Celaan

Zaheer dan temannya, sebut saja W lagi maen bareng di dalam rumah. Terjadi percakapan kurang lebih seperti ini :

Zaheer : (selesai merakit maenan dari kertas, berupa hewan, unta) “asyik.. jadi juga ontanya”

W : “onta jelek!!”


Zaheer : “enggak kok, ontanya bagus”


W : “kambing punyaku lebih bagus. Onta jelek!!”


Zaheer : “bagus.. nich liat..”


Saya dan ibunya W saat itu berada dalam satu ruangan bersama keduanya, mendengar dengan jelas percakapan zaheer dan temannya, dalam hati saya hanya membatin, ni anak kecil kok udah berani mencela sesuatu yang bukan miliknya. Apakah merasa tersaingi? Ataukah sebenernya ingin memiliki mainan lawan mainnya. Entahlah..

Saya juga hanya berfikir, tanpa berkomentar, nih ibunya juga kok hanya diam saja, tidak berusaha meluruskan perkataan anaknya, bukan hanya karena mencegah agar teman anaknya tidak merasa tersinggung, tapi tidak juga meluruskan kesalahan kecil pada anaknya. Bukan kesalahan kecil saya rasa. Terlihat kecil karena dilakukan oleh anak kecil. Bagaimana kalo si W itu dewasa nanti. Yaa.. setidaknya basa-basi atau apa gitu..


Saat itu sengaja saya tidak angkat bicara. Saya rasa selama bukan zaheer yang melakukan kesalahan, ya saya tidak ikut campur. Dan saya lihat juga, zaheer saat itu fine-fine aja, walopun hasil karyanya ada yang mencela. Biarlah lain waktu saya baru akan meluruskan tentang cela-mencela ini, ketika W dan ibunya sudah tidak berada di sini. Dan biarlah si W mendapatkan pemahaman tentang ini dari ibunya sendiri. Saya sebenernya saat itu ada keinginan terpendam untuk sedikitnya memberi tahu anak itu bahwa begini bahwa begitu. Tapi karena saat itu ada ibunya, jadi saya hanya membatin aja. Bukannya gak berani, tapi gak enakan.. hehe..ngeless.. yaaa daripada jadi masalah antara pertemanan dan pertetanggaan kami, ya sudahlah.


Tapi ada satu hal lagi yang bikin saya bangga, tau hasil karyanya dicela, Zaheer tidak membalas. Hanya membela miliknya. Saya yakin itu bukannya karena zaheer gak berani, bisa saja saat itu zaheer pun membalas mencela, meliat maenan yang dibuat temannya itu tidak lebih baik, tapi karena zaheer faham bahwa mencela bukanlah perbuatan yang baik, itu tidak dilakukannya. Hmmm good boy.. Thanks nak..


42 comments:

kalau anak2 biasanya meniru orang yg terdekat ya . yang bingung tuh kalau ada orang yg dibilang sudah dewasa tapi suka mencela anak kecil, misalnya tetangga cara kasih taunya gimana ya. kalau jujur pasti dia tersinggung

hebat Zaheer bisa mbedain mana yang boleh mana yang nggak... kalo balesin jahat emang nggak boleh. tentu aja ini karena didikan orang tuanyaa kan ya :)

salam buat zaheer ya

Dear.

semua yang terjadi pada anak adala cerminan dari pola asuh dan didik ortunya.... ini gambaran real perilaku orag yang mewarnai hidup mereka....


regards.
... Ayah Double Zee ...

zaheer pinter ya... good boy :)

mungkin secara langsung & tidak langsung orang tua zahher memeberikan contoh kepada anaknya,tentang itu semua
jadi zahher,bukan menjadi orang yang pendendam kepada orang tidak suka terhadap karya dia

anak mencontoh orang-2 terdekatnya, terutama ayah bundanya, Tentu Zaheer mencontoh prilaku ayah dan ibunya. Mungkin si W tadi terlalu sering melihat prilaku jelek yang ditampilkan tanpa sadar oleh orang2 terdekat, sehingga begitulah jadinya ya mba....
Hebat Zaheer euy, hug and kiss dari tante yaaa......keep being good boy dear!

