula (biasanya tikar pandan dan berwarna keputih-putihan), sekitar 2 cm dan ditempelkan tepat di jidatnya Einar. Kakaknya, Zaheer gak terima donk melihat adiknya ditempelin benda aneh kayak gitu. Langsung aja dilemparkannya si potongan tikar tersebut. Tapi sang nenek gak menyerah, beliau mengambil lagi potongan tikar lain, dan menempelkannya lagi kayak tadi. Sambil menjelaskan ke si aa (Zaheer) kalo itu (menempelkan potongan tikar di jidat) tuh bisa menghentikan cegukan pada bayi.


Hehe.. entah ini tradisi/kepercayaan orang-orang zaman dulu, entah hanya kebiasaannya orang Sunda. Saya gak tau persis soal ini. Dan saya juga gak bisa melarang atau mencegah yang namanya kepercayaan. Bagi saya selama itu tidak membahayakan, ya biarlah.. daripada harus berdebat _untuk saat ini_.


Kalo secara logika, apa hubungannya coba cegukan sama menempelkan tikar di jidat?? Temans, siapa yang tau??

Dan yang membuat zaheer percaya soal ini, setelah beberapa menit kemudian, cegukannya Einar jadi berhenti. Padahal kan cegukan semacam ini memang biasanya tidak berlangsung lama.


Hmmm.. nak, nanti kalo kamu sudah bisa lebih mengerti, ingatkan mama ya untuk meluruskan pemahaman soal yang satu ini..


Sumber Gambar : Google.com

40 comments:

kalau aku nyebutnya sisidueun :)
katanya dikagetin supaya hilang ya cegukannya,ada yg bilang juga tarik nafas trus tahan

waahh dah lama gak mampir .. ternyata dd einar dah nongol .. sun sun buat einar ajaa deeh :)

kalau dalam bahasa jawa disebut glegeken...

hehehe, cegukan ditempelin tikar? Baru tau ekye Say. Yah namanya orang tua jaman baheula pasti ada ajah cara2 yang menurut kita anak muda (huehehe, anak muda berbuntut 2) keliatannya aneh. So far kalo ga membahayakan seh gpp, tapi kalo udah aneh2 kudu ditolak secara halus yah Jeng

Oya, mo tanya. Einar gimana bobonya? maksud gw apakah termasuk baby yang tidur mulu ato hob begadang?? (coz Zafira kalo malem seh udah ga begadang lagi. Tapiiii pagi ampe sore jarang bobo yang nyenyak paling tidur2 ayam ajah)

gitu ya. baru tahu. di banyak daerah memang punya lokalitas cara berpikir yg unik. semoga anak bunda tetep sehat

kalo ditempat aku biasanya ditempelin potongan kertas bun....tp emang ajaibnya biasanya lgsung berhenti cegukannya heheh....klo anak udah agak gede-an biasanya suka aku kasih minum banyak2 biar cegukannya cpt hilang...

@Lidya : wah, bisa bahaya bun kalo dikagetin
@Bunda Farras : sama bun, saya jg dah lama gak mampir
@Joe : vocab baru nich
@Zulfadhli's : gimana ya?? hobi begadang sich nggak. tidur siang juga yg nyenyak nya cuma 2 kali paling, kurang lebih sama lah, udah tau perbedaan waktu antara siang dan malem
@Rusydi : Amin. salam kenal
@Nia : wah ada lagi nich, dengan kertas

kalo org dewasa cegukan biasanya dikasih minum langsung hilang ya *pengalamanpribadi*

@Ely meyer : kalo orang dewasa kan kebanyakan penyebab cegukan nya karena kedinginan, jadi biasanya tinggal dikasi air minum hangat juga reda sendiri.

Nah, saya gak tahu apa2 soal bayi yang cegukan. Tapi saya kalo cegukan cara mengatasinya gampang. Minum air putih beberapa teguk sambil menutup hidung. :)

@Asop: hati-hati keselek yaa

kalo bahasa acehnya disebut ceumeukok tuh mba.... seperti kata mb LIdya, biasanya ngobatinnya dengan dikagetin, tapi yang paling sering adalah kasih minum air putih dulu sih...
salam kenal ya mba..

@Alaika : wah bisa bahaya jeng kalo dikagetin

tapi ada loh mba,yang orang cekukan sampai lama bahkan bertahun2
soalnya aku pernah liat di tv,jadi kagak semua orang cekukan bisa cepet normal lagi

@Andy : ini kan bercerita soal bayi pada umumnya pak. dan orang yang cegukannya sampe bertahun-tahun sih itu kelainan.
makasih sudah berkunjung

iyah keren abis memang kalo di kampung
selalu saja ada solusi yang entahlah buat anak sekarang...

@Rawins : entah juga apakah itu mitos atau bukan

Ada juga yang bilang ditempeli kertas dikeningnya, Mba. Nggak tau juga bener pa enggak.

Tapi orang dulu ada-ada aja ya.. :D

namanya juga kepercayaan.. yaa kadang saking percayanya itu yang bikin cegukan berhenti.. hahaha..

saya malah baru denger ada yang kayak beginian

@Dewi Fatma : sama kayak mba nia
@Gaphe : mungkin juga karena sugesti nya kuat

Saya juga pernah denger kalau CEGUKAN itu malah menyebabkan anak jadi bertambah tinggi badannya...
Apa bener demikian..?

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu yah..:)

ternyata ada cara baru mengatasi cegukan ...
Baru tahu :)

selamat malam mbak Desy..salam kenal dan makasih atas kunjungannya ya..:)
aku mau follow blogmu tapi bingung dengan template blog ini..:)
bantu aku donk..hehehe

Mbak ... baru tau nih ada mitos spt ini ...
mbak makasih ya telah berkunjung di rumah saya ....

@choirunnangim : saya juga baru tau itu.

boleh juga neh di praktekin...

ohh kalo tradisi org sunda mah ditempelin tikar ya, kl di jakarta (tempat aq tinggal) biasanya ditempelin benang yg lepas dr baju (kadang kan ada benang yg keluar2 gitu dibaju, nah itu ditarik sehelai abis itu dibasahin pake air liur baru ditempelin). Dulu shishil pernah digituin sm budhenya, pas orgnya ga liat aq buang deh benangnya. Kiss kiss utk dede einar dr shishil ya :)

saya baru tahu kalau ada kepercayaan bayi cegukan ditempelin tikar di jidatnya..

nice info sist makasih

nice post, artikelnya sangat bermanfaat, lanjutkan

makasih gan atas infonya

misi gan numpang promo, kami agen resmi herbal sedia berbagai obat herbal yang aman dan sangat ampuh

steady once the information, thank you yes, Greetings and healthy always, I also had an interesting article, please visit:
obat herbal vig power capsule

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

terimakasih gan atas informasinya sangat bagus sekali

thank you for this article is provided, hopefully benefit

Obat Benjolan Di Vagina