senengnya ya punya anak2 yg apapun itu tingkahnya bisa di ceritakan di blog ini,,

Turut silaturahmi ya :-D
Seneng bgt rasanya punya si kecil yg pinter, sudah bisa merealisasikan pola didik yang telah diberikan orang-tuanya. Insya Allah kelak menjadi orang yg hebat, amin!

susah juga ya melihat ibu yg cuek bebek melihat anaknya mencela bgt, kali krn sdh terbiasa ya, sama spt anaknya yg terbiasa mencela terus krn nggak pernah dikoreksi sama ortunya

salut deh sama Zaheer :)

Kebiasaan mencela memang harus dihilangkan sejak dini, agar dewasa tak terbawa-bawa. Kadang-kadang anak kecil terlihat lebih jujur daripada kita sendiri, para org dewasa! Hum.... Perlu mencotohi Zaheer!

Follow my twitter: @elloaris

aku nggak terlalu paham masalah psikologi anak, & wajar saja seorang ibu ingin membella anaknya, apalagi di cela, ibu mana sih yang gak support. :) good boy zaheer smoga bisa terus berkarya ;)

Anak-anak memang punya ego tinggi. Rebutan maenan lah, cela-celaan lah... Tapi setidaknya Zaheer latihan menghadapi kritikan lah.. :)

two thumbs up deh buat Zaheer..sun sayang yah dari kami

Good boy Zaheer. Walau hasil karya dicela belum tentu jelek ya nak, bangga aja ya. Jempol buat Zaheer :-)

anak-anak lebih cepat meniru kebiasaan orang-orang terdekatnya maka dari itu kita harus memberikan pengarahan yang baik untuk anak- anak kita

zaheer hebat, bundanya juga hebat :)

saya pikir bukan mengikuti orang tua, tapi orang terdekat itu bisa jadi teman, dan anak2 biasanya gitu. ngikut teman2. semoga menjadi anak yang sholeh

Jeng, apa kabar? Lama ga apdet. Sibyuk yah? met taun baru yah Say :-)

Btw Mak Cebong bikin kontes. Kalo dikau sempet ikutan yah Jeng. ditunggu loh partisisapinya

Kiss untuk 2 jagoan

Many parents gaze at their newborn and wonder if their child will be tall and strong. But no matter what Mom and Dad bring to the genetic equation, there are likely other factors that influence adult size like the time of year and whether he or she falls into the summer babies group.

Zaheer baik ya?
siapa dulu dong mama nya? hehe..
salam.

salam kenal gan dari saya untuk pak admin, saya tunggu artikel artikel bagusnya gan..:)

artikelnya terlihat bagus dan menarik senang berkunjung ke sini

artikelnya bagus dan asik dibaca,,, sukses selalu sob

artikel yang anda buat sangat bagus,, disini kami punya solusi untuk menyembuhkan panas dalam, gusi bengkak, radang gusi, dan berbagai peradangan lainnya

nice post, artikelnya bermanfaat

salam sejahtera saya sampaikan kepada semua hadirin sekalian semoga bahagia selalu, artikel yanga agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang dapat berkunjung kemari

salam sejahtera saya sampaikan kepada agan agan semua sekalian semoga bahagia

selalu, artikel yang agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang dapat

berkunjung kemari

nice post gan artikelnya sangat bermanfaat, lanjutkan gan

terimakasih atas infonya, info ini sangat menarik

poin indah sama sekali, Anda hanya menerima merek baru reader. Apa yang akan Anda sarankan dalam hal posting Anda bahwa Anda membuat beberapa hari lalu? Apa tertentu?

Posting yang baik. Saya belajar satu hal yang lebih menantang pada blog yang sama sekali berbeda setiap hari.  Saya  ingin menggunakan beberapa konten di weblog saya apakah Ada saran ? pikiran. Natually Saya ? saya memberikan Anda hyperlink di blog bersih Anda. Terima kasih telah berbagi. obat alternatif darah kental

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

Terimakasih, Semoga Bermanfaat

terimakasih gan atas informasinya sangat bagus sekali